Apa itu U Ditch? Pengertian & Spesifikasi Lengkap

Daftar Isi [Tampilkan]

U Ditch adalah produk saluran air yang terbuat dari beton bertulang yang berbentuk seperti huruf U. Proses produksi material ini dirancang melalui proses besi khusus untuk kebutuhan konstruksi prategang. Aplikasi produk u ditch banyak digunakan sebagai saluran irigasi dan drainase.

U-ditch beton precast dibuat dengan berbagai ukuran tergantung kebutuhan lapangan dan elevasi saluran yang diinginkan. Karena bentuknya yang berbentuk U, saluran air u ditch dapat ditutup di bagian atas. Seperti yang kita ketahui perbedaan mendasar u ditch dibandingkan dengan produk buis beton lainnya adalah karena bentuknya. Buis beton berbentuk lingkaran tertutup sempurna, sedangkan u ditch 1/2 persegi u berupa lubang.

U Ditch cover sering disebut juga dengan u ditch cover yang tersedia dalam dua jenis yaitu heavy duty dan light duty. Anda bisa memilih cover ini sesuai dengan kebutuhan karena dibedakan dari ketebalannya.

Sambungan yang digunakan untuk merekatkan satu penampang u-ditch menggunakan mortar. Jenis sambungannya adalah sambungan pelat dan sambungan pelat. Memanfaatkan bahan ini untuk mencegah kebocoran ketika saluran untuk u ditch telah terkuras air.

Spesifikasi & Ukuran U Ditch

Jika saat ini Anda sedang membutuhkan u ditch, kami menawarkan produk ini dengan beton mutu K-350, yang bisa Anda pesan langsung sesuai keinginan.

Untuk mengetahui kebutuhan u-ditch pada saluran yang di butuhkan, Kita dapat mengukur diameter u-ditch bagian dalam dengan rumus: “D x t x p” / “Lebar bagian dalam x tinggi x panjang )

Misalnya, saya menentukan ukuran u-ditch dengan dimensi 50 x 50 x 150 cm. Maka rincian lebar saluran-u adalah 50 cm, tinggi saluran-u bagian dalam adalah 50 cm, dan panjang saluran-u adalah 50 cm.

Ukuran dan spesifikasi u ditch yang kami sediakan adalah sebagai berikut:

Tipe U ditch & Tutup / Cover U ditch

Dilihat dari aplikasinya, u ditch diproduksi dengan beberapa jenis beton pracetak yang meliputi:

Light Duty

Jenis saluran ini biasanya diterapkan pada area yang digunakan sebagai jalan atau pijakan bagi pejalan kaki.

Heavy duty

Saluran pembuangan beton tugas berat biasanya diterapkan pada area di mana kendaraan atau beban berat lainnya lewat.

Anda dapat memilih produk u ditch sesuai dengan spesifikasi kebutuhan anda.

Fungsi U Ditch

Badan Standardisasi Nasional Indonesia telah menetapkan manfaat saluran u-ditch sebagai media penyaluran air drainase. Dengan bentuknya, u ditch merupakan saluran air terbuka yang dapat diaplikasikan pada berbagai elevasi saluran sesuai kebutuhan.

  • Kualifikasi yang harus dipenuhi oleh u ditch berdasarkan standar nasional Indonesia adalah sebagai berikut:
  • Saluran U-ditch harus mampu mengalirkan dan menyerap air hujan ke dalam tanah dengan volume yang cukup besar, agar tidak menimbulkan genangan di permukaan.
  • Proses produksi u-ditch harus memenuhi standar SNI dan tidak memiliki cacat permukaan sehingga dapat bekerja secara maksimal.
  • Proses pemasangan U Ditch harus dilakukan di permukaan tanah yang stabil.

Analisis Harga Satuan Kerja U Ditch

Mengapa begitu banyak orang menggunakan saluran u ditch di atas bus beton lainnya? Berikut kelebihan yang dimilikinya dibandingkan dengan buis beton lainnya.

  • Proses instalasi mudah dan cepat.
  • Bahan saluran U-ditch lebih kuat dan tidak mudah putus.
  • Kualitas dan mutu yang dimilikinya lebih baik dibandingkan dengan saluran beton yang dicor di lapangan.

Bagaimana cara mengetahui analisa harga satuan pekerjaan dari u trench? Jika ingin menghitungnya, hal utama yang harus diperhatikan adalah item untuk setiap job channel u trench, antara lain:

  • Proses pengerjaan galian tanah, penimbunan kembali, pemadatan galian, dan pembuangan tanah galian
  • Pasir timbunan dan lantai kerja t = 5 cm
  • Proses pemasangan beton pracetak untuk u ditch.
  • Biasanya produk u-ditch dibuat dengan panjang 120 cm untuk setiap unitnya, jadi jika ingin membuat saluran sepanjang 1 m, diperlukan saluran u-ditch: 1 / 1.2 = 0.83 unit.

Baca juga : Harga U Ditch Murah, Beton Saluran Drainase Berstandar SNI 

Misalnya kita ingin memasang u-ditch dengan ukuran 60 x 60 cm, maka analisa harga satuan untuk setiap pekerjaan dapat digambarkan sebagai berikut:

ITEMVOLUMESATUANPERHITUNGAVOLUMEN
Pekerjaan gali tanah1,139m3=1,34*0,85
Pekerjaan urug pasir t=10 cm0,074m3=0,74*0,1
Pekerjaan lantai kerja t=5 cm0,037m3=0,74*0,05
Pekerjaan urugan tanah kembali0,510m3=0,3*0,85*2
Pekerjaan buang tanah sisa galian0,518m3=1,139-0,074-0,037-0,51
Pekerjaan U Ditch 60x60x120 cm0,833Unit=1/1,2
Pekerjaan Tutup U Ditch l=60 cm1,667Unit=1/0,6
Pekerjaan upah pemasangan U Ditch1,000m'=1

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang apa itu saluran beton u ditch. Jika Anda membutuhkan produk ini, silahkan hubungi kami segera.