Pengertian Jenis Beton Readymix K-100 | Keuntungan Menggunakan Beton Ready Mix K-100

Daftar Isi [Tampilkan]

Beton merupakan hasil olahan dari berbagai jenis material konstruksi antara lain semen, pasir, air, yang ditambah dengan kerikil. Semua bahan material tersebut kemudian dicampur menjadi satu sehingga menjadi satu bahan komposit yang nantinya akan mengeras. Penggunaan adonan atau bahan campuran beton yang telah melalui berbagai macam proses pengadukan selanjutnya akan dialokasikan pada kebutuhan konstruksi. Berbagai kebutuhan beton inilah yang menjadikan banyaknya jenis beton ready mix salah satunya adalah jenis beton readymix K-100.

Baca juga: Harga U Ditch | Saluran Irigasi Parit U Murah 2022

Readymix adalah nama sebuah produk untuk pengolahan beton cor yang siap digunakan tanpa harus melalui sebuah proses pencampuran sendiri. Biasanya jenis beton ini akan dijumpai pada tempat khusus pembuatan beton ready mix yang disebut dengan batching plant. Sebelum mengupas lebih jauh mengenai jenis beton ready mix K-100 ini anda juga harus mengetahui mengenai mutu beton jenis ini sebagai informasi mengenai harga readymix.

Pengertian Jenis Beton Readymix K-100

Beton ready mix merupakan sebuah istilah beton cor yang siap digunakan untuk campuran material-material dari bangunan seperti semen, pasir, batu split, fly ash, dan juga bahan admixture yang lainnya tanpa melalui lagi proses pengolahan di lapangan. Beton readymix ini biasanya diolah oleh batching plant terlebih dahulu sebelum nantinya dikirim menggunakan sebuah mobil molen truck mixer.

Sedangkan untuk jenis beton ready mix K-100 adalah jenis beton cor mutu K-100 yang dapat diaplikasikan untuk pengecoran pada pembangunan hampir tak ada pembesian. Biasanya beton jenis ini digunakan untuk pembuatan lantai. Proses pembuatan beton ready mix concrete ini akan melalui beberapa mesin dan juga alat yang tentunya telaah diperhitungkan waktunya.

Mulai dari menakar bahan-bahan material agar sesuai dengan volumenya hingga tahap proses pengisian beton ready mix kedalam mobil molen truck mixer. Pengiriman beton ready mix ini biasa dilakukan dengan menggunakan mobil truck mixer. Dimana dikirim dari bathcing plant dan telah ditentukan zona pengirimannya. Jarak tempuh dari bathcing plant hingga ke lokasi proyek biasanya tidak boleh terlalu jauh.

Baca juga: Pengertian Lift Cor Beton | Harga Sewa Lift

Hal ini karena agar mutu dan juga kualitas dari beton tetap terjaga hingga sampai ke lokasi proyek. Beton readymix ini akan diangkut dengan menggunakan sebuah mobil trukc mixer standar. Bisa juga mobil truck mixer mini atau jenis mobil molen kecil. Sehingga anda tidak perlu merasa khawatir jika jalan menuju ke proyek anda tidak terlalu lebar.

Agar memberikan hasil yang maksimal, biasanya beton readymix ini akan dipindahkan dari mobil molen ke area pengecoran dengan menggunakan mobil pompa beton. Fungsi dari mobil pompa beton atau belalai beton ini adalah untuk memindahkan beton ready mix dengan mesin menuju ke area pengecoran sehingga waktu pengerjaan akan menjadi lebih cepat, efisien, dan juga lebih menghemat tenaga.

Mengenal Mutu Beton

Mutu beton sendiri digolongkan ke dalam 3 kelas mutu. 3 kelas mutu tersebut adalah beton kelas I, beton kelas II, dan juga beton kelas III. Beton kelas I merupakan jenis beton K-100, K125, K150, K175, dan juga K200. Beton-beton ini digunakan bukan tanpa pengerjaan struktur. Beton kelas II yaitu beton jenis K-225, K-250, dan juga K-275. Biasanya jenis beton ini akan digunakan untuk pekerjaan struktur seperti pembuatan lantai, jalan, pondasi, sloof, kolom, dan lain sebagainya.

