Kenali Jenis dan Keunggulan Panel Sandwich Sebagai Alternatif Dinding Modern

Daftar Isi [Tampilkan]

Perkembangan inovasi bahan bangunan modern berpotensi melahirkan ide-ide baru untuk memenuhi tuntutan pekerjaan konstruksi secara lebih efisien dan ekonomis. Pertama, semakin banyaknya alternatif yang dapat digunakan kontraktor untuk  pekerjaan mural. Ada dinding bata cerah, dinding beton pracetak dan dinding panel sandwich.

Bata ringan dan beton pracetak mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, tetapi tidak seperti panel sandwich, banyak orang masih bertanya-tanya apa itu panel sandwich. Dalam beberapa dekade terakhir, panel sandwich lebih banyak digunakan dalam produksi rumah prefabrikasi. Penerapan material  ini semakin meluas seiring semakin banyak gedung dan perkantoran semi permanen yang menggunakannya. Panel sandwich sendiri merupakan material panel struktural  tiga lapis sebagai alternatif baffle.

Definisi Panel Sandwich

Sandwich panel adalah panel yang terdiri berdasarkan 3 lapis (layer), menggunakan lapisan tengah adalah lapisan material yang tebal menggunakan taraf kepadatan yang tinggi tetapi mempunyai kekuatan yang lebih rendah dibandingkan menggunakan ke 2 lapisan sandwich tersebut. misalnya sandwich junk food, 2 lapisan tipis yang masih ada pada struktur sandwich dianggap lapisan kulit/epilog, & lapisan tengah dianggap lapisan inti.

Beberapa media yang dipakai buat menciptakan panel sandwich merupakan:

  • inti busa
  • Sandwich sarang lebah
  • Sandwich Inti Web
  • Sandwich Inti Truss / Bergelombang

Kulit panel epilog panel sandwich terbuat berdasarkan zincalume atau pelat galvanis yang direkatkan ke ke 2 sisi lapisan isolasi. Oleh lantaran itu, tak jarang dianggap panel sandwich terisolasi. Ada beberapa jenis isolasi dalam panel sandwich, yaitu:

Expanded Polystyrene (EPS), menggunakan keunggulan sangat ringan & jua tahan panas. Ukuran ketebalan yang tersedia pada pasaran merupakan 40, 50, 75, 100, 125, 150, 175, 200 mm.

Polyurethane (PU), menggunakan kelebihan bahan PU ini merupakan mempunyai konduktivitas termal yang rendah & baik pada berhemat energi, dan bisa mencegah pengembunan. Ukuran ketebalan yang tersedia pada pasaran pada berukuran 50, 75, 100, 125, 150 mm.

Glasswool Panel, mempunyai ciri tahan barah & nir mengeluarkan gas beracun waktu terbakar. Umumnya tersedia pada ketebalan 50, 75, 100, 125 mm.

Jenis Sandwich Panel

Ada berbagai jenis panel sandwich yang biasa digunakan di bangunan prefabrikasi. Untuk memperpanjang umur bangunan prefabrikasi Anda dengan bahan bangunan berlapis ini, disarankan untuk memilih panel sandwich berkualitas tinggi. Ada dua jenis panel sandwich:

  1. Dinding Panel Sandwich Jenis bahan penutup pertama yang dapat digunakan dalam konstruksi rumah prefabrikasi adalah panel sandwich EPS untuk penutup dinding. Jenis Thermastyle Pro dengan lebar 950 mm dan ketebalan 50 hingga 100 mm paling sering digunakan.
  2. Atap Sandwich Panel Atap sandwich panel yang digunakan dalam pembangunan rumah prefabrikasi adalah ThermaDeck PRO tipe EPS dengan lebar 1.050 mm dan tebal 50.100 mm.

Jika ruang menggunakan dinding dan langit-langit panel sandwich, pintu dan jendela adalah bagian lain yang perlu dipertimbangkan. Pintu dan jendela harus menggunakan sistem pintu yang tertutup rapat untuk memindahkan bakteri masuk dan keluar, dan harus tahan api dan benturan, terutama jika ruangan tersebut adalah ruang operasi.

