Kelas Beton Dalam Buku Peraturan Beton Bertulang Di Indonesia Tahun 1971

Daftar Isi [Tampilkan]


Kelas beton di dalam buku peraturan beton bertulang di indonesia tahun 1971, beton di bagi dalam 3 (tiga) kelas yaitu sebagai berikut:

  • Beton kelas 1 Yaitu beton untuk pekerjaan nonstruktural (disebut B0).
  • Beton kelas 2 Yaitu beton untuk pekerjaan struktural yang pelaksanaan nya membutuhkan pengawasan dengan keahlian yang cukup dan mutu betonnya adalah B1, K125, K175, dan K225. Beton ini biasanya di gunakan untuk rumah tinggal, sekolah, pertokoan dan sebagainya.

Baca juga : Pengertian Jenis Beton Readymix K-225

Beton bertulang pada bangunan tempat tinggal berfungsi sebagai penyalur beban yang ada di bawahnya. ada tiga jenis pekerjaan beton bertulang yang pokok pada bangunan rumah sederhana yaitu pekerjaan sloof, kolom dan ringbalok. beton bertulang juga di gunakan pada jenis pekerjaan beton lainnya yang bukan untuk setiap pekerjaan rumah. Di antaranya beton tumpuan pondasi  (pile cup), kantilever atau konsul, pelat, tangga, balok dan sebagainya.

Baca juga : Harga Pipa Beton RCP Gorong-gorong

Komponen Pekerjaan Beton

Dalam pekerjaan beton untuk pembangunan rumah tinggal,beberapa komponen pekerjaan yang umum perlu di perhatikan antara lain pekerjaan sloof, kolom, balok, ring balok, dan plat beton, berikut ulasan masing-masing komponen tersebut.

Sloof

Sloof  adalah beton bertulang yang di letakkan secara horisontal di atas pondasi. Sloof berfungsi untuk meratakan beban yang bekerja pada pondasi dan pengikat struktur bawah ujung dasar kolom. Lebih dari 2 (dua) tumpuan, tinggi minimalnya harus sekitar  1/18,5 kali dari panjang bentang. Misalkan panjang bentang adalah 4 meter, maka tinggi minimalnya sekitar 400 cm: 18,5=22 cm. Sementara lebarnya adalah 0.75 x 22= sekitar 16,5 cm. Dengan demikian,dimensi sloofnya adalah 16,5/22 atau dalam pelaksanaannya di lapangan biasanya menjadi 20/25 cm.

Kolom

Kolom beton atau tiang beton adalah bagian struktur atas dalam posisi vertikal. Kolom beton ini berfungsi sebagai pengikat pasangan dinding bata dan penerus beban dari atas pondasi Jarak antara tiang beton atau ini adalah 3-4 meter. Sementara dimensi  kolom tergantung pada beban yang di terima.

Ring Balok

Ring balok adalah bagian struktur atas yang terletak di atas pasangan bata. Ring balok berfungsi sebagai penumpu kontruksi atap dan pengikat pasangan dinding bata bagian atas agar tidak runtuh.

Balok

Balok adalah bagian struktur atas yang digunakan untuk dudukan lantai dan pengikat kolom lantai atas. Dalam strukur, balok ini berfungsi sebagai rangka penguat horisontal bangunan yang akan  mendapat tumpuan muatan mati (berat sendiri, furnitur, dan lain-lain) dan muatan hidup (penggerakan manusia) di lantai atas

Menentukan Secara Praktis Dimensi Balok Yang Seharusnya di Hitung Dengan Perhitungan Struktur Adalah Sebagai Berikut:

Balok yang hanya ada dua tumpungan,tinggi minimalnya sekitar 11/16 kali panjang bentang. Misalkan panjang bentangan 3 meter maka tinggi baloknya sekitar 300cm: 16=18,75 cm. Sementara lebarnya adalah 0,75xtinggii=0,75x18,75= sekitar  14 cm. Dengan demikian, dimensi balok adalah 14/18,75 atau dalam pelaksanaan di lapangan 15/20.

Balok yang lebih dari dua tumpuan, tinggi minimalnya sekitar 1/18,5 kali panjangbentang. Misalkan panjang bentang 4 meter maka tinggi balok minimal 400 cm:18,5=22 cm. Sementara lebarnya adalah 0,75x37,5 cm= sekitar 28, 2 cm. Dengan demikian, dimensi konsulnya adalah 28,2/37,5 atau dalam pelaksanaan di lapangan biasanya menjadi 30/40.

Pelat Beton

Pelat beton berfungsi sebagai lantai pada bangunan bertingkat ujung pelat beton diikat oleh balok sebagai tumpuannya. Dalam ilmu struktur, ketebalan pelat beton yang berfungsi sebagai lantai biasanya adalah 12 cm. Sementara ketebalan pelat beton berfungsi sebagai atap minimal 8 cm.

Penyedia Beton Ready Mix

Penyedia beton ready mix khususnya di perkotaan memang sudah banyak. Hal tersebut karena perkotaan menjadi sasaran pembangunan konstruksi yang paling berkembang pesat. Tidak hanya untuk proyek awal pembangunan tetapi juga renovasi dan perbaikan.

Pasalnya, perkotaan sebagai pusat aktivitas mempunyai laju pembangunan tinggi baik yang dilakukan instansi pemerintah maupun swasta.

Untuk itulah kebutuhan beton ready mix juga ikut terpengaruh. Selanjutnya untuk informasi harga dan penyedia beton ready mix terlengkap,

Baca juga : Harga Ready Mix | Harga Beton Cor Siap Pakai Per M3

Laju pembangunan tinggi menyebabkan permintaan terhadap produk beton juga meningkat. Beragam proyek pembangunan yang membutuhkan beton khususnya beton ready mix. Misalnya gedung perkantoran, perumahan, ruko, gudang dan jalan.

Untuk itulah penting sekali dalam menentukan pilihan terhadap penyedia beton ready mix secara tepat. Beberapa faktor harus diperhatikan dalam memilih penyedia beton ready mix.

Bagi Anda yang berencana ingin membeli beton ready mix di lampung, Kali ini kami melayani permintaan supplay beton readymix di wilayah kabupaten dan kota di lampung sekitarnya. Informasi bisa Anda dapatkan disini.

Baca juga : Harga Beton Ready Mix Lampung Per Kubik

Itu beberapa hal mengenai kelas beton dalam buku paraturan beton bertulang di indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membangun menggunakan beton. Anda akan lebih mengetahui kelas beton dan kegunaan sesuai standar fungsinya tersebut.

Itulah ulasan terkait penjelasan mengenai kelas beton dalam buku peraturan beton bertulang di indonesia tahun 1971. Anda bisa menjadikan ulasan di atas sebagai acuan dan pertimbangan dalam memilih dan membeli beton ready mix. Oleh karena beton readymix termasuk bahan bangunan dasar yang penting dalam konstruksi, sebaiknya Anda memutuskan dengan tepat.

Pencarian yang sering dicari:
kelas beton menurut snikelas beton kkelas beton untuk jalanbeton kelas cbeton kelas a b c d ebeton kelas dbeton kelas 1beton kelas b1beton kelas abeton kelas c adalahbeton kelas bbeton kelas b2mutu beton kelas bharga beton kelas bbeton kelas c k berapatipe beton kk beton adalahkelas kelas betonbeton kelas c mutu berapacampuran beton kelas cmutu beton kelas dbeton kelas ebeton kelas e adalahtabel kelas betonklasifikasi kelas betonkelas dan mutu betonkelas mutu betonmutu beton kelas ibeton kelas 3 menurut pbitabel kelas mutu betonkelas dan mutu beton snibeton kelas pmutu beton kelas pukuran kekerasan betonmutu beton kelas 1beton kelas 2beton kelas 3mutu beton kelas 3tingkat kekerasan beton