Pengertian Jenis Beton Readymix K-450

Daftar Isi [Tampilkan]

Beton merupakan salah satu material bangunan yang terbuat dari bahan campuran antara agregat dan juga semen yang digunakan sebagai bahan pengikat. Bentuk paling umum dari beton adalah beton semen portland, yang terdiri dari beberapa macam agregat mineral seperti kerikil, pasir, semen dan juga air. Pengertian beton sendiri merupakan salah satu konstruksi yang umumnya digunakan untuk kepentingan pembangunan atau proyek, salah satunya adalah jenis beton readymix K-450.

Jenis beton readymix K-450 ini tergolong mutu beton yang sangat baik. Jenis beton ini umumnya akan digunakan pada konstruksi bangunan yang lumayan tinggi. Antara lain seperti pembuatan beton precast, pembuatan jalan raya, pembuatan landasan pesawat, dan juga lain sebagainya. Beton jenis ini juga sering digunakan untuk pembuatan konstruksi rumah gedung dan bertingkat. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan beberapa hal penting mengenai beton readymix K-450 yang penting untuk anda ketahui.

Baca juga : Harga Beton Precast Terbaru 2023 | Solusi Saluran Drainase Berkualitas

Pengertian Jenis Beton Readymix K-450

Seperti yang telah kita ketahui bahwa readymix merupakan istilah dari beton cor atau beton cair yang siap digunakan. Dimana juga biasa diangkut dengan menggunakan sebuah truck mixer standar yang memiliki kapasitas maksimal hingga 7M3 untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan proyek-proyek menengah dan juga proyek-proyek besar. Sedangkan untuk jenis beton readymix K-450 sendiri merupakan mutu beton cor.

Beton cor cair dengan menggunakan huruf K merupakan singkatan dari karakteristik. Sementara angka 450 menunjukkan kekuatan dari tekanan beton sebesar 450 KG per meter persegi setelah memasuki usia 28 hari. Terdapat dua kelas campuran komposisi dari readymix beton K-45 ini, yaitu dengan menggunakan bahan campuran Fly Ash ( Abu terbang/ Abu batu bara ) dan juga tanpa Fly Ash ( Non Fly Ash )

Beton readymix K-450 ini juga merupakan produk readymix beton K-450 yang paling sering dipesan oleh para konsumen, karena memang mutu dari beton readymix K-450 ini dikhususkan untuk pengecoran pada proyek struktur bangunan yang vertikal atau high rise building.

Seperti bor pile, pondasi balok, ataupun untuk pembuatan kolom ada apartemen, jalan berat, jalan antar kota, jalan antar propinsi, jalan tol, precast, tiang pancang bendungan, dan lain sebagainya. Seiring perkembangan dari teknologi dan juga zaman, beton saat ini menjadi sebuah salah satu bagian terpenting pada dunia konstruksi, diantaranya kegunaan dari mutu beton alah satunya adalah beton jenis K-450.

Spesifikasi Beton Readymix K-450

Arti mutu beton readymix K-450 ini terdapat pada huruf K yang menunjukkan karakteristik atau kualitas dari beton. Dengan menggunakan kubus beton yang berukuran 15x15x15 cm, yang mengacu pada PBI 1971 N.1.2. Atau mengenai peraturan dari beton bertulang Indonesia, yang merujuk pada sebuah peraturan dari standar Eropa lama.

Mutu beton readymix K-450 setara dengan FC 37.35 mpa. Dimana menyatakan bahwa kekuatan tekanan minimum dari beton adalah 37.35 Mpa setelah beton memasuki usia 28 hari.

Dengan menggunakan silinder beton yang berdiameter 15 cm, tinggi 30 cm. Acuan pada standar SNI yang merujuk ke American Concrete Institute atau ACI. Dimana Mpa sendiri memiliki arti yaitu Mega Pascal. 1 MPa = 1 N/mm2 = 10 kg/cm2.

Pengenalan Mutu dan Kelas Beton K-450

Mutu beton merupakan sebuah pengklasifikasian untuk setiap jenis-jenis beton agar dapat digunakan pada pembangunan konstruksi tertentu agar dapat sesuai dengan sasaran. Dalam melakukan pengaplikasiannya juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan ketika membuat campuran bahan beton untuk setiap keperluannya.

Sedangkan untuk mutu beton sendiri jika digolongkan, memiliki tiga jenis kelas mutu, diantaranya adalah mutu beton kelas I, mutu beton kelas II, dan juga mutu beton kelas III. Untuk jenis beton readymix K-450 ini sendiri tergolong ke dalam jenis beton kelas III yang merupakan klasifikasi dari beton khusus untuk jenis proyek-proyek pembangunan besar.

Jika anda sering melihat sebuah beton readymix yang diangkut dengan menggunakan sebuah mobil truck mixer menuju ke sebuah proyek pembangunan yang tengah melakukan proyek pembangunan jalan raya, beton tersebut biasanya menggunakan cor beton dengan mutu K-450 hingga K-500.

Klasifikasi Beton Berdasarkan Mutu

Mutu beton berdasarkan karakteristik beton dalam sebuah praktek di lapangan umumnya dibagi kedalam 3 bagian yaitu sebagai berikut.

Beton Struktural

Beton struktural merupakan salah satu jenis beton yang mengandung unsur penulangan besi dalam setiap adukan cornya. Jenis beton struktural ini meliputi pekerjaan pembesian dan juga pekerjaan dari pengecoran beton. Sedangkan untuk jenis pengerjaan lainnya yang sering berhubungan dengan sebuah pengerjaan beton merupakan pengerjaan penyusunan suatu struktur baja. Ada juga beksting beton, finishing beton, pondasi beton, pasangan beton, dan juga jenis yang lainnya.

Beton Non Struktural

Untuk jenis beton non struktural sendiri merupakan pengecoran beton yang tidak mengandung secara langsung unsur struktural. Dimana antara lain jenis besi sebagai bahan dasar dari penulangan cor beton. Mutu beton non struktural atau sering disebut juga dengan jenis beton kelas I. Sebut saja jenis beton K-80, K-100, K-125, K-175, dan juga jenis K-200.

Beton Prategang

Beton prategang merupakan perpaduan antara beton baja. Dimana merupakan materi yang memiliki daya kekuatan tekan yang sangat tinggi, akan tetapi kekuatan dari tarikannya sangat rendah. Selain itu, baja memiliki kekuatan tarik yang sangat tinggi.

Berkat perpaduan antara kekuatan beton dan juga bajanya, maka akan menghasilkan struktur yang tentunya kuat akan terhadap beban tekan dan juga beban tarik. Salah satu mutu beton prategang ini adalah jenis beton readymix K-450.

Keunggulan Penggunaan Beton Readymix K-450

Beton merupakan salah satu bahan bangunan yang sangat penting dalam membangun sebuah bangunan gedung. Bahkan sebagian besar pembangunan gedung mengandalkan beton agar dapat berdiri kokoh dan juga tahan lama.

Penggunaan jenis beton readymix ini adalah memiliki kemudahan dalam mengatur sebuah komposisi bahan sehingga akan mendapat kualitas beton yang sesuai dengan yang diinginkan.

Selain kemudahan dalam hal produksi beton, penggunaan beton ini juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut.

Proses Produksi Jauh Lebih Mudah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, proses pembuatan dari beton readymix K-450 ini dilakukan dengan menggunakan proses concrete plant. Dengan bantuan mesin yang canggih dan juga tenaga profesional, maka pembuatan proses produksi dari beton cor ini menjadi jauh lebih mudah.

Kelebihan lain dari beton ini akan membuat anda menjadi semakin fokus dalam proses pengecoran. Sedangkan untuk proses produksi dari beton tersebut akan diserahkan kepada ahlinya dengan kualitas yang tentunya sesuai dengan keinginan anda.

Mutu Beton Lebih Terjaga

Jenis beton readymix K-450 ini memiliki mutu yang telah terjamin jika dibandingkan dengan jenis beton konvensional lainnya. Hal ini dikarenakan proses komposisi dari material yang dicampur serta proses pengolahannya menggunakan mesin yang sangat canggih. Dengan kata lain, proses pembuatan beton dengan mutu yang diinginkan terjaga sejak awal proses pembuatan hingga dituangkan pada area yang akan dicor.