Fungsi Obat Pengeras Pada Beton

Daftar Isi [Tampilkan]

Fungsi obat pengeras beton tentu saja untuk mempercepat waktu pengerasan. Obat ini biasanya berbentuk cair yang tidak hanya bisa mempercepat pengeringan, namun juga memperkuat beton. Cairan pengeras beton ini adalah bahan aditif yang bersifat tambahan, karena beton cor ini bisa mengering dengan sendirinya.

Namun, bila dengan proses alami maka pengeringan beton cor ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena hal inilah, dalam konstruksi beton, lebih memilih penggunaan obat pengeras beton. Obat ini berperan penting dalam proses pengeringan secara kimiawi.

Inilah Fungsi Obat Pengeras Beton yang Memiliki Peran Penting Dalam Konstruksi

Obat pengeras beton berfungsi untuk menutupi permukaan beton agar tahan debu serta bisa mengeras dengan cepat. Bahkan saat ini sudah banyak tersebar beberapa pilihan obat pengeras beton dengan fungsi yang sama dan harga terjangkau. Ada juga yang menggunakan obat ini guna memperbaiki beton yang rusak ketika masih dalam proses konstruksi.

Baca juga: Harga Beton Ready Mix Lampung Terbaru 2023 | Ready Mix Berkualitas di Lampung

Kandungan yang terdapat dalam obat pengeras beton ini bereaksi secara kimia. Proses kerjanya dengan menghidrasi semen agar permukaan beton menjadi padat permanen bahkan hingga berbulan-bulan. Hasilnya pun beton akan lebih mengkilap akibat reaksi kimia yang seiring waktu berkembang.

Fungsi dari penggunaan obat pengeras beton ini pun beragam. Meskipun yang paling utama adalah untuk mengeringkan beton, namun sebenarnya masih banyak keuntungan lain dari penggunaan obat ini. Agar semakin mengerti, simak penjelasan berikut ini.

Mempercepat Proses Pengeringan

Fungsi penggunaan obat pengeras untuk beton yang pertama yaitu agar mempercepat proses pengeringan. Bila kalian bandingkan dengan proses alami, tentu saja penggunaan obat lebih efektif. Pasalnya, bahan kimia yang terkandung cairan obat ini sudah sesuai dengan standar bahan tambahan dalam konsentrat.

Sehingga sangat memungkinkan untuk menjadikan beton cepat kering. Karena dalam obat pengeras beton ini terdapat mekanisme untuk mengurangi kadar air sekaligus dan juga mempercepat pengikatan beton. Penggunaan obat ini biasanya untuk mempercepat proses konstruksi yang besar.

Memperbaiki Beton yang Rusak

Fungsi obat pengeras pada beton bisa juga untuk menyambungkan beton baru dengan yang lama. Kalian bisa memilih berbagai jenis obat untuk mengeraskan beton ini di pasaran. Bahkan ada juga obat pengeras yang memiliki bahan perekat berbahan dasar plastik. Karena fungsinya yang mampu menyambungkan beton, maka obat ini efektif dalam memperbaiki beton konstruksi.

Tembok yang retak maupun memasang batu bata bisa kalian lakukan dengan menambahkan obat pengeras beton yang satu ini. Kalian bisa mencampurkan obat ini dengan semen hingga mendapat kekentalan yang sesuai. Selanjutnya bahan cor ini bisa kalian aplikasikan ke permukaan cor.

Menangani Kebocoran

Terdapat jenis obat pengeras beton yang bisa berfungsi untuk menangani ketika ada kebocoran konstruksi di bawah air. Biasanya penggunaan obat ini untuk bendungan, pondasi mesin dan penampungan air. Obat pengeras beton ini bisa melakukan perbaikan yang sangat sulit apabila hanya menggunakan semen biasa.

Baca juga : Harga Sewa Lift Cor | Borongan Kerja Cor | Lift Cor Beton Lampung

Namun yang harus kalian ingat, ketika obat ini sudah tercampur dengan semen. Maka kalian harus segera mengaplikasikan adukan semen, karena campuran obat ini akan menjadikan semen cepat mengering. Bahkan, hanya memerlukan waktu berkisar 15 detik saja untuk mengeringkan campuran ini.

Terdapat berbagai produk yang bisa mengeringkan beton cepat kering dan keras. Agar tuntutan dalam konstruksi terpenuhi, maka penggunaan obat ini sering menjadi solusi. Tentunya dengan memperhatikan standar yang sesuai, maka fungsi obat pengeras beton ini dalam perbaikan konstruksi akan memiliki hasil yang sempurna.

Pencarian yang sering dicari: