Pengertian Jenis Beton Readymix K-225

Daftar Isi [Tampilkan]

Membahas tentang jenis beton readymix K-225 sudah pasti akan berkaitan dengan pembangunan proyek yang kini marak dilakukan. Sebuah proyek pembangunan pastinya membutuhkan material-material untuk membangun sebuah gedung maupun bangunan lainnya. Sebab itulah, salah satu material yang pasti dibutuhkan adalah beton.

Beton menjadi komponen penting dalam sebuah tahapan pembangunan karena sifatnya yang keras dan kuat sehingga memiliki kemampuan dalam menahan beban yang besar serta berat. Kemampuan menahan beban ini diperoleh dari bahan dasar beton yang memang didesain untuk hal tersebut.

Semakin banyaknya kontraktor yang membutuhkan ketersediaan beton, kini membuat usaha beton menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Jika melakukan sebuah pembangunan tanpa membuat beton di tempat  proyek yang sedang dijalankan, tentunya akan sangat menghemat biaya yang dikeluarkan.

Oleh karena itu, dibutuhkan jasa pembuat beton cair yang dapat diaplikasikan langsung pada bangunan proyek. Beton cair yang siap dipakai tersebut kini terkenal dengan sebutan beton readymix. Salah satu beton readymix yang cukup terkenal saat ini adalah beton readymix K-225.

Mengenal Pengertian Beton Readymix K-225

Istilah readymix berasal dari keadaan dari produk beton yang dihasilkan itu sendiri. Beton readymix berarti beton tersebut sudah tersedia dalam bentuk cair dan siap dipakai. Untuk pembuatannya, biasanya calon pengguna bisa melakukan request penambahan mineral-mineral tertentu yang dapat ditambahkan untuk memperkuat beton yang dihasilkan.

Tiap-tiap penjual beton readymix memiliki takaran formulasi yang berbeda-beda. Namun biasanya untuk membuat beton readymix K-225 dibutuhkan 371 kg semen, 689 kg pasir, 1047 kg kerikil dan 215 liter air. Dengan takaran tersebut akan dihasilkan beton dengan ukuran 1 meter kubik. Mengerti jenis beton readymix K-225 memang merupakan hal yang sangat penting sebelum menggunakannya. Pembuatan beton yang baik memang harus dilakukan dalam perhitungan formulasi yang tepat. Keberadaan 4 bahan dasar yang ada memang harus saling disinkronisasikan karena memiliki peran yang berbeda-beda.

Contoh saja, jika terlalu banyak air tentu beton akan menjadi encer dan tidak akan kuat. Sebaliknya jika kurang air, maka beton akan menjadi mudah terkikis. Selain itu, perhitungan beton memang harus berkaitan dengan ukuran per 1 meter kubiknya. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan perhitungan kebutuhan beton yang tentunya akan menghemat pengeluaran proyek. Dari keempat bahan tersebut bahan pasir menjadi bahan paling penting. Pemilihan pasir kualitas terbaik tentunya akan memberikan ketahanan yang lebih baik pada beton yang dihasilkan.

Tiap-tiap beton readymix memang memiliki nama yang berbeda-beda. Perbedaan nama tersebut muncul karena mutu antara satu kode nama dengan kode nama lainnya yang berbeda. Misalnya saja, beton readymix K-115, tipe ini merupakan tipe mutu yang hanya mampu menahan beban seberat 115 kg. Ada pula tipe beton readymix yang lain dengan angka yang berbeda-beda. Pada tipe beton readymix K-225 berarti beton ini jika dibuat mampu menahan tekanan beban hingga 225 kg.

Karakter Beton Readymix K-225

Mengenal jenis beton readymix K-225 sudah pasti harus memahami karakternya juga. Beton ini biasanya terbuat dari bahan dasar yang tidak terlalu cepat mengering. Ketidakcepatan dalam pengeringan ini bukan berarti kualitas dari beton ini menjadi jelek. Justru hal itu yang membuat beton ini sangat spesial. Ketika beton cepat mengering, maka proses pengeringan yang lambat akan membuat beton menjadi lebih kompak. Pengerasan yang terjadi secara perlahan juga akan membuat beton ini mampu menjadi keras dengan lebih sempurna.

