Kegunaan Beton Precast Box Culvert | Berbagai Keunggulan Box Culvert

Daftar Isi [Tampilkan]

Box Culvert Beton Precast merupakan alternatif saluran selain pipa beton bundar yang digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi misalnya untuk kebutuhan gorong-gorong. Penggunaan Box Culvert dapat mengalirkan volume air bervolume tinggi atau untuk keperluan lainnya. Pada umumnya Box Culvert memiliki ruang yang lebih tinggi dan luas dibandingkan dengan penggunaan pipa beton bundar.

Box Culvert relatif lebih memiliki keunggulan karena lebih kuat serta pemasangan yang lebih mudah daripada bahan lainnya. Box Culvert biasanya dapat juga digunakan untuk drainase, terowongan, tempat penyimpanan, atau penanganan material. Box Culvert juga dapat berfungsi ganda sebagai jembatan yang dapat mengakomodasi lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki. Gorong-gorong lainnya relatif kecil.

Rancangan Box Culvert

Box Culvert tersedia dalam banyak ukuran. Pada Box Culvert standar bisa memiliki ukuran lebar 100 cm atau 120 cm, dengan panjang dan lebar bervariasi, mulai 40 cm, 50 cm, 60 cm, 80 cm, 100 cm, 120 cm, 150 cm, 160 cm, 180 cm, 200 cm, 300 cm, 400 cm, hingga 600 cm.

Banyak pabrik Box Culvert juga menyediakan ukuran custom yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan dan rencana proyek. Beberapa keunggulan Box Culvert baik standar maupun kostumisasidapat diimplementasikan pada:

1. Sambungan

Bagian kotak Precast memiliki titik lidah dan alur yang memungkinkan pengemasan senyawa majemuk damar wangi. Pemasangan dengan menggunakan baik dengan perekat khusus atau mortar dapat dilakukan dengan mudah pada produk Box Culvert ini karena titik lidah dan alur pada produk tersebut dapat memperkuat segel pengunci.

2. Proses Lining dan Coatings

Bisa digunakan tergantung pada kebutuhan proyek. Biasanya linings dan cotings dilakukan untuk memperpanjang masa penggunaan (lifespan).

3. Jembatan Tiga Sisi

Box Culvert dapat digunakan sebagai unit untuk membangun jembatan tiga sisi. Penggunaan Box Culvert pada konstruksi ini menawarkan integritas struktural tanpa berpotensi menganggu aliran sungai sehingga tetap alami dan ramah lingkungan. Jembatan yang menggunakan pemasangan Box Culvert sebagai unitnya tidak akan memberikan dampak pada saluran air dan ekosistem disekitarnya.

4. Headwalls

Box Culvert dapat diimplementasikan pada konstruksi headwall. Headwall merupakan konstruksi khusus pada outlet saluran tertutup dan ujung gorong-gorong yang dimaksudkan untuk melindungi dari longsor dan erosi. Penggunaan Box Culvert lebih dianjurkan karena dapat berfungsi sebagai dinding sayap dan menjadi outlet untuk sistem stormwater yang lebih besar.

5. Precast Pijakan

Pada produk Box Culvert biasanya terdapat kode tertentu yang menunjukkan komposisi yang akan memengaruhi Kode juga akan memengaruhi desain Box Culvert. Di Amerika Serikat, rancangan Box Culvert yang digunakan untuk jembatan misalnya harus memenuhi spesifikasi standar. Ini termasuk spesifikasi yang mendeskripsikan kekuatan beton tersebut. Box Culvert juga dapat dirancang untuk kebutuhan konstruksi yang lebih kompleks seperti untuk penyeberangan sungai atau underpass jalan raya.

Keunggulan Box Culvert

Konstruksi dapat dilakukan secara konvensional, misalnya membangun gorong-gorong bisa dilakukan dengan menuangkan beton di lokasi yang telah disiapkan, tetapi produk beton pracetak khususnya jenis Box Culvert menawarkan beberapa keunggulan. Berikut adalah beberapa keunggulan Box Culvert:

1. Kekuatan

Box Culvert dirancang untuk memenuhi atau melampaui kapasitas muat yang dibutuhkan. Oleh karenanya Precast diproduksi untuk mengakomodasi pejalan kaki, transportasi dan masih banyak banyak lagi.

2. Konsistensi

Precast yang dibuat oleh pabrik dengan system mekanik yang terkontrol sehingga memungkinkan dapat dilakukan pengasawan kualitas control yang ketat selama pengecoran atau pembuatan. Hal ini penting dilakukan karena untuk daerah dengan iklim yang dinamis dapat memberikan pengaruh terhadap kualitas precast sehingga pengawasan tetap dilakukan untuk menjaga konsistensi kualitas Precast.

3. Tepat dan Hemat Waktu

Produk precast dibuat lebih dahulu dan tersedia, sehingga saat tiba waktu instalasi tidak perlu menggu waktu yang lama dan tidak memerlukan banyak pekerja. Pemasangan atau instalasi precast (box culvert) hanya membutuhkan alat crane dan kru kerja kecil saja. Setelah ditempatkan, ditimbun, dan diservis, konstruksi lainnya dapat dimulai. Kemudahan pemasangan ini mengurangi biaya pemasangan.

4. Tidak Terkendala Air (Hujan)

Pembuatan secara manual pada konstrusi biasanya bisa tertunda karena hujan. Karena beton basah yang harus terlindungi dari hujan, tetapi dengan menggunakan Precast maka pemasangan atau instalasi Box Culvert tidak terhalang oleh kondisi hujan karena tetap selalu dapat dipasang dalam kondisi basah atau kering.

5. Hemat dan Ramah Lingkungan

Pemasangan gorong-gorong kotak pracetak membutuhkan lebih sedikit pekerja dan jam yang pada akhirnya menghemat biaya. Box Culvert atau produk recast lainnya relatif lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan.

Berbagai Keunggulan Box Culvert

1. Pembuatan Saluran Air

Box Culvert dapat menghilangkan penghalang di bawah air, memulihkan habitat ikan dan spesies penghuni air lainnya.

2. Pembuatan Jalan Kota

Desain multi-sel yang diimplementasikan dari penggunaan unit Box Culvert dapat menyediakan jalur yang aman di bawah jalan raya dan jalur hijau untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda.

3. Menyediakan Akses Bawah Tanah

Banyak pemerintah khususnya di perkotaan telah menggunakan Box Culvert untuk membuat jalur bawah tanah dari satu tempat ke tempat lain. Box Culvert juga menyediakan cara untuk memindahkan material di bawah jalan-jalan umum agar tidak menganggu lalu lintas transportasi.

4. Mengelola Saluran Air Hujan

Penggunaan Box Culvert dapat berfungsi sebagai penahan dan pengatur lalulintas aliran air. Area atau ruang pada Box Culvert dapat menahan aliran air dan mengalirkanya. Ini memungkinkan fasilitas pengolahan air lokal kemampuan untuk mengelola kelebihan dan mengalirkannya kembali.

5. Simulasi Keperluan Militer

Box Culvert banyak digunakan untuk mereplikasi lingkungan seperti gua atau di wilayah kontur. Biasanya banyak digunakan untuk keperluan dan pelatihan militer.

6. Membangun Jalur Industri

Kekuatan luar biasa Box Culvert juga dapat berfungsi sebagai saluran untuk kabel listrik, air panas, minyak, uap, atau bahkan udara.

Baca juga : Harga Box Culvert Terlengkap dan Termurah 2023

Pencarian yang sering dicari: