Mengenal Penggunaan Khusus Sandwich Panel dalam Konstruksi

Daftar Isi [Tampilkan]

Sandwich panel merupakan material lembaran dengan 3 lapisan berupa core, skin dan flat composite. Selain itu, penggunaannya memiliki banyak keunggulan dalam bidang konstruksi bangunan.

Sandwich panel merupakan salah satu bagian dari bahan lembaran precast yang terdiri dari tiga lapisan seperti bagian inti dan kedua sisinya dilapisi oleh papan. Inti terdiri dari beton diperpanjang dan agregat poliester.

Sedangkan lapisan lainnya memiliki beton berserat berupa fibercement yang memiliki ketebalan hingga 4 mm. Komposit sandwich terdiri dari komposit datar, inti dan kulit.

Core adalah core yang diimpor seperti PVC, PU dan lain-lain. Komposit bertujuan untuk bobot yang efisien dan optimal. Namun, dia memiliki kekakuan dan kekuatan yang tinggi.

Penggunaan Umum Sandwich Panel

Penggunaan komposit ini dapat digunakan sebagai penyangga lentur, beban impak dan peredam getaran dan suara. Selain itu, pembuatannya sengaja untuk menghasilkan struktur yang ringan namun memiliki kekuatan dan kekakuan yang tinggi.

Pemilihan material memiliki beberapa persyaratan antara lain ketahanan panas, bobot yang ringan dan harga yang harus diperhatikan. Penggunaan komposit sandwich dapat diterapkan baik untuk aplikasi struktural maupun non-struktural. Beberapa di antaranya adalah jenis kendaraan, truk, bus atau kereta api.

Konstruksi Sandwich Panel

Konstruksi sandwich adalah konstruksi yang terdiri dari lapisan yang diperoleh dengan menempelkan dua lapisan tipis pada inti. Lapisan tipis terbuat dari bahan yang kokoh dan kuat sebagai pembawa utama dalam konstruksi.

Selain itu, inti dibentuk dari bahan yang ringan dengan tujuan menyeimbangkan dua lapisan tipis dan menahan gaya geser. Penataan ini dapat membuat elemen konstruksi menjadi lebih kuat dan kaku.

Jika dibandingkan dengan berat badan. Bahan yang digunakan sebagai face-back digunakan dalam pembuatan sandwich panel. Beberapa di antaranya termasuk kayu lapis, papan asbes, kayu keras dan veneer tunggal.

Setiap bahan direkatkan menggunakan kertas dan logam yang diberi resin, papan dinding dan sebagainya. Sandwich panel memiliki kekakuan, stabilitas dan kekuatan yang dipengaruhi oleh karakteristik lapisan.

Material yang digunakan pada core layer antara lain material yang ringan dan kuat. Beberapa bahan tersebut antara lain karet, styrofoam, logam, kertas dan kayu balsa yang digunakan sebagai inti dalam konstruksi sandwich.

Keuntungan Sandwich Panel dalam Konstruksi Bangunan

Kelebihan sandwich panel di bidang konstruksi adalah harganya yang relatif murah dan memiliki banyak pilihan bahan sebagai lapisan pada bagian muka atau tengah. Aplikasi termasuk pintu, countertops, lantai kayu dan langit-langit.

Baca juga : Harga Pagar Panel Beton Precast | Tiang dan Dinding Pagar

Dari sudut pandang ekonomi, produksi massal sandwich panel menggunakan inti kertas dan resin sintetis sangat menarik bagi pasar luar negeri. Inti kertas dibuat menyerupai bahan seperti sarang lebah dengan bobot yang sangat ringan.

Sandwich panel yang digunakan sebagai pengganti dinding indoor dan outdoor memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihannya sebagai dinding adalah sebagai berikut:

Merangkai cepat

Pemasangan yang diperlukan untuk penempatan dinding dapat dilakukan sekitar 8 kali lebih cepat. Jika dibandingkan dengan sistem konvensional atau pasangan bata. Hal ini merupakan keuntungan bagi investor yang mampu mempercepat waktu pengembangan.

Lampu

Berat sandwich panel berasal dari fibercement di bagian luar sementara bagian dalamnya menampilkan campuran poliester yang diperluas. Hal ini dapat membuatnya lebih ringan dari beton bertulang pracetak dan bata ringan.

Baca juga : Harga Hebel Bata Ringan, Jenis, Spesifikasi, dan Kelebihannya

Ukuran dapat dicocokkan selama instalasi

Ukuran dapat dicocokkan selama instalasi. Meskipun, sandwich panel sudah memiliki ukuran sendiri dalam fabrikasi. Namun saat dipasang bisa digunakan sesuai ukuran yang dibutuhkan dengan cara memotongnya.

Resistansi isolasi

Panel dinding ini terbuat dari bahan insulasi EPS sehingga memiliki sifat penyerapan panas dan suara yang baik. Selain itu, sudah siap dipasang dan tidak memerlukan finishing lagi.

Tahan api

Penggunaan sandwich panel tahan api dengan melakukan uji situs brickwell ini. Ketahanan api panel ini memiliki rentang waktu kurang lebih 3 jam. Ketebalan dinding juga mencapai 90 mm.

Peredam yang bagus

Penggunaan sandwich memiliki keunggulan sebagai peredam suara atau peredam suara yang baik. Hal ini membuat panel dinding memanfaatkan EPS. Penggunaannya untuk pengisian inti dan memiliki insulasi suara yang baik.

Sedangkan kekurangan dari penggunaan produk sandwich panel antara lain mudah bocor saat dipasang di dinding luar. Hal ini disebabkan pelapisan sandwich panel oleh fibercement memiliki ekspansi dan penyusutan yang tinggi.

Sangat mudah untuk memiliki rambut pecah-pecah atau kapiler di persendian. Pada musim hujan mengembang sedangkan pada musim kemarau menyusut dan kemungkinan besar bocor.

Pencarian yang sering dicari: