Definisi Panel Beton Ringan | Jenis Panel Beton Ringan

Daftar Isi [Tampilkan]

Perkembangan inovasi bahan bangunan modern telah mampu melahirkan ide-ide baru untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan konstruksi agar lebih efisien dan ekonomis. Kini makin banyak alternatif pilihan yang bisa digunakan kontraktor untuk melakukan pekerjaan tembok. Berikut ulasan mengenai pengertian panel beton ringan.

Baca juga : Harga Hebel Bata Ringan, Jenis, Spesifikasi, dan Kelebihannya

Biasanya dinding selalu menggunakan batu bata, bata ringan, dll, namun kini dinding beton pracetak dan dinding panel beton ringan hadir untuk melengkapi pilihan bahan untuk dinding suatu bangunan.

Definisi Panel Beton Ringan

Panel beton ringan adalah panel berlapis yang terdiri dari tiga lapisan, yang bagian tengahnya merupakan lapisan bahan tebal dengan tingkat kepadatan tinggi. seperti sandwich junk food, dua lapisan tipis yang terdapat dalam struktur sandwich ini disebut lapisan kulit/penutup, dan lapisan tengah disebut lapisan inti.

Baca juga: Harga Sandwich Panel Ringan Terbaru 2023 | Untuk Lantai Dak & Dinding

Media yang digunakan

Beberapa media yang digunakan untuk membuat panel beton ringan adalah;

  1. inti busa
  2. Sandwich sarang lebah
  3. Sandwich Inti Web
  4. Sandwich Inti Truss / Bergelombang

Panel penutup panel beton ringan terbuat dari zincalume atau pelat galvanis yang direkatkan pada kedua sisi lapisan isolasi. Oleh karena itu, tidak jarang menyebut panel beton ringan berinsulasi.

Jenis Isolasi pada Panel Beton Ringan

Ada beberapa jenis isolasi pada panel beton ringan yaitu;

  • Expanded Polystyrene (EPS), dengan keunggulan sangat ringan dan juga tahan panas. Ukuran ketebalan yang tersedia di pasaran adalah 40, 50, 75, 100, 125, 150, 175, 200 mm.
  • Polyurethane (PU), dengan kelebihan bahan PU ini adalah memiliki konduktivitas termal yang rendah dan baik dalam menghemat energi, serta dapat mencegah pengembunan. Ukuran ketebalan yang tersedia di pasaran dalam ukuran 50, 75, 100, 125, 150 mm.
  • Glasswool Panel, memiliki karakteristik tahan api dan tidak mengeluarkan gas beracun saat terbakar. Umumnya tersedia dalam ketebalan 50, 75, 100, 125 mm.

Jenis Panel Beton Ringan

Ada beberapa jenis panel beton ringan yang sering digunakan untuk bangunan prefabrikasi. Agar bangunan prefabrikasi yang menggunakan material struktur berlapis ini lebih awet, ada baiknya memilih panel beton ringan yang berkualitas.

Panel beton ringan terdiri dari dua jenis yaitu;

1. Panel Dinding Beton Ringan

Jenis bahan pelapis pertama yang dapat digunakan dalam pembangunan rumah prefab adalah panel beton ringan EPS untuk pelapis dinding. Yang paling sering digunakan adalah tipe Thermastyle Pro dengan lebar 950 milimeter dan ketebalan 50 hingga 100 milimeter.

2. Atap Panel Beton Ringan

Panel atap beton ringan yang digunakan dalam pembangunan rumah prefab adalah ThermaDeck PRO tipe EPS dengan lebar 1.050 milimeter dan tebal 50-100 milimeter.

Keuntungan Panel Beton Ringan

Dinding panel beton ringan dipilih karena dinding panel beton ringan memiliki banyak keunggulan terutama pada bangunan yang memiliki sistem detachable seperti hotel kapsul. Berikut beberapa keunggulan lain dari produk panel beton ringan;

Pemasangan yang relatif cepat dan perawatan yang mudah

Umumnya untuk membuat lapisan dinding atau atap membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan banyak tenaga kerja. Namun tidak demikian dengan penggunaan panel dinding beton ringan ini.

Insulasi panas dan suara yang baik

Dengan lapisan Expanded Polystyrene (EPS), panel dinding beton ringan mampu menyerap panas dan suara.

Hemat energi

Penggunaan panel beton ringan untuk penutup dinding dapat menghemat biaya listrik. Selain panel dinding yang mampu memantulkan cahaya secara optimal, penggunaan

panel sandwich juga membuat suhu di dalam ruangan menjadi lebih sejuk. Penghuni kamar juga bisa meminimalisir penggunaan pendingin ruangan (AC).

Lebih Ekonomis

Pemasangan panel dinding beton ringan yang tidak membutuhkan banyak tenaga kerja membuat proses pemasangan dinding lebih efisien dari segi waktu dan tenaga.

Siap pasang tanpa finishing

Berbeda dengan pemasangan dinding menggunakan batu bata atau bata ringan yang membutuhkan plesteran maka kami melakukan finishing sebagai finishing, pemasangan panel beton ringan tidak membutuhkan finishing.

Tahan gempa

Keuntungan dari bangunan prefabrikasi yang menggunakan panel beton ringan untuk dinding adalah lebih fleksibel dan kuat, sehingga ketika terjadi gempa tidak menyebabkan kerusakan yang parah. Oleh karena itu, desain bangunan prefabrikasi ini sangat cocok untuk daerah rawan gempa, seperti di Indonesia.

Bahan Lebih Ringan

Ketebalan bahan ini hanya 75 milimeter. Selain itu, kepadatan panel dinding beton ringan jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan panel modular lainnya. Terutama panel modular precast yang terbuat dari beton. Dengan bobotnya yang ringan, panel dinding beton ringan ini dapat menjadi panel modular yang dapat dengan mudah kita lepas dan pasang pada sebuah bangunan konstruksi.

Dibuat khusus

Kami memproduksi panel dinding beton ringan secara modular namun fleksibel, dengan lebar 1 m dan panjang hingga 12 m sesuai dengan kebutuhan proyek.

Sederhana

Untuk pemasangan panel dinding beton ringan ini tidak membutuhkan banyak bahan tambahan/pendukung seperti semen, air, dan pasir. Bahan bangunan prefabrikasi adalah bahan rakitan pabrik, di mana Anda hanya perlu merakitnya di lokasi yang Anda inginkan.

Tip Penggunaan dan Penyimpanan

Saat mengangkut panel dinding beton ringan menggunakan badan terbuka, Anda harus melindungi tumpukan panel beton ringan dengan plastik.

Melaksanakan bongkar muat panel dinding beton ringan di tempat yang terlindung seperti di dalam ruangan.

Gunakan panel dinding beton ringan untuk menjaga kualitas panel dinding beton ringan.

Simpan panel dinding beton ringan di ruang kering yang terlindung dari hujan.

Saat kami menyimpan, taruh di valet untuk menghindari kontak langsung dengan tanah.

Tinggi maksimal tumpukan panel beton ringan adalah 2 m dan kami lindungi dengan karton pada setiap lembar panel beton ringan agar tidak tergores.

Demikian pengertian panel beton ringan, semoga bermanfaat.

Pencarian yang sering dicari: