Harga Beton Jayamix di JABODETABEK Per Meter Persegi

Daftar Isi [Tampilkan]

Hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia menganggap beton ready mix sebagai beton Jayamix. Sedangkan pada kenyataannya beton Jayamix merupakan salah satu dari sekian banyak merk beton ready mix yang terdapat di Indonesia. Di Indonesia sangat banyak perusahaan yang menyediakan produk beton ready mix dengan peredaran yang sangat luas. Dengan banyaknya produk beton ready mix yang sangat beragam, namun pada sebagian besar Indonesia lebih banyak mengenal dengan sebutan beton Jayamix. Harga beton Jayamix di JABODETABEK terbilang terjangkau.

Beton cor Jayamix sekarang menjadi salah satu material bangunan yang cukup populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan produk tersebut diakui telah memiliki kualitas yang cukup tinggi dibandingkan dengan adukan beton secara manual.

Mengetahui Harga Beton Jayamix di JABODETABEK

Saat ini wilayah Jabodetabek telah mengalami perkembangan pembangunan yang sangat pesat. Hal ini memberikan dampak positif bagi para perusahaan yang berkembang dalam penyediaan bahan bangunan konstruksi. Salah satunya adalah perusahaan penyedia beton Jayamix yang merupakan salah satu bahan penting dalam penunjang pembangunan di Indonesia terutama di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

Pengertian Beton Jayamix

Beton Jayamix merupakan material bangunan yang terbuat dari komposisi semen, pasir, batu spilt, air, serta bahan admixture lainnya yang diolah pada suatu pabrik atau biasa disebut dengan batching plant. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui harga beton Jayamix di Jabodetabek.

Sebenarnya Jayamix merupakan salah satu nama merk beton ternama di Indonesia yang diproduksi oleh PT SCG Ready Mix Indonesia. Dikarenakan memiliki nama yang cukup populer, maka oleh masyarakat lebih dikenal dengan nama beton untuk mengerjakan pengecoran. Padahal pada kenyataannya saat ini telah banyak perusahaan yang memproduksi beton cor yang tersebar di berbagai kota-kota besar di Indonesia.

Harga Beton Jayamix di JABODETABEK

Sampai saat ini Jayamix telah dipercaya oleh banyak pihak sebagai penyedia beton pertama yang siap untuk dipergunakan di Indonesia terutama wilayah JABODETABEK. Dalam pembangunan infrastruktur telah menggunakan beton Jayamix sebagai bahan utama konstruksi bangunan. Selain mempunyai kualitas yang sangat bagus, harga beton Jayamix di JABODETABEK ini cukup terjangkau. Hal ini merupakan salah satu alasan beton jayamix sangat mudah menguasai pasar beton. Harga beton Jayamix di JABODETABEK sangat sesuai dengan kualitas yang diberikan sehingga banyak masyarakat yang lebih memilih produk beton Jayamix.

Mengenai Mutu Beton Jayamix di JABODETABEK

Produk Jayamix menyediakan berbagai jenis beton yang telah mempunyai mutu yang sangat beragam. pada masing-masing mutu memiliki karakteristik yang cukup berbeda. Hal ini dikarenakan pada beton Jayamix menggunakan rasio serta bahan yang berbeda. Pada beton Jayamix memiliki mutu yang terbagi menjadi tiga kelompok yakni struktural, non struktural, dan ekstra struktural.

Ciri-Ciri Mutu Beton Jayamix

Berikut ini ciri-ciri dari mutu beton Jayamix yang perlu anda ketahui antara lain:

1. Mutu Non Struktural

Jenis beton dengan memiliki mutu struktural adalah jenis beton yang memiliki mutu paling rendah. Beton non struktural dapat digunakan pada jenis bangunan yang tidak untuk menerima beban bangunan secara vertikal. Beton dengan jenis mutu ini mempunyai fungsi sebagai penguat saja.

Beban non struktural dapat anda temui pada balok kanopi, balok lintel, kolom praktis, ring balok dan jenis bangunan lainnya. Selain itu beton struktural dapat digunakan pada pengecoran lantai rumah atau garasi. Terdapat banyak jenis beton non struktural yakni KB0 hingga K200. Pada setiap mutu beton menerapkan standar mutu seperti SNI yang merupakan ketentuan umum standar mutu di Indonesia bahkan di luar negeri.

