Pengertian Jenis Beton Readymix K-400

Daftar Isi [Tampilkan]

Apakah anda sudah tahu tentang pengertian jenis beton readymix K-400? Bila belum, maka akan kita bahas dalam ulasan berikut ini. Beton cor dengan mutu K-400 memang menjadi pilihan tepat di dalam membangun bangunan yang kokoh dan kuat. Beton cor menjadi sebuah bagian penting di dalam konstruksi agar bisa menghasilkan bangunan yang unggul dan bisa sesuai standar yang telah dilakukan.

Pengertian beton cor sendiri merupakan salah satu jenis bahan bangunan dan hanya digunakan untuk bangunan tertentu saja. Tidak semua bangunan memakai jenis beton cor. Tetapi bila dipakai untuk membuat bangunan berupa gedung yang kokoh dan kuat, maka penggunaan beton cor sangat diperlukan.

Spesifikasi dan Pengertian Jenis Beton Readymix K-400

Beton ready mix K-400 adalah salah satu mutu beton yang sering dipakai di dalam proses pengecoran. Seperti konstruksi pergudangan, konstruksi perkantoran, konstruksi tower, konstruksi perumahan, apartemen, jalan, mall, jembatan, serta bangunan bertingkat lain. Di dalam perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju, beton menjadi bagian penting di dalam perkembangan dunia konstruksi. Diantaranya adalah kegunaan dari mutu beton yang salah satunya merupakan beton K-400.

Pengertian jenis beton readymix K-400 merupakan jenis beton pratekan. Yakni digunakan untuk kepentingan konstruksi yang mempunyai penulangan secara khusus. Jenis beton ini sudah dikenal mempunyai kekuatan serta kualitas yang baik. Di dalam membangun konstruksi bangunan bertingkat maupun bangunan besar. Pemanfaatan jenis beton readymix K-400 yakni agar kualitas bangunan yang dibuat bisa sesuai dengan standar yang ditentukan.

Seperti yang kita tahu, beton sendiri tersedia dalam berbagai macam jenis. Agar bisa membedakan setiap jenis beton tersebut, maka digunakanlah kode nama yang diberikan seperti beton K-400. Huruf K mempunyai arti kualitas atau karakter beton. Sementara angka 400 maksudnya kekuatan yang dimiliki beton tersebut bisa menanggung beban tekanan hingga 400 kg/meter persegi.

Kekuatan serta kualitas mutu beton readymix K-400 bisa diuji dengan serangkaian tes sesudah 28 hari dari waktu pengecoran berlangsung. Ketika beton sudah mengering, maka uji kekuatan ini bisa dilakukan. Sementara untuk mengukur beton yang diperlukan di dalam membuat konstruksi bangunan. Anda bisa menghitungnya dengan cara menggunakan rumus panjang x lebar x ketebalan yang dimiliki beton yang akan dibuat.

Kualitas dan Penggunaan Beton

Setelah mengetahui seperti apa pengertian jenis beton readymix K-400, selanjutnya kita akan bahas mengenai seperti apa kualitas dan juga penggunaan beton ini. Di dalam dunia konstruksi, beton readymix K-400 menjadi salah satu beton yang punya kualitas terbaik. Beton jenis 1 ini mempunyai standar lebih tinggi dan memiliki rasio agregat yang dinilai jauh lebih baik bila dibandingkan beton dengan berbagai kualitas lain. Di dalam proses pembuatan beton readymix dengan mutu K-400, bahan agregat kasar yang dipakai mempunyai porsi lebih banyak bila dibandingkan bahan agregat halus.

Dengan menerapkan komposisi campuran yang seperti itu, bisa membuat beton K-400 mempunyai kekuatan serta ketahanan yang baik. Dengan demikian, tidak mudah retak. Beton ini bisa bertahan dengan waktu yang cukup lama. Sehingga anda tidak repot untuk mengganti atau merenovasi bangunan yang sudah anda buat dengan beton cor mutu K-400.

Sementara itu, penggunaan beton readymix K-400 sering dipakai di dalam berbagai macam kebutuhan konstruksi pada bangunan. Umumnya beton readymix jenis yang satu ini dipakai untuk pengecoran tiang atau sloof. Beton yang memiliki mutu K-400 cocok sekali dipakai di dalam pembangunan berbagai macam jenis bangunan. Seperti mall, apartemen, jembatan, gedung sekolah, jalan serta berbagai konstruksi bangunan lain.

Komposisi Campuran Material Beton K-400

Selain mengetahui pengertian jenis beton readymix K-400, alangkah lebih baiknya bila anda juga mengetahui seperti apa komposisi dari beton cor siap pakai yang satu ini. Berikut ini kami sampaikan campuran material atau komposisi beton readymix K-400 untuk proses pengecoran. Berdasarkan dari komposisi material adukan beton di dalam setiap 1 m3 nya.

Tidak seperti beton dengan kualitas menengah ke bawah. Komposisi serta takaran beton dengan mutu K-400 harus dilakukan dengan menggunakan batching plant. Batching plant adalah tempat dimana dilakukannya proses penakaran semua bahan material sampai berlangsungnya proses pengadukan beton. Pemanfaatan batching plant dimaksudkan supaya beton yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus dan hasil sempurna.

Adapun berbagai komposisi yang digunakan untuk membuat beton readymix mutu K-400 ini diantaranya adalah:

  • pasir 654 kg
  • semen 446 kg
  • split atau kerikil 990 kg
  • air 215 l
  • dan W/C ratio 0,46.

W/C Ratio disini adalah rasio semen dan juga air atau tingkat kekentalan di dalam 1 kubik beton dengan mutu K-400.

Harga Terbaru Beton Mutu K-400

Disamping pengertian jenis beton readymix K-400, anda juga bisa mengetahui berapa harga dari beton readymix K-400 ini. Harga yang ditawarkan adalah harga beton per m3.  Pertama untuk beton readymix K-400 dengan mobil besar dengan slump 12 ± 2 cm dijual dengan kisaran harga Rp1.000.000 per m3. Sementara untuk readymix K-400 screening mobil besar dengan slump 12 ± 2 cm harga jualnya sekitar Rp1.050.000.

Selanjutnya untuk beton ready mix K-400 mobil kecil masih dengan slump 12 ± 2 cm harga jualnya sekitar Rp1.400.000. Sedangkan beton ready mix K-400 screening mobil kecil slump 12 ± 2 cm seharga Rp1.450.000 per meter kubik. Sebenarnya beton cor itu mempunyai harga yang berbeda-beda. Harga tersebut ditentukan dari segi kualitas antara beton yang satu dengan beton lainnya. Jika kualitas beton cor semakin bagus, pastinya harganya juga lebih mahal.

Selain itu, harga beton cor ready mix K-400 juga ditentukan dari beberapa faktor. Mulai dari jarak pengiriman beton cor jauh atau dekat. Selain itu, pemesanan apakah menggunakan mobil besar atau mobil kecil. Sebab, ketika anda melakukan pemesanan dalam jumlah besar harganya akan lebih murah. Tetapi bila anda memesan beton ready mix dengan mobil kecil atau pesanannya lebih sedikit, maka harganya akan lebih mahal.

Cara Mendapatkan Beton Cor Berkualitas

Ketika anda ingin memesan beton readymix mutu K-400 untuk pengecoran caranya sangat mudah. Sebaiknya anda konfirmasi pemesanan satu sampai tiga hari sebelum pelaksanaan pengecoran. Sebelum pekerjaan dilakukan, maka akan disurvei terlebih dahulu. Harga yang ditawarkan oleh penyedia beton readymix sudah termasuk PPN 10%. Pihak pembeli harus bertanggung jawab terhadap tersedianya jalan yang layak, keamanan dan pastikan bisa dilalui oleh truk mixer sampai ke lokasi proyek.

Setelah anda mengetahui seperti apa pengertian jenis beton readymix K-400 lengkap dengan spesifikasi, kualitas, penggunaan, serta harganya, maka sekarang anda bisa memanfaatkan beton readymix dengan mutu K-400 ini untuk pengecoran bangunan yang akan anda lakukan. Pastikan anda selalu memesan beton cor readymix kepada penyedia beton readymix yang sudah terbukti kualitas dan mutunya. Jangan sampai anda tergiur dengan harga yang murah, namun memberikan kualitas yang rendah. Pastikan bahwa kualitas adalah nomor satu yang harus anda perhatikan dalam memilih beton readymix.