Pengertian Jenis Beton Readymix K-125

Daftar Isi [Tampilkan]

Beton merupakan salah satu material bangunan yang terbuat dari campuran agregat dan semen yang digunakan sebagai pengikat. Beton biasa digunakan dalam kepentingan bangunan yang terdiri dari berbagai komponen pendukung beton, seperti semen, gravel, air, serta additive yang digunakan sebagai bahan tambahannya.

Sedangkan readymix adalah jenis beton yang telah dicampur dengan rangkaian berbagai bahan material yang berupa pasir dengan formulasi khusus. Dalam proses ini dilakukan pada batching plant sehingga menghasilkan beton cor siap pakai dengan mutu sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu jenis beton readymix adalah beton readymix dengan mutu K-125. Di sini akan kita bahas mengenai pengertian jenis beton readymix K-125 secara lengkap.

Beton Readymix K-125

Pengolahan beton jenis readymix berbeda dengan pembuatan beton cor yang biasa dilakukan oleh para pekerja bangunan biasa. Hal yang membedakannya adalah pada takaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau selera. Proses pembuatan campuran beton readymix dilakukan oleh para ahli khusus di bidang mixing. Hal ini bertujuan untuk dapat menghasilkan mutu beton dengan kualitas yang tinggi.

Dalam hal ini, terdapat istilah mix design yang artinya proses pembuatan adonan bermutu tinggi. Dalam pembuatan beton dibutuhkan campuran berbagai jenis material yang antara lain pasir, kerikil, semen, air serta admixture (zat tambahan).

Alasan Penggunaan Beton Readymix

Dengan menggunakan produk beton readymix, maka mutu beton lebih terjaga. Hal ini dikarenakan terdapat pengawasan ketat pada proses pencampuran bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti split, pasir, screening dan lain sebagainya. Selain itu, juga lebih terjaminnya volume beton sesuai dengan yang diharapkan. Dalam proses ini ditimbang dengan menggunakan alat-alat canggih yang dilengkapi adanya komputer.

Pengertian Jenis Beton Readymix K-125

Readymix K-125 adalah beton kelas I yang digunakan dalam proses pembetonan pekerjaan struktur secara umum. Akan tetapi, meskipun mutu beton jenis ini digunakan dalam pekerjaan non struktural, dibutuhkan adanya keahlian khusus dalam proses pembuatannya. Mutu K-125 mempunyai arti kuat tekan beton setelah umur 28 hari dari proses pengecoran yang mencapai 125 kg per cm2 (centimeter persegi). Pada umumnya jenis beton mutu K125 diaplikasikan pada pembetonan jalan, lantai kerja, teras rumah dan lain sebagainya.

Pada intinya beton dengan mutu K-125 ini biasanya digunakan pada dasaran lantai bangunan sebelum dilapisi dengan beton jenis struktural. Arti non struktural pada beton mutu K-125 berhubungan dengan kegunaannya. Jenis beton dengan sifat non struktural tidak digunakan dalam pengecoran yang mengandung unsur struktural. Sebagai contoh adalah unsur struktural pada besi. Dengan kata lain beton jenis K-125 tidak dipergunakan dalam pengecoran konstruksi berat yang membutuhkan adanya penulangan secara khusus.

Komposisi beton Jenis K-125

Dalam pembuatan beton jenis K-125, komposisi yang digunakan antara lain semen, pasir, kerikil, air, fly as, dan W/C ratio. Yang kesemua bahan komposisi tersebut telah disesuaikan dengan standar SNI. Komposisi dalam pembuatan beton K-125 dapat berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan dalam pengerjaan bangunan. Di dalam komposisi tersebut, maka ditentukan perbandingan volume material campuran beton K-125 yang antara lain pasir :3, semen: 1, air: 0,778, dan kerikil: 3,699.

Fungsi Beton Jenis K-125

Beton jenis K-125 merupakan jenis material bangunan yang memiliki daya tahan yang tergolong rendah dari tekanan beban yang ada. Hal ini dikarenakan dalam pembuatannya tidak diperuntukkan pada konstruksi yang mengandung pembesian.

Oleh karena itu, beton jenis K-125 pada umumnya digunakan ada proses pelapisan lantai dasar bangunan tanpa adanya pembesian. Karena memiliki sifat yang non struktural, konstruksi jalan atau lantai yang menggunakan beton jenis K-125 tidak dapat menahan beban dengan tekanan yang sangat berat. Beton jenis ini mampu menahan beban maksimal 125 kg. Daya tahan tersebut dimiliki pada saat melewati masa satu bulan dari masa pengecoran.