Jenis Beton Jayamix Non Struktural

Beton Jayamix dengan mutu non struktural terdiri dari beberapa jenis antara lain:

Beton Mutu KB0

Merupakan jenis beton dengan mutu terendah. Beton Mutu KB0 merupakan salah satu jenis beton Jayamix non struktural yang tidak mengandung pembesian pada media yang akan dicor. Beton dengan mutu ini dapat diterapkan pada pengecoran dinding atau alas lantai. Mutu KB0 termasuk ke dalam klasifikasi beton kelas I. Jenis beton kelas I pada umumnya hanya dipergunakan dalam proses bangunan yang tidak terlalu besar. KB0 digunakan secara spesifik yakni dalam pembuatan serta pengecoran lantai, atau dinding bangunan yang tidak bertingkat.

Bagi Anda yang sedang mencari informasi jasa kontraktor rumah di jakarta, Lihat halaman: Jasa Pembuatan & Renovasi Rumah di Jakarta

Hal ini disebabkan beton KB0 tidak mempunyai campuran khusus struktural sama sekali. Oleh karena itu, beton jenis ini tidak memiliki ketahanan yang tinggi terhadap beban tarik. Namun beton KB0 dapat menahan beban tekan yang cukup sehingga sangat aman digunakan pada lantai.

Perl anda ketahui beton KB0 terdiri dari beton Fly Ash serta Non Fly Ash yang dikelompokkan berdasarkan campurannya. Beton Fly Ash adalah beton dengan mutu KB0 yang telah dicampur dengan campuran khusus sehingga memiliki jumlah semen yang lebih sedikit. Sedangkan Beton KB0 Non Fly Ash merupakan beton KB0 yang tidak memiliki campuran khusus.

Karena memiliki klasifikasi yang rendah, maka harga yang ditentukan pada jenis beton KB0 tidak terlalu mahal. Selain itu, anda harus mengetahui volume kebutuhan anda mengenai beton KB0 sebelum melakukan pembelian.

Beton Mutu K150

Adalah campuran beton yang dapat digunakan untuk kepentingan pengecoran lantai atau dinding tanpa terdapat penulangan secara khusus. Oleh karena itu, jenis beton ini sangat sesuai dalam proses pembangunan kelas ringan. Dalam standar pembangunan nasional beton mutu K150 terbukti dapat menahan beban hingga 12,2 Mpa atau dalam satuan sederhananya setiap cm beton ini mampu menahan 1.500 kg berat beban yang terdapat di atasnya.

Dalam pembuatan beton K150 dilakukan dengan menggunakan rumus dari standar pembangunan di Indonesia, oleh karena itu sangat terjamin kekuatan serta kualitasnya untuk proses pembangunan konstruksi jenis apapun.

Beton Mutu K175

Adalah salah satu jenis beton yang mengindikasikan untuk kelas D atau untuk konstruksi bangunan proyek ringan. Seperti dalam pengecoran dalam skala ringan atau kecil. Beton Mutu K175 adalah salah satu jenis beton standar pembangunan yang terdapat di Indonesia, pada umumnya jenis beton mutu ini digunakan pada pembangunan konstruksi pondasi bangunan. Mutu K175 telah terbukti mampu menahan beban sebanyak 14,5 Mpa dengan kapasitas tersebut jenis beton ini dapat menahan beban bangunan bertingkat sekalipun.

Kelebihan Beton 175 diantaranya cocok digunakan dalam pembuatan konstruksi pondasi bangunan seperti pondasi bangunan rumah, jembatan, jalan raya dan lain sebagainya. Beton K75 sangat terjamin keamanannya, hal ini teruji secara teknis oleh bagan standarisasi pembangunan yang terdapat di Indonesia atau SNI yang termuat dalam SNI DT-91-0008-2017 mengenai tata cara perhitungan satuan dari Departemen Pekerjaan Umum.

Beton K175 juga telah terbukti dapat bertahan dalam segala kondisi seperti cuaca ekstrem, keadaan tanah yang tidak rata, atau adanya gempa. oleh karena itu beton K175 sesuai diterapkan pada bangunan permanen seperti rumah atau apartemen sekalipun.