Sedangkan beton kelas III yaitu beton K-325, K-375, K-450, dan K-500 adalah jenis beton khusus misalnya untuk pembuatan balok, dan juga lantai dari jembatan, landasan pesawat, atau lain sebagainya. Mutu dan juga kualitas dari pasir beton mungkin telah sering anda lihat. Beton readymix yang biasa dibawa oleh mobil tank beton menuju ke proyek pembangunan atau menuju ke sebuah perusahaan yang sedang membangun rumah untuk 2 lantai.

Untuk pembangunan jenis semacam ini biasanya digunakan beton kelas II yaitu beton K-225, K250, ataupun K-275. Apabila anda ingin membangun sebuah rumah 2 lantai dengan menggunakan bahan beton dengan mutu tersebut. Nantinya rumah anda juga akan kokoh. Sedangkan beton yang biasa dibuat dengan campuran bahan 1pc : 2 psr : 3 koral.

Baca juga: Contoh Menghitung Kebutuhan Cor Beton

Setara dengan mutu beton K-100. Itu semua juga tergantung dari kualitas pasir dan juga koral yang digunakan. Sedangkan kegunaan dari beton kelas I yaitu K-100 ini umumnya untuk pekerjaan-pekerjaan yang ringan dan tidak secara khusus membutuhkan beberapa tulangan sehingga penggunaannya pun juga berbeda dengan mutu ready mix jenis yang lainnya.

Mutu Beton Dengan FC’

Beton dengan mutu FC; menyatakan dari kekuatan beton minimum adalah 25 MPa pada usia beton 28 hari. Dengan menggunakan silinder beton dengan diameter 15 cm dengan tinggi 30 cm. Beton ini juga mengacu pada standar SNI yang akan merujuk pada American Concrete Institute atau ACI.

Mutu Tinggi

Jenis mutu beton ini umumnya akan digunakan untuk pembuatan beton prategang seperti pembuatan tiang pancang beton prategang, gelagar beton, pelat beton, ataupun jenis prategang yang lainnya.

Mutu Sedang

Jenis mutu beton sedang umumnya digunakan untuk pembuatan beton bertulang seperti pelat lantai jembatan, gelagar beton bertulang, diafragma, kerb beton pracetak, gorong-gorong bertulang, bangunan bawah jembatan, ataupun untuk pembuatan lantai salah satunya jenis beton ready mix K-100.

Mutu Beton dengan Karakteristik

Beton dengan mutu ini menyatakan kekuatan tekanan karakteristik minimum adalah 250kg/cm pada usia beton 29 hari. Dengan menggunakan beton kubus dengan ukuran 15x15x15 cm. Hal ini mengacu terhadap PBI 71 yang telah merujuk pada standar Eropa lama.

Klasifikasi Kegunaan Beton Berdasarkan Mutu

Mutu beton berdasarkan karakteristik beton dalam praktek di lapangan dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu:

Beton Non Struktural

Beton non struktural adalah sebuah pekerjaan pengecoran beton yang tidak mengandung secara langsung unsur struktural antara besi sebagai sebuah bahan penulangan cor beton. Mutu beton non struktural atau yang lebih sering disebut beton kelas I ini antara lain jenis beton ready mix K-100, K-150, K-175, dan juga K-200.

Beton Struktural

Beton struktural adalah jenis beton yang mengandung unsur penulangan besi dalam adukan cornya. Jenis beton struktural ini juga meliputi pengerjaan pembesian dan juga pengerjaan pengecoran beton. Sedangkan jenis pengerjaan lain sering berhubungan dengan pengerjaan beton adalah pengerjaan penyusunan struktur baja, bekisting beton, finishing beton, pondasi beton, pemasangan bata, dan jenis lainnya.

Keuntungan Menggunakan Beton Ready Mix K-100

Kualitas yang sangat tinggi akan anda dapatkan ketika anda menggunakan beton jenis readymix K-100 ini. Karena jenis bahan yang digunakan diproses dengan alat yang modern di batching plant, dan juga proses hidrasi dimulai ketika air tercampur dengan semen.Anda juga tidak usah khawatir mengenai harga yang ditawarkan oleh beton jenis ini. Harga dari jenis beton readymix K-100 ini tentu tidak akan menjadi kendala jika proses dan juga tahapan konstruksi bangunan anda mampu terpenuhi dengan baik.

Pencarian yang sering dicari: