Mengenal Kelebihan Pagar Panel Beton Precast | Keuntungan dari Pagar Panel Beton Pracetak

Daftar Isi [Tampilkan]

Beton Precast dan Jenisnya

Beton Precast memiliki beberapa keunggulan dibandingkan bahan lainnya, antara lain: kemudahan pengerjaan, kemudahan pemasangan, bebas polusi suara dan debu, serta hemat waktu. Pengolahan precast dapat membuat seluruh bagian bangunan menjadi panel beton. Produk precast dapat berupa kolom, balok, panel dinding hingga saluran air untuk drainase.

Produk precast dapat berupa kolom, balok, panel dinding hingga saluran air untuk drainase. Untuk penjelasan produk beton precast, lihat halaman tentang Definisi, Jenis, dan Keunggulan Beton Precast.

Fabrikasi panel beton dilakukan di bengkel atau pabrik, sedangkan pengecoran dan penyambungan dilakukan di lapangan dengan menggunakan proses cor in situ. Kemudahan pemasangan mendorong pabrik untuk memproduksi produk tambahan seperti pagar dari beton pracetak. Artikel ini akan membahas pengertian dan kelebihan sistem pagar panel beton pracetak.

Definisi Sistem Pagar Panel Beton Pracetak

Pagar panel beton adalah salah satu produk yang dikembangkan oleh pabrikan beton precast, Sistemnya sama seperti dinding panel, yaitu terdiri dari panel pagar, kolom / perkuatan dan penutup di antara sambungan, Proses pemasangannya yaitu dengan membuat kolom dengan penempatan sesuai dengan panjang panel yang diinginkan, kemudian pasang panel yang diperkuat dengan sambungan dan

Keuntungan dari Pagar Panel Beton Pracetak

Saat ini penggunaan pagar beton memang masih terbatas hanya untuk bangunan selain rumah tinggal, antara lain untuk bangunan industri, komersial atau perkantoran.

Namun sebenarnya pagar panel beton ini memiliki banyak kelebihan yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Beberapa keunggulan tersebut antara lain sebagai berikut:

Dapat digunakan untuk semua gaya bangunan

Keuntungan dari pagar panel beton dibandingkan bahan pagar lainnya adalah sangat berguna, cocok untuk hampir semua gaya bangunan. Pagar dengan bahan selain beton kurang bisa mengikuti setiap gaya desain bangunan. Semisal pagar hollow yang hanya sesuai untuk gaye bangunan modern.

Pagar besi yang hanya cocok untuk gaya modern dan klasik. Pagar kayu hanya cocok untuk bangunan bergaya rustic, dan sebagainya. Untuk rumah bergaya modern, pagar beton pracetak bisa didesain dengan menggunakan dekorasi plesteran. Rumah bergaya klasik bisa menggunakan pagar panel beton dengan formasi lengkung yang dominan. Pagar panel beton dapat didekorasi dengan berbagai warna untuk rumah bergaya minimalis.

Tahan terhadap cuaca

Tidak seperti besi yang mudah berkarat atau kayu yang mudah lapuk, beton pracetak lebih mampu bertahan terhadap pergantian cuaca.

  1. Perawatan pagar beton setelah pemasangan cukup mudah,
  2. Setiap komponen presisi sehingga dapat mencegah kerusakan,
  3. Mudah untuk merakit dan membongkar.

Proses Pemasangan Pager Beton Precast

Panel pager beton dapat dibuat dengan ketinggian 6 meter. Akan tetapi ketinggian daun panel yang berada di pasaran di indonesia adalah 40dan45cm.

Tumpukan yang diijinkan olehpabrik mencapai 7lembar, sehingga ketingian maksimal pager beton yang dapat dicapai adalah 2,8m atau 3,15m.

Sedangkan cara memasang panel pagar beton secara singkat adalah sebagai berikut:

  • Buat fondasi dengan casting in situ
  • Memasang kolom panel beton berbentuk seperti panel baja
  • Panel pagar dipasang pada kolom.

Demikian sekilas informasi tentang pengertian dan, kelebihan pagar panel beton precast yang dapat memperkaya pengetahuan Anda.

Baca juga : Harga Pagar Panel Beton Precast | Tiang dan Dinding Pagar