Dengan kondisi geografis di Indonesia yang cukup beragam, dalam penggunaan beton K175 sangatlah tepat. Akan tetapi anda juga tetap harus memperhatikan iklim atau tanah yang terdapat di sekitarnya.

Hal ini bertujuan supaya beton yang dibangun dapat disesuaikan dengan bentuk dan teknik pembangunan yang tepat. Selain itu beton K175 dapat digunakan dalam berbagai bentuk teknik pembangunan. pada umumnya teknik pembangunan pondasi mempunyai berbagai jenis teknik antara lain beton bertulang, cakar ayam, jaring laba-laba dan yang lainnya. Beton K175 ini dapat diaplikasikan pada berbagai jenis teknik bangunan pondasi tersebut. Hal ini dapat mempermudah pembangunan konstruksi yang dikerjakan. Kelebihan lain dari penggunaan beton K175 yakni penggunaan yang fleksibel sehingga menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat dalam pengerjaan sebuah proyek bangunan.

Beton Mutu K200

Mutu K200 merupakan suatu konstruski beton yang mampu menerima beban tekan sebesar 200 Kg per m3. Beton jenis ini apabila dikonversikan pada ketetapan SNI yakni FC’16,3. Mutu K200 apat dipergunakan dalam proyek pembangunan jenis non struktural atau beton yang tidak membutuhkan penulangan besi secara khusus. Beton K200 adalah salah satu jenis beton dengan mutu terbaik sehingga anda tidak perlu khawatir dalam penggunaan jenis beton ini. Terdapat dua racikan beton dengan mutu K200 diantaranya racikan dengan tambahan abu terbang serta tanpa penggunaan abu terbang.

2. Struktural

Beton Struktural mempunyai kekuatan lebih besar dibandingkan dengan jenis beton non struktural. Jenis beton struktural mampu menahan beban vertikal sehingga dalam proses pembuatannya membutuhkan perhitungan tertentu.

Beton struktural biasa digunakan dalam pembuatan konstruksi pondasi, ring balok, kolom, plat lantai dan lain sebagainya pada bangunan bertingkat maupun bangunan biasa. Dalam penggunaan beton struktural terlebih dahulu harus memenuhi syarat yang telah ditentukan, seperti jumlah serta komposisi bahan, jumlah personil, dan yang lainnya. Di Indonesia telah menerapkan standar SNI, ASTM USA, ACI. Dalam penerapan standar ini bertujuan untuk memastikan bahwa beton yang digunakan dapat sesuai dengan tujuannya.

Jenis Beton Struktural

Beberapa jenis beton struktural yang dapat dipergunakan dalam proses konstruksi bangunan antara lain:

Beton Mutu K225

Beton mutu K225 adalah jenis beton yang mempunyai ciri pada kuat tekan beton dengan berat 225 kg/cm2. Berta tekan tersebut dapat dilihat dengan benda uji kubus dengan sisi 15 cm. Beton mutu K225 memiliki nilai Fc’19,3 Mpa sera w/c aspek rasio sebesar 0,58. Pada mutu beton K225 mempunyai peran dalam proses pembangunan struktural atau yang mengandung unsur pembesian. Beton jenis ini dapat dipergunakan pada media konstruksi yang mempunyai perencanaan pembangunan dua lantai.

Baca juga: Harga Beton Ready Mix Mutu K-225 | Cara Pemesanan Beton Ready Mix K-225

Beton Mutu K275

Dalam bangunan struktural salah satu pilihan tepat dengan menggunakan mutu K275 terdapat berbagai pilihan dengan ukuran standar atau menggunakan truk molen biasa serta truk mini atau beton minimix. Jenis beton dengan mutu K275 adalah proses pengecoran bangunan struktural pada bangunan yang memiliki penulangan atau pembesian seperti pada pembuatan bangunan bertingkat. Beton mutu K275 merupakan salah satu jenis beton yang biasa digunakan dalam proyek pembangunan. Jenis beton ini mampu menahan beban berat 275 kg/cm2 setelah beton kering serta berumur satu bulan dari waktu penyelesaian proses pengecoran.

Beton Mutu K300

Berdasarkan perkembangan yang telah terjadi di dalam dunia konstruksi, salah satu jenis mutu beton yang banyak diminati adalah jenis beton mutu K300 yang merupakan jenis beton yang pada umumnya biasa digunakan pada konstruksi struktural atau pada jenis bangunan yang mempunyai ragam rangkaian besi. Mutu K300 dapat menahan beban seberat 300 kg/cm2 setelah beton kering serta berumur satu bulan setelah proses pengecoran selesai. Jenis beton ini dapat pula diterapkan dalam pembuatan pagar panel.

Baca juga : Definisi, Jenis, dan Keunggulan Beton Pracetak

Beton Mutu K250

Beton mutu K250 mempunyai indikasi dari karakteristik beton yang mempunyai kuat tekan dengan minimum beban 250/cm2, hal ini dapat diketahui setelah beton berumur 28 hari. Indikasi ini dapat diketahui dengan menggunakan alat ukuran beton yang terbuat dari kubus beton yang memiliki ukuran 15x15x15 cm yang berdasarkan ketentuan PBI 71. Penggunaan ketentuan atau aturan mutu beton semakin berkembang yang saat ini menggunakan ketentuan dari SNI. Akan tetapi, secara mutu serta takaran tidak mengalami perubahan (sama) yang membedakan hanya pada istilah saja. Beton mutu K250 merupakan salah satu jenis beton struktural yang digunakan dalam kebutuhan pengecoran dengan konstruksi besi sebagai penulangannya.

3. Mutu Ekstra Struktural

Jenis beton dengan mutu ekstra struktural mempunyai kekuatan paling tinggi dibandingkan dengan jenis beton lainnya. Dengan memiliki kekuatan yang besar membuat beton mutu ekstra struktural sering digunakan dalam konstruksi jalan raya negara. Salah satu fungsi dari beton mutu ekstra struktural adalah dapat digunakan sebagai beton pracetak.

Jenis-Jenis Beton Mutu Ekstra struktural

Beberapa jenis beton mutu ekstra struktural antara lain:

Beton Mutu K 400

Jenis beton mutu K400 adalah salah satu jenis beton sustainable yang digunakan dalam proses pengecoran pra tekan. Dengan semakin tinggi mutu beton maka semakin tinggi pula dalam peruntukannya. Beton mutu K400 biasa digunakan dalam berbagai kebutuhan konstruksi bangunan. Pada umumnya jenis beton ini biasa digunakan dalam proses pengecoran slup atau pun tiang. Beton mutu K400 sesuai digunakan dalam proses pembangunan berbagai jenis bangunan seperti apartemen, gedung sekolah, jembatan, jalan, mall serta berbagai jenis konstruksi bangunan lainnya.

Untuk membedakan jenis-jenis beton digunakan berbagai macam kode nama yang diberikan. Pada beton K400, huruf K mempunyai arti karakter atau kualitas, sedangkan pada angka 400 mempunyai maksud kekuatan yang dimiliki oleh jenis beton tersebut yang dapat menahan beban tekanan hingga 400 kg/m2. Untuk mengukur beron yang dibutuhkan dalam pembuatan konstruksi bangunan, anda dapat menghitungnya terlebih dahulu dengan menggunakan rumus panjang x lebar x ketebalan yang dimiliki oleh beton yang akan anda buat.

Jenis beton K400 adalah salah satu jenis beton dengan kualitas yang sangat baik. Dengan memiliki standar yang lebih tinggi serta mempunyai rasio agregat yang jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan kualitas beton jenis lainnya. Pada proses pembuatan beton mutu K400 bahan agregat kasar yang digunakan memiliki porsi yang lebih banyak dibandingkan agregat halusnya. Dengan metode campuran tersebut, maka pada beton K400 mempunyai kekuatan serta ketahanan yang sangat baik sehingga tidak mudah mengalami keretakan. Beton jenis ini mampu bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Mutu K450

Mutu K450 merupakan salah satu jenis beton yang memiliki kualitas sangat bauk. Beton mutu K450 biasa digunakan dalam konstruksi khusus dengan harga yang ditawarkan sangat kompetitif dibandingkan dengan jenis beton lainnya. Pada beton K450 dapat menahan beban 450 kg/cm sehingga jenis beton ini termasuk dalam jenis beton dengan mutu yang sangat tinggi. Beton K450 biasa masuk dalam klasifikasi beton pra tekan atau beton pra tegang yang digunakan dalam beton struktural yang kokoh.

