Harga Hebel Bata Ringan, Jenis, Spesifikasi, dan Kelebihannya

Daftar Isi [Tampilkan]


Hebel bata ringan merupakan salah satu jenis batu bata yang mempunyai berat lebih ringan dari bata pada umumnya. Sebagai material bangunan maupun konstruksi yang sangat penting, harga hebel bata ringan perlu Anda pertimbangkan.

Harga bata ini, cukup beragam. Mulai dari hebel bata ringan yang termurah hingga paling mahal sekalipun.

Perbedaan harganya ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti jenis, spesifikasi, ukuran, hingga kualitasnya.

Demi kelancaran proyek konstruksi, Anda bisa memilih hebel bata ringan sesuai dengan kebutuhan.

Daftar Harga Hebel Bata Ringan

Jika Anda bandingkan dengan bata merah, hebel bata ringan memiliki kisaran harga yang lebih mahal. Hal ini karena bahan baku pembuatannya cukup bervariasi.

Meskipun memiliki bobot yang ringan, ukuran jenis bata ini terbilang besar. Selain itu, kualitasnya tergolong bagus.

Hebel bata ringan dijual di pasaran per kubik. Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai harga hebel bata ringan, simak tabel berikut ini.

Jenis Bata HebelHarga Per Kubik
Bata Hebel ukuran 7.5cm x 20cm x 60cm (Grade A)IDR 500.000
Bata Hebel ukuran 10cm x 20cm x 60cm (Grade A)IDR 500.000
Bata Hebel ukuran 7.5cm x 20cm x 60cm (Grade A+)IDR 600.000
Bata Hebel ukuran 10cm x 20cm x 60cm (Grade A+)IDR 600.000
Bata Hebel ukuran 7.5cm x 20cm x 60cm (Alfa)IDR 620.000
Bata Hebel ukuran 7.5cm x 20cm x 60cm (Saka)IDR 620.000
Bata Hebel ukuran 7.5cm x 20cm x 60cm (Elephant Block)IDR 800.000

Harga Hebel Bata Ringan Berdasarkan Jenisnya

  • Panjang hebel bata ringan 60 cm, lebar 20 cm, dan tebal 20 cm.
  • Panjang hebel bata ringan 60 cm, lebar 20 cm, dan tebal 15 cm.
  • Kemudian, panjang hebel bata ringan 60 cm, lebar 20 cm, dan tebal 12,5 cm.
  • Panjang hebel bata ringan 60 cm, lebar 20 cm, dan tebal hebel bata ringan 10 cm.
  • Panjang hebel bata ringan 60 cm, lebar 20 cm, dan tebal 7,5 cm.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, harga bata ini berbeda-beda berdasarkan jenisnya. Ada dua jenis hebel bata ringan yang seringkali digunakan, berikut ini pemaparannya.

1. Hebel Bata Ringan ACC

ACC merupakan akronim dari Autoclaved Aerated Concrete. Hebel bata ringan ACC merupakan beton seluler yang mendapatkan tambahan gelembung udara karena reaksi kimia.

Adonan hebel bata ringan ACC umumnya terdiri dari pasir kwarsa, kapur, semen, sedikit gypsum, air, dan aluminium pasta. Aluminium pasta berfungsi sebagai bahan pengembang atau pengisi udara secara kimiawi.

Setelah semua adonan tercampur secara sempurna, hebel bata ringan ACC tersebut akan mengembang selama 6 sampai 8 jam. Tidak hanya berfungsi sebagai pengembang saja.

Aluminium pasta juga mempengaruhi tingkat kekerasan beton. Untuk kisaran penambahan aluminium pasta, bisa disesuaikan dengan kepadatan yang dinginkan.

Umumnya, antara 5% sampai 8%. Kemudian, adonan beton aerasi ini melalui proses pemotongan berdasarkan ukuran tertentu.

Karena adonan beton aerasi masih dalam kondisi mentah, tahap selanjutnya akan dimasukkan ke dalam autoclave chamber dan mendapatkan tekanan tinggi.

Suhu autoclave chamber tersebut bisa sampai 183 derajat celcius. Setelah itu, melalui proses pengeringan atau pematangan.

Pencampuran semua bahan-bahan akan menimbulkan reaksi kimia. Bubuk aluminium akan berekasi dengan kalsium hidroksida yang terkandung dalam pasir kwarsa dan air.

Hal ini akan membentuk hydrogen. Gas hydrogen ini akan membentuk gelembung-gelembung udara.

Akibat adanya gelembung-gelembung udara inilah, volume hebel bata ringan menjadi dua kali lebih besar dari volume sebelumnya. Pada akhir proses pengembangan atau pembusaan, hydrogen akan lepas ke armosfer.

Kemudian, akan digantikan oleh udara. Rongga-rongga udara yang berhasil terbentuk membuat bata ACC menjadi ringan.

2. Hebel Bata Ringan CLC

Di pasaran, harga hebel bata ringan jenis CLC cukup terjangkau. Hebel bata ringan CLC sendiri merupakan beton seluler yang mengalami proses curing secara alami.

Dengan kata lain, CLC adalah jenis beton konvensional. Dalam pembuatannya, hebel bata ringan CLC tidak menggunakan agregat kasar seperti krikil, tetapi diganti dengan gelembung udara.

Prosesnya ini memanfaatkan busa organik yang kurang stabil. Selain itu, tidak terjadi reaksi kimia saat pencampuran adonan dilakukan.

Busa atau foam tersebut hanya berperan sebagai media untuk membungkus udara. Bahan baku pembuatan hebel bata ringan CLC adalah pasir, air, semen, dan foam.

Kepadatan foam bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari 350 kg/m3 sampai 1.800 kg/m3. Sementara itu, kekuatannya juga dapat Anda atur, mulai dari yang paling rendah 1,5 N/mm2 hingg lebih tinggi 30 N/mm2.

Untuk pasirnya, bisa menggunakan berbagai macam ukuran, 2, 4, 6, hingga 8 mm. Hal ini sesuai dengan kepadatan yang diinginkan.

Sedangkan jenis semennya, biasanya pabrikan akan memilih semen Portland karena memiliki kinerja yang paling optimal. Pada hebel bata ringan CLC, gelembung udara yang dihasilkan benar-benar terpisah satu dengan lainnya.

Kondisi semacam ini membuat penyerapan air menjadi lebih sedikit. Baja tidak perlu lagi mendapatkan lapisan anti korosi.

Kekuatan beton CLC akan semakin bertambah seiring dengan waktu dan usianya. Proses ini dipengaruhi oleh kelembapan alamiah pada tekanan atmosfer.

Dibandingkan dengan beton ACC, berat CLC memang tidak terlalu ringan. Akan tetapi, penurunan beratnya cukup besar dari beton konvensional.

Selain itu, memiliki isolasi termal 500% lebih tinggi dan tahan terhadap panasnya api. Pemasangan paku maupu sekrup pada hebel bata ringan CLC cukup mudah.

Saat proses pemotongan dan penggergajian tidak terlalu sulit. Hebel ata ringan CLC memiliki ruang lingkup pengaplikasian yang cukup banyak.

Mulai dari isolasi atap rumah dengan kepadatan paling rendah 350 kg/m3 hingga produksi panel dan lantai dengan kepadatan 1.800 kg/m3.

Harga Hebel Bata Ringan Berdasarkan Spesifikasinya

Pemilihan hebel bata ringan berdasarkan spesifikasinya, menjadi pertimbangan yang sangat penting. Sebab, semakin kompleks spesifikasinya maka harganya semakin mahal.

Supaya tidak membuat anggaran konstruksi membengkak, pastikan spesifikasi hebel bata ringan sesuai dengan kebutuhan dan standar. Hebel bata ringan mempunyai berat jenis kering mencapai 520 kilogram/m3.

Sedangkan berat jenis normalnya sebesar 650 kilogram/m3. Hebel bata ringan memiliki kekuatan tekanan lebih dari 4,0 N/mm2.

Konduktifitas termis berada pada angka 0,14 W/mK. Tebal spasinya sebesar 3 mm.

Meskipun tahan terhadap api, daya tahannya ini memiliki batasan. Dimana, hanya mampu bertahan selama 4 jam.

Untuk hebel bata ringan per 1 m2, setidaknya membutuhkan delapan sampai sembilan buah tanpa menggunakan construction waste. Hebel bata ringan menjadi salah satu inovasi dalam bidang konstruksi dan bangunan.

