Pengertian Jenis Beton Readymix K-175 | Keunggulan Beton Readymix K-175

Daftar Isi [Tampilkan]

Bagi anda yang telah lama berkecimpung di dalam dunia teknik sipil, mungkin anda tidak akan asing lagi jika mendengar istilah beton, plat, tulangan, atau jenis lainnya. Beton merupakan salah satu bahan bangunan yang terdiri dari bahan campuran agregat dan juga semen. Penggunaan adonan atau campuran beton ini telah melewati berbagai macam proses pengadukan yang akan dijadikan sebagai kebutuhan konstruksi. Berbagai kebutuhan beton inilah yang menjadikan banyaknya jenis beton readymix, salah satunya adalah jenis beton readymix K-175.

Readymix merupakan beton yang diproduksi di batching plant, yang telah didesain secara khusus dengan menggunakan bahan campuran sedemikian kuat sesuai dengan takaran yang akan digunakan. Biasanya jenis beton ini akan ditemui di tempat khusus pembuatan beton readymix. Akan tetapi, sebelum menggunakan jenis beton readymix K-175 untuk proyek konstruksi anda, akan jauh lebih baik jika anda mengetahui lebih dalam mengenai mutu dan juga informasi harga dari beton readymix.

Pengertian Jenis Beton Readymix K-175

Beton merupakan sebuah bahan olahan untuk proyek konstruksi yang biasa digunakan untuk kepentingan pembangunan. Beton ini terbuat dari berbagai macam jenis komponen pendukung lainnya. Seperti semen, gravel, air, dan juga zat additive sebagai bahan tambahannya. Beton readymix ini biasanya diolah oleh batching plant terlebih dahulu sebelum nantinya akan dikirim dengan menggunakan bantuan truck mixer.

Sedangkan untuk jenis beton readymix K-175 merupakan beton yang mengindikasikan untuk kelas D atau untuk proyek konstruksi bangunan kelas ringan atau konstruksi non struktural. Untuk dapat mengecek karakteristik dari beton ini dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah alat pengecekan khusus beton. Jika dibandingkan secara sekilas, jenis beton readymix dan beton biasa sangat jauh berbeda.

Beton jenis ini telah di-blend secara khusus dengan berbagai macam rangkaian bahan material yang telah diformulasikan secara khusus. Pengerjaan beton cor juga hanya biasa dikerjakan atau dilakukan oleh para pekerja bangunan. Kerap kali dalam pembuatannya juga memberikan takaran yang hanya sesuai selera tanpa melakukan pertimbangan atau penghitungan yang tepat.

Hal ini yang membedakan beton tidak dapat dipastikan dengan baik. Sementara untuk jenis beton readymix K-175 ini dilakukan oleh para ahli khusus di bidang mixing. Perlakuan secara khusus ini nantinya akan mampu menghasilkan beton yang terjamin mutu dan juga berkualitas sangat baik. Saking profesionalnya, para pembuat adonan beton ini memiliki sebutan khusus yaitu mix design.

Pekerjaannya adalah membuat adonan dengan kualitas mutu yang tinggi, merancang, dan juga sebagai formulator serta penentu beton bagaimana yang akan dibuat. Dalam proses pencampuran material beton ini juga terdiri dari berbagai macam bahan dasar. Seperti semen, kerikil, dan juga ditambahkan dengan zat khusus atau admixture.

Karakteristik Mutu Beton

Mutu beton merupakan klasifikasi kegunaan beton itu sendiri yang terdiri atas beberapa macam karakteristik sekaligus menyatakan luas bidang dari permukaan. Kelas dan juga mutu beton dimulai dari jenis K-100 hingga K-500. K yaitu singkatan dari kekuatan tekanan dari beton per cm dan angka 100 hingga 500 memiliki arti kg. Seperti contoh beton jenis K-175 artinya mutu beton yang memiliki kekuatan tekanan 175kg/cm.

Mutu beton ini digolongkan ke dalam 3 kelas mutu. 3 kelas mutu tersebut merupakan jenis beton kelas I, jenis beton kelas II, dan juga jenis beton kelas III. Untuk jenis beton readymix K-175 ini sendiri tergolong ke dalam golongan kelas I. Karakteristik pembagian mutu beton ini digunakan sesuai dengan pengerjaan struktur.