Dilihat dari kualitasnya, beton jenis K-125 memang tergolong jenis beton dengan kualitas rendah. Akan tetapi, bukan berarti jenis beton ini tidak memiliki fungsi atau manfaat yang berarti. Selama dalam penggunaannya dilakukan dalam proses pengerjaan pembangunan yang tepat, maka beton jenis K-125 akan memberikan manfaat serta fungsi secara maksimal. Jenis beton K-125 dapat diandalkan dalam kebutuhan konstruksi bangunan anda.

Arti Mutu Readymix K-125

Setelah mengetahui pengertian jenis beton readymix K-125, maka anda perlu mengetahui arti mutu readymix K-125 adalah pada huruf K menunjukkan karakteristik atau dengan kata lain kualitas beton. Sedangkan pada angka 125 adalah menunjukkan kekuatan tekanan beban pada beton yakni sebesar 125 kg per m2 pada umur beton 28 hari dengan menggunakan kubus beton yang mempunyai ukuran 15x15x15 cm. hal ini mengacu pada Peraturan Beton Bertulang Indonesia yakni pada PBI 1971 N.1-2.

Mutu beton ready mix K 125 mempunyai kesamaan denga fc 10.38 mpa yakni kekuatan tekan minimum ialah 10.38 MPa pada umur beton 28 hari setelah proses pengecoran dengan menggunakan silinder beton berdiamter 15 cm, tinggi 30 cm. Hal ini mengacu pada standar SNI 03-28847-1252 yang merujuk pada American Concrete Institute / ACI.

Keuntungan Menggunakan Beton Jenis Readymix

Terdapat beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh dengan menggunakan beton jenis readymix dibandingkan dengan beton konvensional antara lain

Sistem Pengerjaan Efisien

Waktu yang diperlukan dalam pengolahan lebih efisien serta cepat. Hal ini dikarenakan dalam proses pengolahannya tidak menggunakan tenaga manusia, akan tetapi menggunakan tenaga mesin. Selain itu juga lama pengecoran dapat di sesuaikan sehingga dapat memperoleh hasil yang baik dan berkualitas.

Waktu Pengecoran Lebih Cepat

Dalam proses pengecoran dengan menggunakan beton cor readymix jauh lebih cepat dibandingkan dengan pengecoran dengan menggunakan beton cor konvensional. Pada saat menuangkan beton cor menggunakan pompa beton, hal ini membuat proses pengecoran pada bangunan yang tinggi pun akan lebih mudah dilakukan.

Mutu Beton Lebih Terjaga

Dengan adanya proses komposisi material yang lebih diperhitungkan serta pengolahan yang sangat baik dan hati-hati, maka akan membuat mutu serta kualitas beton cor readymix menjadi lebih terjaga. Dalam hal ini berarti proses pengerjaan dalam pembuatan beton telah disesuaikan dengan mutu yang banyak orang inginkan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas pada proses pembuatan hingga siap dituangkan selanjutnya pada proses pengecoran.

Hasil beton Cor Berkualitas Tinggi

Beton cor readymix mempunyai hasil yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan beton cor konvensional. Hal ini dikarenakan beberapa hal penting seperti pemilihan bahan, hingga jenis dan mutu beton yang diharapkan oleh para pembeli telah disesuaikan dengan standar SNI sehingga tidak diragukan lagi mengenai mutu yang dihasilkan.

Pembelian Mudah

Dalam proses pembelian anda tinggal memilih salah satu beton yang dibutuhkan sebagai contoh beton readymix K 125. yang selanjutnya material beton akan dipersiapkan sesuai dengan mutu beton yang dipilih yang kemudian akan di olah.

Harga Pembelian Skala Besar Lebih Murah

Salah satu kelebihan penggunaan beton cor readymix adalah harga pembelian dengan skala besar menjadi lebih murah, akan tetapi hal ini tidak tidak akan mengurangi kualitas beton cor readymix.

Dengan mengetahui pengertian jenis beton readymix K-125, maka anda dapat dengan mudah menentukan pilihan jenis beton mutu sesuai dengan karakteristik serta kualitas beton jenis ini. Sehingga pemanfaatannya dapat disesuaikan dengan jenis dan kebutuhannya. Mengenai harga sewaktu-waktu dapat berubah yang disesuaikan dengan harga bahan baku, harga bahan bakar serta kebijakan moneter.

Baca juga : Harga Ready Mix | Harga Beton Cor Siap Pakai Per M3