Dengan hadirnya hebel bata ringan, kebutuhan pembuatan dinding rumah, gedung, pabrik, maupun jenis bangunan lainnya menjadi semakin mudah. Pada dasarnya, dimensi hebel bata ringan memiliki ukuran panjang 60 cm dan tinggi 20 cm.

Sementara untuk ukuran ketebalannya, mulai dari 7,5 cm hingga 20 cm. Berikut ini rincian ukurannya.

Harga Hebel Bata Ringan Berdasarkan Kelebihannya

Harga hebel bata ringan yang cenderung lebih mahal dari bata merah, perlu Anda pertimbangkan dengan sebaik mungkin. Pasalnya, hebel bata ringan memiliki berbagai macam kelebihan yang dapat memberikan Anda banyak keuntungan. Berikut ini beberapa kelebihannya.

1. Proses Pemasangan yang Cepat

Dalam bidang konstruksi dan bangunan, penyelesaian proyek yang tepat waktu menjadi prioritas. Hal ini sebagai tolak ukur apakah proyek tersebut berjalan sesuai dengan rencana atau tidak.

Dengan menggunakan hebel bata ringan, proyek konstruksi dapat selesai berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Sebab, hebel bata ringan memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga proses pemasangannya menjadi lebih cepat.

Tak hanya itu, ketika hebel bata ringan membutuhkan pengeboran atau pemotongan, bisa dilakukan dengan sangat mudah. Dalam proses pemasangannya, Anda tidak perlu lagi menggunakan banyak perekat. Meski lebih hemat penggunaan perekat, hebel bata ringan bisa terpasang dengan baik dan tanpa celah.

Mengingat hebel bata ringan memiliki bobot yang ringan, proses pengangkutannya ke lokasi pembangunan tidak terlalu sulit. Dengan begitu, Anda bisa menghemat akomodasi karena tidak perlu ongkos kirim yang besar.

2. Membuat Hasil Bangunan Menjadi Lebih Rapi

Hebel bata ringan memiliki ukuran yang seragam. Tidak seperti jenis bata lainnya yang memiliki ukuran berbeda.

Dengan ukuran yang hampir semua sama inilah, membuat dinding terlihat lebih rapi. Konstruksi bangunan menjadi semakin baik, sehingga dapat berdiri dengan kokoh dan kuat.

3. Meningkatkan Kenyamanan

Hebel bata ringan dapat meningkatkan kenyamanan bagi hunian atau rumah, kantor, pabrik, maupun gedung-gedung lainnya. Sebab, hebel bata ringan lebih kedap suara.

Anda tidak akan terganggu dengan suara-suara yang bising. Hebel bata ringan memang cocok digunakan untuk bangunan yang ada di tengah-tengah keramaian atau kawasan perkoataan.

Umumnya, harga hebel bata ringan di lingkungan padat penduduk lebih mahal. Supaya kebutuhan hebel bata ringan tetap tercukupi, pastikan mencari produsen yang terpercaya.

Tidak hanya kedap suara saja, hebel bata ringan juga memiliki ketahanan yang baik terhadap air, sehingga dapat menjaga dinding atau tembok dari rembesan air. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir saat musim penghujan.

Selain itu, hebel bata ringan juga dapat mengurangi perubahan suhu yang ekstrim. Hebel bata ringan adalah material bangunan yang ramah lingkungan.

Karena itulah, penggunaan hebel bata ringan tidak menyebabkan pencemaran. Tidak mengandung gas beracun, sehingga lebih aman bagi penggunanya.

Mampu memberikan ventilasi yang bagus. Ventilasi menjadi bagian paling penting pada sebuah gedung, terutama rumah.

Pasalnya, ventilasi berfungsi sebagai perantara keluar dan masuknya udara ke dalam ruangan. Kemudian, cahaya matahari bisa dengan mudah masuk ke dalam ruangan. Semakin banyak ventilasinya, maka semakin baik pula hunian tersebut.

Itulah tadi informasi mengenai harga hebel bata ringan beserta dengan jenis, spesifikasi, dan kelebihannya. Untuk mendapatkan harga yang kompetitif, pastikan Anda hanya membelinya dari produsen yang berpengalaman dan terpercaya. Selain itu, pembelian bata dalam jumlah yang besar atau skala massal, harganya cenderung lebih murah. Jadi, buat perencanaan yang tepat, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.