Kelebihan Sandwich Panel Petunjuk Penyimpanan Sandwich Panel

Dinding panel sandwich dipilih lantaran dinding panel sandwich mempunyai poly keunggulan, terutama dalam bangunan yang mempunyai sistem detachable misalnya hotel kapsul. Berikut beberapa keunggulan lain menurut produk panel sandwich:

Instalasi yang nisbi cepat & perawatan yang gampang

Umumnya buat menciptakan lapisan dinding atau atap membutuhkan saat yang usang & membutuhkan poly energi kerja. Namun, nir demikian halnya menggunakan penggunaan panel sandwich ini.

Penyerap panas & penyerap bunyi yang baik

Dengan lapisan Expanded Polystyrene (EPS), panel sandwich bisa meredam panas & bunyi.

Hemat tenaga

Penggunaan panel sandwich berlapis dinding ini bisa berhemat porto listrik. Selain panel dinding yang bisa memantulkan cahaya secara maksimal, penggunaan panel sandwich jua menciptakan suhu pada pada ruangan sebagai lebih sejuk. Penghuni kamar jua sanggup meminimalisir penggunaan pendingin ruangan (AC).

Lebih Hemat

Pemasangan sandwich panel yang nir membutuhkan poly energi kerja menciptakan proses pemasangan dinding lebih ekonomis menurut segi saat & energi.

Siap pasang tanpa finishing

Berbeda menggunakan pemasangan dinding memakai batu bata atau bata ringan yang membutuhkan plesteran lalu finishing menjadi finishing, pemasangan sandwich panel nir membutuhkan finishing.

Tahan Gempa

Keuntungan berdasarkan bangunan prefabrikasi yang memakai panel sandwich merupakan lebih fleksibel & kuat, sebagai akibatnya waktu terjadi gempa nir mengakibatkan kerusakan yang serius. Oleh lantaran itu, desain bangunan prefabrikasi ini sangat cocok buat wilayah rawan gempa, misalnya pada Indonesia.

Bahan Lebih Ringan

Ketebalan bahan ini hanya 75 milimeter. Selain itu, berat jenis panel sandwich jauh lebih ringan apabila dibandingkan menggunakan panel modular lainnya. Terutama panel pracetak modular yang terbuat berdasarkan beton. Dengan bobotnya yang ringan, panel sandwich ini bisa sebagai panel modular yang bisa menggunakan gampang dilepas & dipasang pada gedung konstruksi.

Dibuat spesifik

Produksi sandwich panel dilakukan secara modular tetapi fleksibel, lebar 1 m, panjang sanggup custom sampai 12 m sinkron kebutuhan proyek.

Sederhana

Untuk pemasangan panel sandwich ini nir membutuhkan poly bahan tambahan/pendukung misalnya semen, air, & pasir. Bahan bangunan prefabrikasi merupakan bahan rakitan pabrik, pada mana Anda hanya perlu merakitnya pada lokasi yang Anda inginkan.

Saat mengangkut panel sandwich berstruktur terbuka, yang terbaik adalah menutupi tumpukan panel sandwich calciboard dengan plastik. Memuat dan membongkar panel sandwich di area terlindung seperti: B. Dalam ruangan. Untuk menjaga kualitas panel sandwich, gunakan panel sandwich  sesuai urutan penerimaannya (first in, first out). Jaga agar panel sandwich tetap kering dan terlindung dari hujan. Proses penyimpanan Panel sandwich ditempatkan di atas valet untuk menghindari kontak langsung dengan lantai. Tumpuk panel sandwich hingga ketinggian 2m dan lindungi dengan kertas karton di antara  panel untuk mencegah goresan.

Saat meminta penawaran produk untuk panel sandwich, terutama partisi dinding dan langit-langit, biasanya ada beberapa data yang perlu Anda persiapkan. B. Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang memuat item pekerjaan dan jenis material yang dibutuhkan. Penggunaan desain ruangan dan bangunan, volume, denah, bagian, dan gambar detail pintu dan jendela. Oleh karena itu, hubungi arsitek, arsitek, atau insinyur sipil di kota Anda.

Kunjungi YouTubenya:
Pencarian yang sering dicari: