Pengertian Jenis Beton Readymix K-200

Daftar Isi [Tampilkan]

Di dalam dunia konstruksi bangunan, pengertian beton readymix K-200 merupakan jenis salah satu bahan baku bangunan yang terbuat dari campuran pasir, kerikil, agregat serta air yang dicampur dengan semen, selanjutnya dipanaskan hingga mengering. Beton cor memiliki jenis mutu yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan campuran bahan-bahan yang digunakan. Mutu beton juga yang membedakan kekuatan beton itu sendiri. Mutu beton dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Dalam pembangunan jalan, gedung bertingkat atau rumah dibutuhkan mutu beton yang berbeda-beda. Salah satu jenis beton yang sering digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan berskala kecil adalah beton jenis K-200. Sebagai contoh adalah pembangunan pagar beton atau pondasi rumah atau bangunan, maka anda perlu mengetahui pengertian jenis beton K-200 secara terperinci.

Pengertian Jenis Beton Readymix K-200

Mutu beton readymix tipe K-200 artinya merupakan beton yang dapat menerima beban berat maksimal hingga 200 kg setiap per meter kubiknya. Jenis beton readymix K-200 pada umumnya digunakan dalam proses konstruksi bangunan non struktural.

Pengertian Mutu Beton K-200

Pada jenis beton K-200 merupakan mutu beton cor cair yang mana pada huruf K adalah singkatan dari “karakteristik” serta angka 200 merupakan angka yang menunjukkan tekanan beton sebesar 200 kg per m2 setelah berumur 28 hari dari waktu penyelesaian proses pengecoran.

Readymix K-200 merupakan istilah beton cair atau beton cor yang telah siap pakai atau siap digunakan. Untuk mengangkut jenis beton readymix K-200 pada umumnya menggunakan truck mixer yang memiliki kapasitas maksimal hingga 7 m3 yang memiliki mutu sesuai dengan pesanan konsumen.

Bagi anda yang memiliki proyek dengan jenis non struktural atau pengecoran yang tanpa menggunakan tulangan besi secara khusus dalam pratekan, maka jenis beton dengan mutu K-200 merupakan pilihan yang tepat bagi anda. Pada umumnya penggunaan beton mutu K-200 dapat digunakan pada pengerjaan lantai, pembuatan dak serta pada pengecoran dinding.

Campuran Bahan Baku Beton Readymix Mutu K-200

Bahan baku utama dalam pembuatan beton mutu K-200 antara lain pasir, semen, split atau kerikil serta air. Namun dalam proses pembuatannya terdapat takaran tertentu sehingga dapat menghasilkan beton yang dapat menahan beban berat maksimal sampai 200 kg.

Perbandingan bahan baku dalam pembuatan jenis beton readymix mutu K-200 yakni terdiri dari campuran komposisi semen : 352 kg, split atau kerikil : 1.031 kg, pasir : 731 kg, air: 215 liter, serta W/C ratio:0,61.

Keempat bahan baku tersebut selanjutnya dicampur serta diaduk secara merata yang kemudian dipindahkan ke dalam cetakan yang telah disiapkan. Proses selanjutnya setelah adonan dimasukkan ke dalam cetakan lalu dipanaskan hingga mengering.

Kelebihan Penggunaan Beton Mutu K 200

Dalam penggunaan jenis beton mutu K-200 dalam pilihan bahan bangunan pada jenis pekerjaan non struktural, anda akan memperoleh beberapa kelebihan yang antara lain:

Lebih Hemat

Dalam pembangunan konstruksi non struktural, penggunaan bahan beton dengan mutu K-200 terbukti lebih murah dibandingkan dengan penggunaan bahan bangunan jenis batu bata. Meskipun dari segi harga, beton K-200 lebih mahal dibandingkan dengan batu bata.

Sesuai dengan Penggunaan

Jenis beton mutu K-200 sangat sesuai digunakan pada beberapa pekerjaan non struktural seperti pada pembuatan konstruksi bangunan pagar sampai pada konstruksi bangunan pondasi tembok rumah. Hal ini disebabkan beton jenis K-200 hanya mampu menahan beban berat maksimal sampai 200 kg. Oleh karena itu, jenis beton mutu K-200 banyak dipilih oleh masyarakat dalam pembangunan bangunan dengan skala kecil.