Jenis beton mutu K450 pada umumnya digunakan dalam proses konstruksi struktural serta jenis proyek besar. Olah karena itu pada setiap komposisi bahan-bahannya harus dilakukan secara tepat serta akurat. Berbeda dengan jenis beton lain, dalam jenis beton K450 dibutuhkan keahlian khusus yang melibatkan adanya peran dari laboratorium guna memastikan kuat tekan beton tersebut. Selain itu adanya peralatan yang lengkap serta ahli merupakan kebutuhan penting dan mendasar dalam konstruksi beton jenis ini.

Maka dalam pembuatan beton K450 diperlukan adanya perencanaan yang matang. Mengenai bahan yang digunakan dalam pembuatan beton K450 antara lain semen, agregat halus, agregat kasar serta air dan dapat pula diberi zat tambahan apabila diperlukan dalam kebutuhan konstruksi bangunan di lapangan.

Baca juga : Jasa Pembuatan Lapangan Olahraga Indoor & Outdoor

Beton Mutu K500

Merupakan jenis beton yang paling sering digunakan oleh para pengembang atau kontraktor yang digunakan pada proyek atau bangunan dengan skala besar seperti menara, waduk, tower dan lain sebagainya. Pemilihan jenis beton sangatlah penting dalam proses konstruksi bangunan sehingga dapat mempermudah pengerjaan menjadi lebih cepat dengan kualitas yang tepat dan terbaik.

Jenis beton mutu K500 biasa digunakan dalam bangunan dengan skala besar dengan kriteria yang kuat dan kokoh. Formula dari beton mutu K500 memiliki komposisi dimana agregat kasar lebih banyak dibandingkan dengan agregat halusnya. Beton jenis ini akan memberikan hasil yang kasar karena adanya komposisi bahan kasar lebih banyak.

Beton mutu K500 memiliki kekuatan yang dapat menahan beban hingga 500 kg, ketahanan tersebut dapat dibuktikan setelah beton berumur 28 hari dari proses pembuatan. Komposisi beton K500 terdiri dari semen, pasir, kerikil, air, fly ash serta w/c ratio. Selanjutnya jenis beton ini dibagi menjadi dua jenis yakni menggunakan fly ash serta tanpa adanya flay ash. Pada perbedaan dua jenis ini mempengaruhi terhadap harga yang berbeda pula.

Kelebihan Penggunaan Beton Jayamix

Dalam penggunaan beton Jayamix terdapat beberapa keunggulan yang dapat anda peroleh. Dengan adanya keunggulan-keunggulan yang dimiliki beton Jayamix menjadi daya tarik tersendiri dari jenis beton ini.

Beberapa keunggulan beton Jayamix antara lain:

Efisiensi Pembangunan

Beton Jayamix menghadirkan beton yang siap pakai sehingga dapat mempermudah proses serta membuat waktu pengerjaan menjadi lebih singkat. Dengan waktu pengerjaan yang relatif cepat dapat membuat kerja menjadi lebih efisien. Selain itu juga dari segi biaya yang dibutuhkan dapat ditekan atau dapat dialokasikan pada kebutuhan lainnya.

Tersedia dalam Berbagai Jenis

Karena kebutuhan akan beton dari setiap individu berbeda-beda tergantung pada infrastruktur yang akan dibangun. Oleh karena itu Jayamix menghadirkan banyak sekali jenis beton yang dapat dipilih oleh para pelanggan mulai dari yang terendah hingga yang paling tinggi. Para pelanggan perlu menyesuaikan kebutuhan beton dengan jenis konstruksi bangunan yang akan dibuat sehingga tidak salah dalam penyediaan beton yang diperlukan.

Mutu Beton Terjaga

Adanya pemilihan komposisi jumlah serta bahan yang digunakan dapat berpengaruh terhadap mutu yang dihasilkan. Oleh karena itu beton Jayamix selalu menjaga mutu beton yang diproduksi yang disesuaikan dengan kebutuhan dari para pelanggan. Hal ini dilakukan guna mengikuti standar mutu yang telah ditetapkan. Dengan adanya mutu beton yang selalu terjaga maka akan membuat infrastruktur menjadi lebih berkualitas serta tahan lama.