Baca juga: Kegunaan Beton Precast Box Culvert | Berbagai Keunggulan Box Culvert

Umumnya beton jenis ini digunakan untuk proyek pembangunan ringan seperti jalan, pondasi, lantai, ataupun proyek konstruksi non struktural yang lainnya. Beton readymix ini biasa diangkut menuju ke sebuah proyek pembangunan ataupun sebuah proyek pembangunan rumah yang akan membangun rumah 2 lantai.

Biasanya untuk pembangunan sejenis ini digunakan jenis beton dengan kelas II. Dengan demikian, nantinya rumah ataupun bangunan yang anda bangun akan semakin kuat dan juga lebih kokoh. Sebenarnya semua jenis beton readymix memiliki karakteristik yang setara.

Baca juga: Definisi, Jenis, dan Keunggulan Beton Pracetak

Namun semua itu juga tergantung dari kualitas pasir serta penggunaan jenis koral yang dicampurkan. Jenis beton kelas I K-175 ini umumnya hanya akan digunakan untuk pekerjaan yang ringan saja, penerapannya juga jauh berbeda dengan mutu readymix jenis lainnya.

Penggunaan Beton Readymix K-175

Beton readymix ini dapat digunakan antara lain pada beton jenis struktural, beton non struktural, dan juga beton pratekan atau prategang.

Beton Non Struktural

Jenis beton non struktural merupakan sebuah pengerjaan beton yang tidak mengandung secara langsung unsur struktural seperti besi sebagai bahan untuk penulangan cor beton. Beton non struktural ini juga disebut dengan beton dengan kualifikasi kelas I.

Beton Struktural

Jenis beton struktural merupakan beton yang mengandung unsur penulangan besi dalam adukan atau campuran corannya. Beton jenis struktural ini juga meliputi pekerjaan pembesian dan pengerjaan pengecoran beton. Mutu beton struktural sendiri disebut dengan beton kelas II.

Beton Prategang

Beton Prategang merupakan perpaduan antara jenis beton dan juga baja. Sedangkan beton merupakan materi yang memiliki daya atau kekuatan tekan yang sangat tinggi, akan tetapi kekuatan tarikan yang dihasilkan rendah. Selain itu, baja juga memiliki kekuatan tarik yang sangat tinggi. Dengan kombinasi antara kekuatan beton dan juga kekuatan baja, maka nantinya akan dapat menghasilkan struktur yang sangat kuat terhadap tekanan beban dan gaya tarik. Mutu beton ini juga disebut dengan beton kelas III.

Pembagian Mutu Beton

Beton memiliki beberapa pembagian mutu yaitu sebagai berikut.

Mutu Tinggi

Mutu beton tinggi ini setara dengan K-400 hingga K-800. Umumnya beton ini digunakan untuk jenis beton prategang seperti penggunaan tiang pancang, gelagar beton prategang, pelat beton, dan lain sebagainya.

Mutu Sedang

Beton ini umumnya digunakan untuk pembuatan beton bertulang seperti pelat lantai dan juga pelat lantai jembatan, gelagar beton bertulag, diafragma, gorong-gorong beton bertulang, dan berbagai macam jenis yang lainnya.

Mutu Rendah

Mutu beton ini setara dengan jenis beton readymix K-175. Umumnya jenis beton yang satu ini akan digunakan untuk struktur beton tanpa tulangan. Seperti beton siklop, trotoar dan juga pasangan batu kosong yang telah diisi adukan atau pasangan batu.

Keunggulan Beton Readymix K-175

Kualitas yang sangat baik akan anda dapatkan ketika anda menggunakan jenis beton readymix K-175 ini. Mengapa demikian? Karena alat dan juga bahan yang digunakan untuk membuat beton jenis ini merupakan alat yang canggih dan modern.

Proses yang dilakukan juga sangat cepat, mulai dari mencampurkan semen hingga proses pencampuran atau dehidrasi. Mengenai harga yang dibanderol oleh beton jenis ini juga sangat terjangkau. Harga dari jenis beton readymix K-175 ini tentu sangat terjangkau untuk membantu tahapan konstruksi bangunan anda agar dapat terpenuhi dengan baik.

Pencarian yang sering dicari: