Harga Bondek dan Wiremesh Per Meter | Toko Besi Terdekat

Daftar Isi [Tampilkan]


Harga Bondek dan Wiremesh Per Meter
 — Jika ingin membangun suatu bangunan yang terjamin kekokohannya, jangan sampai anda melewatkan bondek Floor Deck. Sebab untuk membangun konstruksi bangunan yang lebih kuat dan lebih efisien selalu membutuhkan bondek floor deck ini  untuk selalu menjadi pilihan. Anda bisa menemukan harga bondek floor deck murah melalui laman kami.

Lalu apa sih kegunaan bondek? Bondek sendiri digunakan sebagai pengganti triplek pada pengecoran dag beton. Ada banyak keunggulan ketika seseorang menggunakan bondek dibandingkan dengan triplek. Salah satunya adalah lebih efisiean karena tidak ada matreal yang terbuang.

Baca juga : Mengenal Beton Ready Mix Dan Jenis Beton Lainnya

Untuk lebih jelasnya, simak tentang pengertian, keunggulan bondek dan wirmesh beserta daftar harganya di bawah ini:

Pengertian Bondek

Bondek dalam istilah lain disebut dengan adalah steel deck ataupun floor deck. Bondek merupakan plat dengan lapisan baja dan lapisan galvanis. Di mana plat ini memiliki struktur yang sangat kokoh apalagi jika  diaplikasikan untuk plat lantai. Bondek sendiri juga bisa diaplikasikan untuk dak beton.

Bondek selalu menjadi suatu pilihan tepat untuk membangun suatu bangunan dengan konstruk yang bertingkat. Banyak para konstruktor bangunan yang memilih bondek dak beton sebab fungsinya yang bisa membuat konstruksi bangunan menjadi lebih kokoh.

Jadi secara singkatnya adalah, bondek adalah sejenis plat lantai berlapis yang berfungsi sebagai alternatif pengganti sistem konvensional. Di mana selama ini biasanya menggunakan triplex sebagai cetakan cor plat lantainya.

Pengertian Wiremesh

Sementara pengertian wiremesh adalah sebuah besi beton yang didesain membentuk sebuah jaring baja, Wiremesh ini sering digunakan sebagai tulangnya sebuah konstruksi bangunan. Di Indonesia sendiri istilah wiremesh juga dikenal dengan besi anyam atau kawat yang dianyam.

Tujuan dari adanya wiremesh adalah untuk membantu proses pengerjaan dak beton yang posisinya ada di lantai ataupun ketika pengerjaan dak beton berada di bagian atas. Sehingga kegiatan membangun bangunan dibantu dengan beralaskan bondek.

Bahan wiremesh umumnya terbuat dari baja, dengan tinggi kurang lebih 5cm dan biasanya berbentuk gelombang. Panjang wiremesh memiliki variasi karena bisa disesuaikan dengan ukuran area yang akan di dak. Cara pembuatan wiremesh juga simple, di mana besi disatukan pada setiap titik masing-masing kawat. Kemudian dilas listrik dan dibentuk menjadi sebuah anyaman dengan bentuk kotak ataupun jajar genjang. 

Jika tidak ingin membuat sendiri, maka anda bisa membeli wiremesh di laman kami ini. Sebab dengan membeli secaraonline, masalah ukuran bisa ditentukan sesuai keinginan. Sebab jika membeli di pabrik, ukurannya biasanya sudah ditentukan, pada umumnya ukurannya adalah (2.1m x 5.4m).

Ukuran itu adalah hitungan dalam satu lembaran, maka semakin besar diameternya, semakin kuat pula pondasi yang nanti akan dibuat. Pada umumnya untuk 1 lantai bentangannya sepanjang 3 meter digunakan wiremesh m8.

Atau jika Anda ingin lebih berhemat, anda bisa menggunakan wiremesh m7. Tapi jika Anda memiliki budget lebih, Anda bisa menggunakan wiremesh m10. Sebab wiremesh m10 sangat bangus sekali dalam hitungan struktur bangunan.

Jadi, seperti itulah pengertian dari bondek dan wiremesh. Di mana pada akhirnya bondek dan wiremesh sengaja didesain dengan penggabungan dari bahan. Fungsi  bondek bisa Anda gunakan untuk keperluan lantai ataupun atap yang bisa dikombinasikan oleh wiremesh bangunannya semakin kuat.

Tujuan dari bondek dan wiremesh adalah supaya bisa  mengurangi getaran pada bangunan. Sebab wiremesh memang sengaja didesain sebagai shear resistance. Sehingga ketika diuji ketahanannya, wiremesh dijamin lebih kuat sebab sudah teruji hasilnya.

Cara Menghitung Wiremesh Untuk Bondek Dak Beton

Nah, agar Anda bisa menghitung berapa ukuran standar wiremesh untuk bondek dak beton pada konstruksi bangunan Anda, maka berikut ini adalah cara menghitung wiremesh ideal yang dikutip dari Jogja Post.

Untuk ukuran standar bondek spesifikasinya adalah maksimal panjang  adalah 8m. Sementara lebarnya  adalah 1 m dan tebalnya adalah 0.75mm, 0.70mm, dan 0.65mm. Adapun ukuran standar wiremesh yang akan digunakan untuk bondek dak beton spesifikasinya adalah panjangnya 5m. Lebarnya  adalah 2m, diameternya 6.00mm, 8.00mm, 10mm.

Baca juga : Pengertian Beton Ready Mix Lengkap dengan Informasi Lainnya

Rumus untuk menghitung kebutuhan bondek:

  • Kebutuhan bondek = panjang area x lebar area; 8
  • Kebutuhan wiremesh = panjang area x lebar area; 10

Nah, dengan panduan cara perhitungan ini, Anda akan bisa lebih mudah dalam menentukan kebutuhan bondek dan wiremesh. Meskipun Anda juga bisa memilih ukuran standar wiremesh untuk bondek dak beton.

Nama Produk Spek Harga

Nama ProdukSpekHarga
Bondek cor / Floor deck (L : 1M)0,65 mmIDR. 850.000/Lmbr
 0,70 mmIDR. 860.000/Lmbr
 0,75 mmIDR. 865.000/Lmbr
Bondek cor / Floor deck (6M)1.00 mmIDR. 949.000/Lmbr
Wiremesh Ulir (2.1x5.4)M 4IDR. 575.000/Lmbr
 M 6IDR. 840.000/Lmbr
 M 8IDR. 855.000/Lmbr
 M 10IDR. 1.350.000/Lmbr

Pilihlah Bondek dan Wiremesh untuk Konstruksi Terbaik Bangunan Anda. 

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi bondek dan wiremesh yang sangat bagus sekali jika digunakan dalam konstruksi bangunan Anda. Apakah Anda masih berpikiran bahwa dak menggunakan bondek lebih ribet?

Padahal jika mau mencari tahu lebih dalam, bondek tidaklah ribet dan susah untuk digunakan. Bahkan Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia sendiri sangat merekomendasikan metode bondek dak beton ini. Jadi Anda tidak perlu meragukan lagi bahwa metode menggunakan bondek dan wiremesh ini sangat ribet dan sulit.

Adanya bondek dan wiremesh sangatlah bagus untuk diaplikasikan dalam pembangunan. Pemilihan wiremesh dan dak beton ini dimaksudkan supaya proses pembangunan Anda jauh lebih praktis.

Bukan hanya praktis, tapi pembangunan konstruksi Anda juga jadi lebih cepat, lebih kuat, dan bentuknya lebih rapi. Jadi jika Anda bingung mencari bondek di mana, Anda bisa membelinya melalui kami. Kami menawarkan harga bondek dan harga wirmesh murahUntuk lebih meyakinkan, coba Anda simak keunggulan bondek dan wiremesh di bawah ini:

Keunggulan Bondek dan Wiremesh

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki menggunakan bondek dan wiremesh. Keunggulan menggunakan bondek dan wiremesh  diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jika Anda menggunakan bondek dan wiremesh, tidak akan ada banyak meterial yang terbuang sia-sia. Sehingga penggunaan material bisa jauh jadi lebih efisien dan diminilasisir. Tentu saja hal ini akan lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan cara konvensional yang membutuhkan papan kayu dan bambu.
  2. Anda bisa meminimalisir tenaga buruh bangunan atau SDM. Ya, Anda tidak membutuhkan banyak kuli dalam membangun konstruksi jika menggunakan bondek dan wiremesh. Maka jika bisa meminimalisir SDM, Anda juga bisa jauh lebih hemat bukan?
  3. Menggunakan bondek dan wiremesh  juga bisa untuk lebih menghemat kebutuhan mengecor. Berdasarkan perhitungan, jika Anda menggunakan bondek dan wiremesh, maka Anda bisa lebih efisien 20% - 30% dalam hal biaya. 
  4. Anda juga bisa mengehamt penyangga bangunan. Sebab jarak penyangganya maksimal 1.5m – 1.8m. Berbeda jika Anda menggunakan dak konvensional, maka jarak penyangganya bisa mencapai 50 cm – 80cm sehingga jadi lebih boros kayu penyangga.
  5. Material bondek jauh terasa lebih ringan, meskipun ringan tapi konstruksinya dijamin sangat kuat bahkan cukup kuat untuk menahan gempa.
  6. Konstruksi bangunan lebih cepat jadi karena bondek tidak perlu menunggu kering saat akan dicor. Bahkan untuk melepas penyangga cor juga tidak akan membutuhkan waktu yang lama. 

Jadi bagaimana? Tertarikkah Anda untuk membangun konstruksi bangunan dengan menggunakan bondek dan wiremesh? Kami menawarkan harga bondek dan Harga wirmesh. Untuk masalah segi ukuran pun bisa dikomunikasikan sesuai keinginan yang Anda perlukan.