Dari karakter yang dimiliki beton readymix K-225, maka tak heran jika beton jenis ini memiliki kemampuan dalam menghasilkan bangunan yang kokoh dan kuat. Jika dibandingkan dengan beton readymix lainnya, maka beton yang satu ini tak kalah dari segi kualitas yang ditawarkan. Maka anda sendiri pun tak perlu ragu untuk menggunakan beton readymix K-225 sebagai kebutuhan berbagai proyek konstruksi bangunan yang sedang dibuat.

Kegunaan Beton Readymix K-225

Setelah kita membahas lebih jauh soal jenis beton readymix K-225, maka mengetahui kegunaan dari beton ini merupakan hal yang penting pula. Pasalnya, hal ini tidak dapat diabaikan begitu saja. Mengingat setiap jenis beton yang sudah dihadirkan untuk keperluan konstruksi berbeda-beda, maka mutu dan kemampuan yang dimilikinya pun juga pasti tidaklah sama.

Perlu kita ketahui dengan cermat bahwa semakin tinggi mutu beton readymix tersebut, maka kekuatan untuk menopang tekanan yang ditimbulkan akan jauh lebih besar. Dengan kata lain, beton tersebut memiliki kemampuan yang lebih untuk menerima beban dari gedung itu sendiri. Jika kita tak paham betul mengenai kegunaan suatu beton readymix tertentu, maka akan sangat memungkinkan terjadinya penggunaan beton yang salah. Apabila hal ini sampai terjadi, maka akan menimbulkan kerugian, berupa cepat rusaknya bangunan tersebut karena konstruksi yang tidak awet atau tidak tahan lama.

Beton jenis K-225 ini merupakan beton dengan jenis yang cukup standar. Banyak ruko dan gedung bertingkat 2 menggunakan beton yang satu ini. Maka dari itu, tak disarankan apabila beton readymix ini digunakan selain untuk membangun ruko maupun gedung bertingkat 2. Jika diaplikasikan lebih dari kegunaannya, ditakutkan beton readymix K-225 tak mampu menahan beban yang terlalu kuat, yang akan menyebabkan kerusakan dalam waktu dekat. Jika ingin digunakan pada kegunaan yang lebih lebih kecil lagi dibandingkan ruko serta gedung dua lantai, maka beton readymix K-225 masih memberikan dukungan yang baik.

Selain itu, penggunaan beton readymix K-225 ini juga bisa terbilang mudah, karena bentuknya yang cair membuat beton ini mampu diaplikasikan pada tempat-tempat tersulit sekalipun. Sehingga memberikan bentuk bangunan yang rata dan juga sempurna. Kualitas bangunan pun terlihat semakin baik dan bagus.

Harga Beton Readymix K-225

Berbicara mengenai jenis beton readymix K-225, maka tak dapat lepas dari spesifikasi harga yang ditawarkan untuk mendapatkan tipe beton yang satu ini. Menjadi sebuah keunggulan tersendiri bahwa harga beton ini juga termasuk masih dalam kategori terjangkau. Dengan harga Rp820.000,00 untuk per meter kibiknya, pembeli sudah bisa merasakan kekuatan dari beton ini.

Bagi anda yang ingin menggunakan beton redymix K-225, maka pastikan terlebih dahulu akan keperluan beton yang digunakan. Sehingga anda dapat merencanakan anggaran yang lebih matang dan terencana. Meskipun harga beton readymix K-225 merupakan beton dengan harga terjangkau, tetapi jika tidak diimbangi dengan perencanaan maka akan menjadi beton yang terbilang mahal nantinya.

Harga beton readymix K-225 yang terjangkau ini juga dapat memberikan keuntungan kepada setiap penggunanya. Dengan harga yang bersahabat dan sesuai dengan budget serta anggaran yang telah dibuat, memberikan perencanaan keuangan yang lebih hemat dan sistematis. Sehingga untuk mengakumulasi segala pengeluaran pun menjadi lebih efisien.

Demikianlah pengertian jenis beton readymix K-225 beserta karakter, kegunaan, dan harganya yang dapat memberikan gambaran serta informasi kepada anda untuk menggunakan jenis beton ini secara tepat dan benar. Segala kesuksesan dan keberhasilan konstruksi bangunan anda dapat didukung dengan penggunaan beton readymix K-225.