Manfaat Menggunakan Paving Block dan Kelebihannya

Daftar Isi [Tampilkan]

Manfaat Paving Block 

Manfaat paving block yang pertama adalah penyerapan air yang baik, sehingga dapat menghindari genangan air di permukaan tanah. Hal ini sangat berguna untuk berguna di daerah perkotaan yang sering kebanjiran dan kepadatan penduduk. Dengan menggunakan paving block sebagai penutup permukaan, tentunya membantu menjaga ketersediaan air di dalam tanah. Sehingga pondasi dan suprastruktur lebih stabil dan kuat.

Paving block adalah suatu komposisi bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolik lainnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lain yang tidak menurunkan mutu beton (SNI 03-0691-1996).

Paving block merupakan bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen, pasir dan air, sehingga karakteristiknya hampir mendekati karakteristik mortar. Mortar adalah bahan bangunan yang terbuat dari pencampuran pasir dan agregat halus lainnya dengan bahan pengikat dan air yang dalam keadaan keras memiliki sifat seperti batuan (Smith, 1979 dalam Malawi, 1996 dalam Artiyani 2010).

Paving block memiliki nilai estetika yang baik, karena selain berbentuk segi empat atau poligonal, juga dapat diwarnai seperti aslinya atau diberi zat pewarna dalam komposisi pembuatannya. Paving block ini sendiri berfungsi untuk lantai yang banyak digunakan di luar gedung dan tidak boleh retak dan berubah bentuk.

Paving Block merupakan solusi terbaik untuk lahan resapan saat hujan dan banjir. Pemasangannya tidak sulit dan perawatannya mudah. Pemasangan dengan motif yang baik akan menambah keindahan bangunan di sekitarnya. Paving block diproduksi dengan warna natural, regular (merah, hitam) dan special (hijau, kuning, biru). Tersedia berbagai model, warna dan ukuran Paving Block. Dengan pola dan pemasangan yang baik, Paving Block yang berkualitas akan lebih menarik dan rapi. Tersedia banyak desain pemasangan paving block yang menarik.

Manfaat Menggunakan Paving Block Dan Kelebihannya

Meski berbagai istilah dalam dunia konstruksi masih asing, namun paving block adalah pengecualian. Khasiatnya banyak, tepatnya di berbagai tempat di sekitar kita, sehingga produk bahan yang satu ini sepertinya semakin familiar. Kualitas dan model yang beragam membuat paving block sering diminati untuk digunakan yang tujuannya untuk menutupi permukaan tanah selain beton atau aspal.

Paving block memiliki berbagai manfaat yang menambah nilai di berbagai aspek. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat paving block dalam aplikasi konstruksi:

Manfaat Menggunakan Paving Block

Penyerapan Air Lebih Baik

Manfaat paving block yang pertama adalah penyerapan air yang baik, sehingga dapat menghindari genangan air di permukaan tanah. Hal ini sangat berguna untuk berguna di daerah perkotaan yang sering terjadi banjir dan padat penduduk. Dengan menggunakan paving block sebagai penutup permukaan, tentunya membantu menjaga ketersediaan air di dalam tanah. Sehingga pondasi dan suprastruktur dapat lebih stabil dan kokoh.

Pemasangan Dan Perawatannya Tidak Sulit

Jika dibandingkan dengan aspal dan beton, proses pemasangan paving block lebih sederhana dan mudah. Karena aspal atau beton membutuhkan keahlian serta peralatan tertentu, seperti alat berat untuk pengecoran. Sedangkan pemasangan paving block, prosesnya bisa cepat dan tidak membutuhkan banyak peralatan. Proses perawatannya juga tidak sulit, karena produk ini lebih tahan terhadap berbagai gangguan perubahan cuaca. Bahkan jika ada kerusakan pada beberapa bagian, paving block dapat diperbaiki tanpa harus membongkar bagian lainnya. Hal ini tentunya akan menghemat waktu, tenaga dan biaya.

Aplikasi Serbaguna

Manfaat paving block selanjutnya adalah aplikasinya yang multifungsi, tidak hanya berfungsi untuk menutupi permukaan tanah. Paving block dapat berguna sebagai pekarangan rumah dan sekolah, jalan raya, tempat parkir, dan lain-lain.

Memiliki Nilai Kecantikan

Adanya nilai seni dan estetika menjadi keunggulan paving block yang semakin unggul, jika dibandingkan dengan produk material lainnya. Selain itu, paving block memiliki beragam pilihan warna, bentuk, hingga desain yang dapat mempercantik tampilan struktural.

Ramah Lingkungan

Kita tentu tahu bahwa pencemaran lingkungan merupakan masalah yang ada di kota-kota besar. Dengan penggunaan paving block akan dapat membantu mengatasi hal tersebut. Dalam proses pemasangan paving block yang sederhana dan tidak membutuhkan banyak alat, lebih ramah lingkungan. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah yang menunjukkan betapa bermanfaatnya paving block. Tidak hanya pada aspek konstruksi, tetapi pada lingkungan serta masyarakat luas.

Manfaat Menggunakan Paving Block Terjangkau

Manfaat paving block yang terakhir namun seringkali menjadi alasan penting adalah harga paving block yang lebih ekonomis. Dari sisi ekonomis, hal ini tidak hanya tampak dari harga material, tetapi juga dari proses pemasangan hingga perawatannya. Karena produksi massal paving block menggunakan mesin cetak, sehingga mampu menghasilkan produk dalam jumlah banyak. Hal ini juga membuat biaya pemasangan menjadi terjangkau, karena pasokan material akan selalu terjaga.

Itulah berbagai manfaat paving block dalam penerapannya di bidang konstruksi dan lingkungan. Dengan hadirnya berbagai manfaat paving block tentunya akan menawarkan banyak keuntungan dalam proses pembangunannya. Namun, kita masih perlu tahu, untuk menyesuaikan konstruksi dengan berbagai kebutuhan dan perspektif. Semoga informasi tentang manfaat menggunakan paving block yang telah kami ulas dapat bermanfaat bagi kita semua!