Penggunaan dan Pembelian Mudah

Beton Jayamix sangat mudah untuk digunakan, dengan diolah melalui pompa beton, proses pencetakan atau melalui proses penyemprotan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari setiap pelanggan.

Untuk mendapatkan beton Jayamix sangat mudah karena beton ini telah tersedia di berbagai penjuru kota. Para pelanggan dapat melakukan pemesanan pada setiap distributor resmi dari beton Jayamix. Selain itu para pelanggan dapat menentukan mutu beton yang akan dipergunakan pada distributor resmi tersebut. Dengan persiapan awal yang mudah serta cepat maka akan membuat proses selanjutnya menjadi lebih mudah.

Perawatan Mudah dan Sesuai Standar

Beton Jayamix tidak mudah aus serta tidak mudah terbakar. Oleh karena itu, sangat mudah dalam hal perawatannya. Selain itu beton Jayamix tahan terhadap adanya korosi atau pertumbuhan jamur atau lumut.

Beton Jayamix telah mengikuti standar yang ditentukan. Tidak hanya mengikut standar yang telah berlaku di Indonesia akan tetapi juga mengikuti standar dari luar negeri (SNI). Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas beton yang dihasilkan benar-benar memiliki standar yang baik.

Harga Skala Besar Murah

Harga beton Jayamix di JABODETABEK cukup terjangkau. Selain itu, apabila pembelian dalam skala besar maka harga beton menjadi lebih murah. Meskipun demikian tidak menurunkan kualitas beton yang akan diperoleh. Dengan adanya penentuan harga maka dapat menjadi pertimbangan pada saat melakukan pembelian beton Jayamix.

Mobil Truk Mixer Pengangkut Beton Jayamix

Beton Jayamix memiliki harga yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan jenis truk pengangkut beton tersebut. Beton Jayamix pada umumnya diangkut dengan menggunakan mobil truk mixer. Terdapat dua jenis mobil truk mixer pengangkut beton Jayamix diantaranya:

Mobil Molen Jayamix Truk Mixer Besar

Mobil truk mixer besar biasanya digunakan untuk mengangkut beton cor dari pabrik beton (batching plant) menuju lokasi pengecoran. Jenis mobil truk ini memiliki daya angkut 1 truk mobil molen Jayamix dalam satu kali jalan yakni sekitar 7 m3. Mobil molen mixer besar dapat mengangkut lebih banyak 4 m3 dari tipe truk mini. Namun mobil jenis ini memiliki beberapa kekurangan diantaranya tidak dapat mengakses jalan sempit dan menanjak.

Mobil Molen Jayamix Truk Mixer Kecil

Mobil molen truk mixer kecil atau biasa disebut dengan minimix ini mempunyai volume muat cor beton pada setiap kali jalan sekitar 3 m3. Jenis mobil truk ini lebih fleksibel dalam melewati berbagai jenis medan jalan baik jalan sempit atau menanjak. Kekurangan dari jenis mobil truk ini adalah memiliki harga yang lebih mahal.

Cara Menghitung Kebutuhan Harga Beton Jayamix di JABODETABEK Per Meter Persegi

Untuk menghitung kebutuhan biaya serta harga beton cor Jayamix pada dak lantai per meter persegi cukup mudah. Hanya dengan menghitung luas bangunan yang dikalikan dengan ketebalan dak lantai yang akan dicor. Selanjutnya untuk mengetahui harga serta biaya yang dibutuhkan, anda tinggal mengalikan hasil dengan harga satuan beton Jayamix per kubiknya.

Setelah mengetahui harga beton Jayamix di JABODETABEK serta beberapa keunggulan dari produk beton Jayamix, anda semakin tertarik untuk menggunakan produk tersebut sebagai bahan konstruksi bangunan anda. Produk tersebut dapat anda pesan di SakhaBeton.com yang merupakan salah satu supplier material konstruksi bangunan terpercaya dan berpengalaman. Oleh karena itu segala kebutuhan beton Jayamix anda dapat terpenuhi dengan baik terutama untuk wilayah JABODETABEK dan sekitarnya. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kontak WhatsApp +6282351801202 atas nama Bapak Irfan atau dapat mengunjungi website resmi kami di SakhaBaton.com