Definisi Beton Ready Mix | Keuntungan Menggunakan

Daftar Isi [Tampilkan]

Beton merupakan bahan bangunan yang terdiri dari campuran agregat dan semen sebagai bahan pengikat. Bentuk beton yang paling umum digunakan adalah beton semen portland yang terdiri dari kerikil dan pasir (agregat mineral), semen dan air.

Untuk beton yang lebih modern, terdapat jenis beton ready mix yaitu campuran pasir dengan formulasi khusus dan tergolong beton siap pakai.

Definisi Beton Ready Mix

Beton Ready Mix adalah istilah untuk beton yang sudah siap pakai tanpa perlu pengolahan lebih lanjut di lapangan. Kemudian metode konvensional yang kita sebut site mix, proses pencampurannya dilakukan di lapangan. Penggunaan ready mix, dapat membantu pekerjaan pengingat waktu dengan kualitas beton yang terjaga.

Kualitas ready mix yang sering digunakan untuk rumah tinggal pada umumnya adalah kualitas K-225, K-250, K-300. Proses persiapan untuk campuran siap pakai harus diselesaikan sebelum waktunya selesai. Bekisting yang digunakan harus kuat agar selama proses pengeringan tidak terjadi perubahan struktur (penyelesaian) yang menyebabkan beton retak di dalamnya.

Umumnya ready mix / beton ready mix dibuat di baching plang pabrikan. Kemudian dipindahkan ke mobil molen yang sudah diatur waktu dan rute pengirimannya. Jarak antara batching plant dengan lokasi proyek tidak boleh terlalu jauh karena akan mengurangi tingkat slump yang telah ditentukan.

Baca juga : Harga Sewa Batching Plong Lampung | Pengolah Beton Cor Untuk Daerah Terpencil

Di lokasi proyek, mobil pompa beton harus siap untuk memindahkan ready mix dari mixer ke area pengecoran. Apa peran mobil pompa disini..? Tentunya untuk cast area yang luas dan jauh akan sangat efektif dari segi waktu. Waktu casting dapat 1/10 dari waktu casting manual (perkiraan), dan kualitas gips dapat merata di seluruh area cor.

Keuntungan Menggunakan Beton Ready Mix

Sebagai bahan alternatif, beton ready mix merupakan jenis beton yang memiliki banyak keunggulan dalam penggunaannya di beberapa proyek konstruksi.

Keuntungan ini meliputi:

  • Memiliki kualitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beton konvensional
  • Dapat menghemat waktu pada suatu proyek sehingga jadwal dapat dipadatkan untuk kebutuhan pekerjaan lapangan lainnya.
  • Menghemat ruang untuk pengecoran di lapangan, terutama jika proyek didirikan di tempat dengan lahan terbatas.
  • Tidak melakukan pengecoran di lapangan dapat mengurangi polusi di sekitar proyek, baik polusi suara maupun polusi udara dari mesin pengaduk beton.
  • Industri atau pabrik ready mix melayani banyak pihak untuk setiap proyek dan secara luas di beberapa titik proyek yang berbeda.
  • Beberapa diantaranya memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan beton konvensional, apalagi jika kuantitas yang dipesan dalam volume besar.

Demikian penjelasan seluk beluk beton ready mix yang dapat menambah referensi wacana anda dalam dunia konstruksi. Semoga bermanfaat.

Bagi anda yang mencari harga beton ready mix yang terjangkau? Temukan informasi lengkap mengenai harga beton ready mix dan manfaat menggunakan beton ready mix dalam proyek konstruksi, silahkan kunjungi halaman Harga Ready Mix | Harga Beton Cor Siap Pakai Per M3