Pengganti Batu Bata

Jenis beton mutu K-200 dapat dijadikan sebagai bahan bangunan pengganti batu bata. Kita ketahui penggunaan batu bata di Indonesia cukup diandalkan. Karena batu bata merupakan salah satu bahan baku utama pembangunan konstruksi bangunan seperti pada rumah.

Akan tetapi, beton yang harus anda sediakan justru lebih sedikit atau lebih hemat dibandingkan dengan batu bata. Hal ini dikarenakan ukuran beton K-200 lebih panjang serta lebih lebar dibandingkan dengan ukuran batu bata. Dari sini dapat kita simpulkan dalam penyediaan bahan beton K-200 lebih hemat 2x lipat dibandingkan penyediaan bahan batu bata. 

Komposisi Readymix Beton K-200

Terdapat dua kelas campuran komposisi readymix beton K-200 diantaranya adalah:

Campuran Fly Ash

Fly ash disebut juga dengan abu terbang atau abu bara yakni salah satu residu yang dihasilkan oleh proses pembakaran yang terdiri dari partikel-partikel halus. Fly ash dapat mengandung kadar air yang tinggi yang berasal dari kontaminan dari bottom ash serta pencampuran fly ash.

Pada umumnya standar fly ash pada beton cor atau readymix concrete sebagian besar di batching plant di Indonesia sebesar 15%, maka jenis beton readymix K-200 adalah campuran bahan baku beton yang disertai atau dicampur dengan fly ash atau abu terbang atau batu bara.

Non Fly Ash

Atau bisa disebut dengan tanpa adanya flay ash. Jadi beton readymix K-200 non fly ash adalah jenis beton mutu K-200 yang tanpa dicampur dengan material fly ash.

Harga Jenis Beton Readymix K-200

Harga yang ditawarkan terhadap jenis beton readymix K-200 tergantung dari armada yang dipergunakan dalam mengangkut jenis beton tersebut. Terdapat dua pilihan pengiriman jenis beton mutu K-200 yakni dengan menggunakan truk standar serta menggunakan truk setengah dari truk molen pada umumnya atau biasa disebut dengan beton minimix.

Baca juga : Harga Ready Mix | Harga Beton Cor Siap Pakai Per M3

Harga jenis beton mutu K-200 dapat berubah sewaktu-waktu. Harganya disesuaikan atau mengikuti kebijakan harga material atau bahan baku beton yang terdapat di pasaran.

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Pemesanan Beton

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemesanan beton antara lain:

Mutu Beton

Mutu beton merupakan faktor penting dalam proses memesan beton readymix. Dengan mengetahui kekuatan tekan yang diperlukan dapat memudahkan anda dalam mengetahui karakter dari jenis beton mutu tersebut.

Jumlah Kubikasi

Luas lokasi atau media proyek pengecoran yang anda lakukan harus dihitung secara tepat dan cermat.

Budget

Dalam memesan jenis beton mutu, anda juga harus memperhatikan budget yang merupakan salah satu faktor penting.

Lokasi Pengecoran

Lokasi dimana anda melakukan proyek pengecoran merupakan hal penting. Hal ini dikarenakan tidak semua layanan penggunaan beton readymix dapat dipenuhi meskipun terdapat alternatif lain.

Jenis beton readymix K-200 merupakan produk yang paling sering dipesan oleh para konsumen. Hal ini dikarenakan mutu readymix beton K-200 khusus digunakan dalam pengecoran pada proyek dengan struktur bangunan ringan seperti jalan gang yang hanya dilalui kendaraan bermotor serta manusia yang mempunyai fungsi sebagai pelapis lantai kerja dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui pengertian jenis beton readymix K-200, maka anda dapat mengetahui mutu yang terdapat pada jenis beton tersebut, sehingga anda dapat memanfaatkannya secara tepat. Jenis beton K-200 pada umumnya dapat diaplikasikan pada proyek pengecoran dengan jenis konstruksi bangunan yang tidak mempunyai konstruksi pembesian secara sistematis atau biasa disebut dengan non struktural. Dengan menggunakan jenis beton ini, maka bangunan yang anda buat dijamin lebih kokoh serta dapat menghemat biaya serta waktu yang lebih efisien.