Harga Sumur Resapan Terbaru 2022 | Resapan Air Hujan dari Beton

Daftar Isi [Tampilkan]

Definisi Sumur Resapan Beton — Sumur resapan beton adalah sumur atau lubang pada permukaan tanah yang dibuat khusus untuk menampung air hujan agar dapat meresap ke dalam pori-pori tanah. Sumur resapan ini merupakan kebalikan dari sumur air minum. Sumur resapan merupakan lubang untuk memasukkan air ke dalam tanah, sedangkan sumur air minum berfungsi untuk menaikkan air tanah ke permukaan. Dengan demikian, konstruksi  kedalamannya berbeda. Sumur resapan digali dengan kedalaman di atas muka air tanah, sedangkan sumur air minum digali lebih dalam lagi atau di bawah muka air tanah.

Penerapan sumur resapan sangat dianjurkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa fungsi sumur resapan bagi kehidupan manusia adalah sebacial pengendali banjir, melindungi  memperbaiki (konservasi) air tanah, serta menekan laju erosi.

Sumur resapan dapat dikatakan sebagai suatu rekayasa teknik konservasi air, berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk sumur galian dengan kedalaman tertentu. Fungsi utama dari sumur resapan ini adalah sebagai tempat menampung air hujan  meresapkannya ke dalam tanah.

di sini kami menawarkan jenis beton untuk kebutuhan sumur resapan, sebagai supplier berbagai jenis beton untuk kebutuhan pembangunan, kami siap mensupply untuk berbagai daerah.

Sumur resapan beton merupakan salah satu teknik teknik konservasi air yang cukup efektif. Material yang dibutuhkan adalah beton berkualitas untuk memastikan konstruksi dapat awet  tahan lama. Beton adalah bahan bangunan komposit yang terbuat dari agregat, semen air.

Apa itu Sumur Resapan Beton?

Sumur resapan adalah bangunan yang dibuat menyerupai sumur gali yang bertujuan untuk menampung air hujan. Konstruksi ini banyak dijumpai di kawasan permukiman, perkantoran, pertokoan, hingga kawasan industri  fasilitas umum lainnya.

Baca juga: Berbagai Permasalahan Pekerjaan Beton di Lapangan

Dengan sumur jenis ini, dapat mengurangi limpasan  mencegah banjir. Selain itu, keberadaan sumur resapan dapat menjaga  meningkatkan muka air tanah. Selanjutnya, konstruksi ini dapat membantu mengurangi erosi hingga sedimentasi.

Persyaratan di Manufaktur

untuk membuat resapan ini dengan baik, ada ketentuan  persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Sumur ini dapat dibangun dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Sumur ini ditempatkan di tanah yang relatif datar
  • Air yang dikumpulkan oleh sumur resapan adalah air hujan yang tidak tercemar
  • Konstruksi harus mempertimbangkan keamanan bangunan di sekitarnya Konstruksi harus mematuhi peraturan setempat
  • Kedalaman air tanah minimum adalah 1,5 meter pada musim hujan

untuk pembuatan sumur resapan sendiri bisa diserahkan kepada penggali berpengalaman. Namun, perajin harus menguasai persyaratan teknis yang diperlukan.

Baca juga: Kegunaan Beton Precast Box Culvert | Berbagai Keunggulan Box Culvert

Beton sendiri berperan sebagai salah satu material yang digunakan dalam pembuatan sumur resapan. Beton yang digunakan adalah beton bus  pelat beton bertulang sebagai penutup. sedangkan dinding sumur di bagian atasnya bisa menggunakan batu bata merah.

Harga Sumur Resapan Terbaru 2022

Di bawah ini kami sampaikan berbagai daftar harga Sumur resapan beton, penyedia beton precast murah dan terlengkap. Sebagai perbandingan Harga dengan penyedia beton precast Sumur resapan lainnya. Informasi harga selengkapnya, simak selengkapnya berikut ini.

JENIS SUMUR RESAPANBERATHARGA
Biopori ∅ 1000 x 500 NR (Non Tulangan)451,00IDR 526.600
Biopori ∅ 1000 x 1000 NR (Non Tulangan)902,00IDR 1.052.600
Biopori ∅ 1000 x 1250 NR (Non Tulangan)1.163,00IDR 1.312.900
Biopori ∅ 1000 x 500 R (Bertulang)451,00IDR 659.350
Biopori ∅ 1000 x 1000 R (Bertulang)902,00IDR 1.317.650
Biopori ∅ 1000 x 1250 R (Bertulang)1.163,00IDR 1.634.000
Biopori ∅ 1500 x 500 R (Bertulang)368,00IDR 1.607.400
Porous ∅ 1000 x 500 R (Bertulang)1.281,60IDR 629.850
Porous ∅ 1000 x 1000 R (Bertulang)736,00IDR 1.260.650
Porous ∅ 1000 x 1250 R (Bertulang)949,00IDR 1.541.850
Porous ∅ 1000 x 500 NR (Non Tulangan)368,00IDR 493.050
Porous ∅ 1000 x 1000 NR (Non Tulangan)736,00IDR 983.250
Porous ∅ 1000 x 1250 NR (Non Tulangan)949,00IDR 1.208.400

Perencanaan Sumur Resapan Air Hujan dari Beton

Dalam membuat konstruksi sumur resapan air hujan di atas diperlukan langkah-langkah teknis yang harus dilakukan oleh tukang yang berpengalaman. Berikut ilustrasi langkah-langkah pembuatan sumur resapan agar memenuhi standar aman lingkungan:

  • Penentuan lahan untuk penempatan sumur bangunan ini dapat ditempatkan di sekitar pekarangan rumah dengan luas yang cukup yaitu minimal 1 sumur resapan.
  • Jarak dari bangunan ukur terlebih dahulu sumur resapan dengan bangunan sekitarnya. Hal ini untuk menjaga kualitas air yang disimpan.
  • Melakukan pengukuran air tanah jika ketinggian air kurang dari 2 meter, maka sumur resapan dapat dimulai.

Pertama menentukan jumlah permeabilitas tanah tekstur tanah memiliki pengaruh terhadap permeabilitasnya. Lakukan pengujian di lokasi pada kedalaman 2 hingga 3 meter. Jika nilai yang diperoleh > 2,0 cm/jam, maka rencana pembangunan sumur resapan air hujan dapat dilanjutkan.

Penentuan dimensi sumur untuk penentuan dimensi tersebut selanjutnya dapat didasarkan pada data koefisien limpasan air hujan di lokasi, data lapangan waduk, data curah hujan 5 tahun yang berguna untuk menghitung intensitas curah hujan.

Manfaat di Kawasan Perumahan Fasilitas Umum

Perlu Anda ketahui bahwa konsep dasar sumur resapan ini adalah memberikan kesempatan air hujan yang jatuh pada atap kedap air meresap ke dalam tanah. Caranya adalah dengan menampung air pada sistem resapan yang dibangun.

Cara ini memungkinkan untuk mengalirkan air hujan ke dalam sumur resapan yang dibuat di pekarangan atau pekarangan. Sumur ini merupakan sumur kosong dengan daya tampung air yang cukup besar sebelum air dapat meresap ke dalam tanah.

Baca juga: Manfaat Beton Cor Siap Pakai Bagi Pembangunan Konstruksi

Dengan sistem ini, air hujan dapat memiliki waktu yang cukup untuk meresap ke dalam tanah. ini akan membuat pengisian tanah lebih optimal. Berbagai manfaat  fungsi dari sumur resapan ini adalah:

  • Mengurangi banjir genangan dengan mengurangi limpasan
  • Mengurangi risiko erosi  sedimentasi
  • Membantu menjaga  bahkan meningkatkan level  volume air tanah dapat mengurangi intrusi air laut di daerah yang berbatasan dengan pantai
  • Dapat mencegah penurunan muka tanah akibat pengambilan air tanah yang berlebihan bagi kehidupan manusia

Dengan berbagai manfaat di atas, tidak heran jika pembangunan sumur resapan beton sangat dibutuhkan di berbagai daerah, termasuk di kawasan permukiman. untuk itu kebutuhan beton baik untuk beton buis sampai penutup dapat disiapkan terlebih dahulu.

Bahan ini diperlukan untuk membuat sumur resapan yang tahan lama  kokoh. Dapatkan beton untuk sumur resapan dari pemasok tepercaya yang mengantarkan pengiriman ke lokasi yang Anda inginkan.

Pencarian yang sering dicari: