Pengertian Jenis Beton Readymix K-350 | Spesifikasi Beton Readymix K-350

Daftar Isi [Tampilkan]

Dalam sebuah konstruksi tentunya ada beberapa istilah dan material yang perlu diketahui. Beberapa diantaranya memiliki jenis, fungsi, dan kategori yang berbeda-beda. Mulai dari peralatan yang digunakan hingga beberapa material yang memang dibutuhkan dalam sebuah konstruksi. Salah satu agregat atau bahan bangunan yang identik dengan sebuah konstruksi adalah beton. Tentunya hampir semua orang mengetahui apa itu beton. Apalagi untuk orang-orang yang memang sudah bekerja di bidang konstruksi atau teknik sipil. Istilah beton tentunya bukanlah pengertian yang begitu asing. Apalagi untuk istilah beton readymix K-350.

Baca juga: Contoh Menghitung Kebutuhan Cor Beton

Kebutuhan konstruksi tentunya selalu melibatkan penggunaan beton. Seperti yang diketahui bahwa kini pekerjaan konstruksi sudah semakin meningkat. Hal ini juga membuat beberapa permintaan akan beton semakin meningkat pula. Penggunaan beton ini memang sangat penting. Untuk itu, anda perlu mengetahui berbagai jenis beton yang biasa digunakan pada konstruksi. Sebab, jenis beton tidak hanya satu saja, melainkan ada berbagai jenis beton yang bisa digunakan.

Apa Pengertian Jenis Beton Readymix K-350?

Sebuah bahan olahan yang digunakan untuk proyek konstruksi merupakan pengertian dari bahan bangunan bernama beton. Istilah ini memang sudah tidak asing lagi, namun masih banyak orang yang belum mengetahui pengertian dari beton itu sendiri. Bahkan banyak orang yang kurang mengetahui berbagai jenis beton readymix. Kecuali untuk beberapa orang yang memang sudah ahli dalam hal konstruksi.

Berbicara mengenai beton, hal yang perlu diketahui adalah berbagai macam jenis beton itu sendiri. Hal ini dikarenakan beton memiliki bahan yang berbeda-beda, kemudian kualitas atau mutunya pun berbeda-beda. Seperti salah satu jenis beton yang satu ini yaitu beton readymix K-350. Jenis beton yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi para kontraktor. Jenis beton ini masuk dalam kategori konstruksi struktural.

Baca juga: Kualitas Struktur Bangunan | Fondasi Yang Kuat

Lalu apa pengertian dari beton yang bermutu readymix K-350? Istilah ini tidak hanya sekedar nama atau merk saja. Melainkan istilah ini juga digunakan untuk mengartikan sebuah kualitas atau mutu dari jenis beton itu sendiri. Seperti readymix K-350 yang memiliki arti tersendiri. Awalan K pada jenis beton tersebut ternyata memiliki sebuah arti yaitu Karakteristik. Sebab, ada beberapa beton yang memiliki jenis selain K yaitu B dan juga FC. Selanjutnya adalah angka 350 yang juga memiliki sebuah arti.

Angka pada beton readymix K-350 ini memiliki sebuah arti yaitu kekuatan tekanan beban pada beton. Lebih jelasnya adalah beton tersebut mampu menahan beban hingga 350 kg per m2. Setiap istilah tentunya memiliki arti yang berbeda-beda. Termasuk istilah angka dan awalan pada jenis beton yang digunakan pada sebuah konstruksi. Sedangkan istilah readymix ini juga memiliki arti tersendiri. Artinya adalah sebuah beton yang diproses atau diproduksi dengan cara batching plant.

Baca juga: Definisi Pabrik Beton atau Baching Plant | Jenis-Jenis Plant

Beton readymix juga telah didesain khusus untuk digunakan pada beberapa konstruksi saja. Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa beton readymix ini bisa digunakan untuk berbagai jenis konstruksi. Namun sesuai dengan jenis dan mutu dari beton tersebut.

Spesifikasi Beton Readymix K-350

Sebelum memilih atau menggunakan beton readymix, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah spesifikasi mutu dari beton yang akan dipilih. Untuk itu, penting untuk diketahui bahwa mutu dari beton tersebut mempengaruhi pembangunan sebuah konstruksi.

