Harga Jasa Trowel Floor Hardener | Lantai Beton, Epoxy Poles Beton 2023 | Finishing Trowel

Daftar Isi [Tampilkan]

Harga Jasa Trowel Floor Hardener  — Pekerjaan kontruksi memang tidak terlepas dari pondasi sebagai struktur utama yang bertugas meletakkan bangunan dan meneruskan beban bangunan atas mulai dari lantai kolom hingga beban bangunan atas (upper structure  super structure) ke dasar tanah yang cukup kuat mendukungnya.

Untuk itu fondasi harus diperhitungkan agar dapat menjamin kestabilan bangunan terhadap berat sendiri., beban-beban berguna, gaya-gaya luar seperti tekanan angin, gempa bumi lain-lain tidak boleh terjadi.

Di atas fondasi berdiri pelat yang berbentuk lantai ada yang dari baja  ada yang dari beton. Namun kebanyakan dari beton karena lebih kuat  flexible. Dalam aplikasinya untuk pekerjaan lantai floor hardener yang berfungsi sebagai perkerasan terhadap permukaan lantai. Floor hardener merupakan salah satu bagian dalam pekerjaan lantai pada proyek kostruksi. Nah coba kita cari tahu di sini apa itu floor hardener.

Apa itu Floor Hardener

Floor Hardener adalah material yang berfungsi untuk meningkatkan kekerasan  membuat licin permukaan lantai yang memiliki kemampuan tahan aberasi  meminimalkan debu pada permukaan lantai beton.  Secara umum floor hardener dibagi dua yakni floor hardener metallic  floor hardener non metalic. untuk yang metallic campurannya terdapat serbuk besi. Namun untuk penggunaannya yang metallic sangat jarang di Indonesia karena tidak sesuai dengan kulturnya.

Floor hardener jenis metallic jarang digunakan karena serbuk besinya dapat berkarat atau korosi, proses aplikasinya yang lebih rumit  harganya yang lebih mahal. Terdapat beberapa merek material floor hardener yang berbentuk bubuk atau powder yang sering dipakan bisanya sika (sika chapdur) Fosroc (Fosroc Nitofloor hardtop). Alat yang digunakan lazimnya adalah trowel untuk meratakan bubuk floor hardener.

Floor hardener berbentuk bubuk biasanya ditaburkan pada beton yang basah kemudian difinishing dengan menggunakan alat yang bernama trowel sehingga menghasilkan permukaan yang keras tetapi rata, halus  mudah dibersihkan.  Harganya pun berbeda-beda sesuai dengan kualitas  campuran masing-masing.

Berikut Harga Jasa Trowel Lantai Floor Hardener:

Harga Jasa Trowel Floor Hardener | Lantai Beton, Epoxy Poles Beton 2023 | Finishing Trowel

Luasan/M2KeteranganHarga
0 - 200Borongan-
200 - 300Jasa + AlatRp. 12.000
300 - 500Jasa + AlatRp. 11.000
500 - 1000Jasa + AlatRp. 9.000
1000 +Jasa + AlatRp. 8.000

Floor Hardener Natural

Jenis / KeteranganMerk Harga/Satuan
Dosis 3Kg/TerpasangNk Jaya Rp. 21.000 / M2
Dosis 4Kg/TerpasangNk Jaya Rp. 23.000 / M2
Dosis 5Kg/TerpasangNk Jaya Rp. 25.000 / M2
Dosis 3Kg/TerpasangUltrachemRp. 22.000 / M2
Dosis 4Kg/TerpasangUltrachemRp. 24.000 / M2
Dosis 5Kg/TerpasangUltrachemRp. 26.000 / M2
Dosis 3Kg/TerpasangFosroc Rp. 23.000 / M2
Dosis 4Kg/TerpasangFosroc Rp. 26.000 / M2
Dosis 5Kg/TerpasangFosroc Rp. 29.000 / M2
Dosis 3Kg/TerpasangSika Rp. 24.000 / M2
Dosis 4Kg/TerpasangSika Rp. 27.000 / M2
Dosis 5Kg/TerpasangSika Rp. 30.000 / M2

Floor Hardener Warna

Jenis / KeteranganMerk Harga / Satuan
Tebal 300mc Terpasang PropanRp. 95.000 / M2
Tebal 500mc Terpasang PropanRp. 125.000 / M2
Tebal 1000mc Terpasang PropanRp. 195.000 / M2
Tebal 2000mc TerpasangPropanRp.285.000 / M2

Epoxy

Jenis / KeteranganMerk Harga / Satuan
Tebal 300mc Terpasang PropanRp. 95.000 / M2
Tebal 500mc Terpasang PropanRp. 125.000 / M2
Tebal 1000mc Terpasang PropanRp. 195.000 / M2
Tebal 2000mc TerpasangPropanRp.285.000 / M2

Note : Harga di atas adalah untuk pengerjaan dengan luas >= 1.000 m2 untuk pengerjaan dengan luas

Floor hardener biasanya digunakan pada lantai parkir, garasi, area pergudangan, area pabrik, area industri,  area-area yang membutuhkan lalu lintas. Pemakaian kebutuhan material lazimnya juga disesuaikan dengan kebutuhan keadaan lalu lintas yang dapat kita rangkum sebagai berikut :

  • Kebutuhan lalu lintas tinggi, lantai pabrik yang menggunakan alat berat (7 kg)
  • Kebutuhan lalu lintas sedang, lantai area pabrik, lantai area industri  lantai area parkir 5 kg/m2
  • Kebutuhan lalu lintas rendah, peruntukan untuk lantai parkir  juga lantai garasi 3 kg/m2

Floor Hardener berbentuk bubuk (powder) harus digunakan pada beton basah,terkadang hal ini menjadi kendala. pada area cor beton yang mempunyai lalu lintas yang tinggi selama proyek berlangsung, jika langsung digunakan Floor Hardener, maka lantai tersebut akan dilalui lalu lintas kendaraan, padahal idealnya penggunaannya Floor Hardener itu sebaiknya dilalui setelah akhir proyek selesai.

Dalam perkara floor hardener lama yang mengelupas atau tidak rata atau memperkeras lantai beton eksisting saat ini terdapat material floor hardener berbentuk cair produksi CEMENTAID (Cementaid Diamite) berupa cairan yang dapat memperkeras permukaan lantai.

Dengan menggunakan bahan aktif Metallic Silico Fluorides yang  bereaksi dengan kapur bebas di dalam beton membentuk partikel kuarsa sintetis yang keras. Cairan ini meresap habis hingga kedalam beton,  tidak mengubah tampilan awal dari beton. 

Sebagai pengguna harus tahu apa saja kelebihan dari floor hardener yang akan dipakai nantinya. Tentunya tidak lucu jika sebagai pengguna tidak tahu kelebihannya. Lalu apa kelebihannyya, bisa kita simak kelebihan penggunaan floor hardener antara lain :

  • Permukaan lantai beton akan menjadi lebih keras  tahan terhadap gesekan.
  • Permukaan lantai beton tidak menjadi licin ( bisa digunakan pada area basah).
  • Cepat  mudah proses pelaksanaannya.

Berapa kisaran harga floor hardener?

untuk jenis floor hardener powder kisaran harga floor hardener bervariatif karena tergantung merek produknya, serta konsumsinya apakah menggunakan konsumsi 3 kg/m2, 5 kg/m2, atau 7 kg/m2 selain itu harga floor hardener dipengaruhi juga oleh warnanya, apakah warna natural atau warna lain (misalnya hijau, merah,  lain-lain). Semua Jasa Trowel Floor hardener sudah tertera di atas yang bisa Anda lihat.

Bagaimana pelaksanaan pekerjaan floor hardener? ini penting agar Anda tidak salah dalam mengaplikasikan karena sudah membeli floor hardener. di sini yang harus Anda ketahui pelaksanaan pekerjaan floor hardener harus dilakukan secara berkesinambungan atau tanpa henti sehingga perlu diperhitungkan jumlah kebutuhan material yang disesuaikan dengan komposisi konsumsinya  luasan pekerjaannya.

Pertama dilakukan dengan menebar material floor hardener 2/3 bagian dari konsumsinya pada permukaan beton. ketika material secara keseluruhan terlihat gelap karena kelembaban penyerapan dari beton, permukaan dapat digosok menggunakan mesin trowel untuk di finishing agar merat  halus. Segera setelah proses trowel atau penggosokkan, sisa floor hardener diaplikasikan di atas permukaan secara merata.

Sekali lagi pada saat kelembaban telah diserap, permukaan dapat digosok seperti cara sebelumnya. Penyelesaian akhir penggosokan dengan mesin poles dapat dilakukan ketika lantai beton telah cukup keras sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada lantai beton. Lantai yang sudah diaplikasikan tidak boleh terkena air hujan selama 48 jam  sebaiknya tidak dipakai selama 1 Minggu, jika akan segera membebani dengan lalu lintas yang berat dalam 2 Minggu pertama umur beton maka sebaiknya dilindungi dengan multipleks plywood.

Tetapi jika dipaksakan dalam seminggu akan dilintasi tidak akan ada jaminan lantai akan kotor  retak karena belum umur beton sudah dilewati. Ditambah lagi jika di atas ada pekerjaan sehingga debu maupun kotoran pekerjaan di atas akan jatuh kebawah. Dengan pekerjaan yang benar insya Allah mutu akan didapat sehingga quality control juga berjalan dengan baik.

Untuk Informasi Harga jasa dan pemesanan, hubungi kami Arya No. HP: 081314880009/WA Sampai jumpa! Sallam,,