Beton readymix K-350 merupakan salah satu beton cor yang masuk dalam kategori kelas II. Spesifikasinya adalah lebih dikenal dengan kelas menengah ke atas. Sehingga penggunaan jenis beton yang satu ini berbeda dengan jenis beton yang ada di bawahnya atau di atasnya. Beton yang satu ini biasa digunakan untuk membuat ruko, rukan, atau sebuah hunian. Ketinggian yang bisa dicapai adalah tiga hingga lima lantai.

Mengapa kategori beton ini ditujukan untuk pembangunan ruko dan sejenisnya? Sebab, dengan menggunakan beton ini pengecoran akan lebih mudah. Penggunaan concrete pump yang lebih praktis juga akan mempermudah proses pembangunan daripada pengecoran manual. Tidak hanya itu saja, beton dengan mutu K-350 juga digunakan untuk dasar pondasi seperti jalan komplek, jembatan, jalan tol, dan tentunya masih banyak lagi.

Baca juga: Harga Sewa Pompa Beton Murah | Jasa Penyewaan Pompa Beton Terbaik

Campuran Beton Readymix K-350

Mutu dan kualitas dari sebuah beton dipengaruhi oleh beberapa hal ,salah satunya adalah agregat atau campuran yang digunakan. Seperti yang diketahui bahwa beton cor memiliki campuran atau agregat yang berbeda dengan material lainnya. Sebelumnya anda perlu mengetahui berbagai jenis agregat yang digunakan. Diantaranya adalah agregat halus dan juga agregat kasar.

Baca juga: Fungsi Obat Pengeras Beton

Pada jenis beton readymix K-350 tentunya menggunakan agregat kasar. Mengapa menggunakan agregat kasar? Sebab, agregat kasar akan berpengaruh pada ketahanan konstruksi. Beton readymix dengan mutu K-350 juga memiliki campuran agregat halus. Fungsinya adalah untuk mengisi celah atau rongga yang masih terbuka pada agregat kasar. Campuran pada beton readymix juga memiliki sebuah perekat. Fungsinya adalah untuk merekatkan antara air dan juga semen. Sehingga berfungsi untuk memperkuat beton cor yang dibuat.

Berbicara mengenai bahan campuran, komposisi yang digunakan pada sebuah beton tentunya berbeda-beda. Proporsinya juga berbeda-beda sesuai dengan bahan pembuatnya. Jika bahan yang digunakan tidak sesuai proporsi, maka beton yang digunakan juga tidak akan kuat atau kualitasnya menurun.

Perawatan Beton Readymix K350

Seperti yang diketahui bahwa beton digunakan dalam sebuah konstruksi. Beton cor sendiri bisa dikatakan mudah untuk dalam hal pemrosesan. Asalkan bahan dan agregat materialnya sesuai dengan ketentuan. Bahan yang digunakan harus berkualitas agar beton yang dihasilkan juga berkualitas. Jika proses pembuatannya dikatakan mudah, lalu bagaimana dengan perawatannya?

Perawatan beton readymix K350 tentunya bermula dari kualitas bahan yang digunakan.  Jika kualitas yang digunakan tidak baik, maka akan berpengaruh pada kualitas betonnya. Langkah pertama yang bisa dilakukan pada beton yang akan digunakan adalah jangan menambahkan air. Sebab, penambahan air saat percampuran agregat dapat mempengaruhi penurunan mutu. Selain itu, ada beberapa kerusakan yang biasa terjadi pada beton cor adalah retak halus.

Baca juga: Berbagai Permasalahan Pekerjaan Beton di Lapangan

Retak halus tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara. Salah satunya dengan perataan kembali menggunakan alat yang telah disediakan. Alat tersebut memang khusus digunakan untuk meratakan beton cor. Selain meratakan kembali, perawatan yang bisa dilakukan adalah memperhatikan komposisi dari material yang digunakan. Agregat yang tidak seimbang akan memicu terjadinya retak halus pada beton readymix tersebut.

Kemudian perawatan lainnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan cara curring. Tujuannya adalah menutup permukaan beton agar tidak langsung terpapar oleh sinar matahari secara langsung. Beton yang terpapar langsung oleh sinar matahari bisa langsung menguap. Hal tersebut akan membuat beton tidak kuat dan mudah retak. Untuk itu, curring ini bisa dilakukan selama 3 sampai 4 hari.

Berbicara mengenai harga, jenis beton readymix K350 memiliki harga yang terjangkau. Lebih tepatnya harga yang ditawarkan memiliki kesesuaian dengan jenis yang dimiliki. Beton dengan mutu yang satu ini sangat direkomendasikan untuk konstruksi ruko dan sejenisnya.

Pencarian yang sering dicari: