Harga Beton Precast Terbaru 2023 | Solusi Saluran Drainase Berkualitas

Daftar Isi [Tampilkan]

Beton precast atau beton pracetak merupakan produk beton yang digunakan untuk kebutuhan konstruksi dan diproduksi khusus dengan cetakan press beton. Ukuran dari beton precast ini bisa  disesuaikan dan ditentukan berdasarkan dari kebutuhan aplikasi dalam sebuah proyek konstruksi.

Dengan demikian, bisa menghasilkan beton dengan kekuatan tinggi durable, workability dan sustainableHarga beton precast tentunya berbeda tergantung jenisnya.

Spesifikasi dan Harga Beton Precast

Beton pracetak atau konkret adalah serapan dari bahasa Inggris. Pemakaian beton precast tentunya bisa menghemat biaya dan bisa memproyeksikan pekerjaan konstruksi. Beton jenis ini dicetak dengan cara dibubuhi rangkaian besi sebagai penulangannya supaya konstruksi beton pracetak tangguh dan juga kuat.

Beton precast adalah material konstruksi dengan performa tinggi dan bisa memberikan manfaat yang signifikan. Dalam hal desain, kualitas, konstruksi, kekuatan dan juga keselamatan. Sebelum kita berlanjut membahas soal harga beton precast, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai spesifikasi dari beton precast ini.

Mengenal Beton Precast

Sekarang ini industri konstruksi memang telah berkembang. Bukan hanya menitikberatkan dari segi kestabilan struktur dan kekuatannya saja, tetapi juga memperhatikan segi kepraktisan, ekonomis dan bahkan ketepatan waktu. Penggunaan beton pracetak atau precast di dalam perencanaan struktur suatu gedung menjadi sebuah alternatif dalam mencapai hal tersebut.

Berbagai macam prinsip yang dipercaya bisa memberikan manfaat lebih dari beton precast. Diantaranya berkaitan dengan biaya, waktu, kualitas, keandalan, predictability, kesehatan, produktivitas, keselamatan, inovasi, koordinasi, lingkungan, reusability dan relatability.

Beton Precast Punya Banyak Keunggulan

Beton precast memiliki banyak keunggulan. Selain harga beton precast yang ekonomis karena lebih murah bila dibandingkan dengan material yang lain, kualitas dari beton precast juga terjamin. Beton precast lebih konsisten sebab diproduksi di pabrik menggunakan standar pengendalian mutu.

Dengan demikian, beton pracetak ini lebih tahan lama dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Anda bisa dengan cepat dan mudah dalam proses pemasangan beton precast ini. Proses produksinya juga bisa dilakukan dengan cara paralel dengan berbagai kegiatan konstruksi di lapangan dan tidak tergantung dari kondisi proyek tersebut.

Metode Alternatif Konstruksi Beton Precast

Penggunaan konstruksi beton precast ternyata memiliki beberapa metode alternatif. Diantaranya adalah menghilangkan atau mengurangi penggunaan perancah dan bekisting. Sebab, di dalam pelaksanaannya hal ini bisa menghabiskan biaya cukup besar. Baik dari segi tenaga kerja dan material yang dibutuhkan.

Mengurangi waktu pelaksanaan proyek konstruksi sejak berbagai macam elemen pracetak disiapkan. Sedangkan pekerjaan lain bersamaan dengan itu juga bisa terlaksana dengan baik. Lewat perencanaan tersebut diharapkan bisa menghasilkan bangunan yang dapat menekan biaya konstruksi dengan harga seminimal mungkin. Dengan demikian, bisa dihasilkan bangunan ekonomis yang sesuai tuntutan zaman.

Struktur sebuah bangunan adalah sarana yang bisa digunakan untuk menyalurkan beban yang diakibatkan dari penggunaan dan kehadiran bangunan diatas tanah. Struktur sendiri terdiri atas unsur atau elemen yang terintegrasi. Berfungsi menjadi satu kesatuan utuh yang bisa menyalurkan semua jenis beban yang diantisipasi ke tanah.

Oleh sebab itu, dibutuhkan beton pracetak atau beton precast yang berkualitas tinggi agar bisa menghasilkan struktur yang kokoh. Mengetahui harga beton precast terbaru bisa menjadikan anda lebih mudah dalam menyusun anggaran untuk pembangunan sebuah proyek. Dengan menggunakan beton precast yang memiliki harga ekonomis ini, tentunya pengeluaran biaya pembangunan bisa lebih hemat.

Karakteristik Beton Precast

Dulu para kontraktor menerapkan metode konvensional dalam membangun jembatan atau gedung. Semua proses pembuatan material konstruksi tersebut dilakukan langsung di lapangan. Dengan demikian, akan membutuhkan banyak waktu dan juga tenaga kerja. Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman yang semakin maju, cara konvensional sudah mulai ditinggalkan.

Seluruh proses pengerjaan menjadi begitu praktis. Sebab perusahaan semakin pandai dalam memproduksi bahan material. Saat ini para kontraktor juga lebih suka memakai beton precast yang dibuat dari pabrik. Sebab pekerjaan yang mudah, mutu dan kualitas yang dihasilkan juga terjamin. Selain itu, harga beton precast juga terjangkau sehingga lebih efisien.

Umumnya beton precast ini diterapkan dalam pembangunan proyek skala besar, misalnya pembangunan jembatan, gedung, jalan dan proyek lainnya. Di dalam proses pembuatan gedung, maka beton precast yang dibutuhkan di bagian kolom, balok, dinding dan juga lantai. Sementara untuk kebutuhan pembangunan jembatan, beton precast yang dibutuhkan umumnya berupa box culvert, tiang pancang, gorong-gorong beton dan lainnya.

Proses Produksi Beton Precast

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa produk yang bernama beton precast atau beton pracetak ini diproduksi langsung di pabrik. Oleh sebab itu, harga beton precast juga lebih terjangkau. Proses pembuatannya dengan membentuk bagian berupa semen, baja, agregat, air dan elemen lain sesuai kebutuhan cetak beton.

Bahkan ada berbagai produk beton precast yang bisa dibuat sesuai pesanan konsumen. Sebab kadang kondisi lokasi konstruksi punya karakteristik yang berlainan. Bukan hanya bentuk betonnya saja yang dapat dipesan secara custom, namun kualitas serta mutu beton juga bisa disesuaikan campurannya.

Dalam sistem produksi beton precast, material pembentuk haruslah diperhatikan pemilihannya dengan cermat. Bila kriteria campuran beton dilakukan tanpa aturan dan sembarangan, maka secara otomatis mutu beton yang dihasilkan tentu juga berkualitas rendah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan material beton. Apa saja itu?

  • Ketahanan beton pada kondisi mekanis
  • Ketahanan beton terhadap korosi
  • Finishing permukaan beton yang hasilnya sempurna.

Produksi beton precast yang baik bisa meningkatkan kerataan dari permukaan dan juga presisinya di dalam perakitan. Oleh sebab itu, beton yang diproduksi di dalam pabrik harus memperoleh quality control yang terjamin dan bersertifikat. Terlebih lagi, bila produk beton precast hendak diaplikasikan di dalam proyek yang berskala nasional, maka kualitas menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh pihak pabrik sebagai produsen.

Jika material beton sudah diproduksi dengan quality control yang ketat, beton yang sudah jadi lalu disimpan hingga siap dikirim ke lokasi proyek. Beton yang produksinya berupa potongan sesuai presisi dan tepat dibawa alat angkut. Dengan demikian, mudah untuk dirakit. Hal ini membuat proses pekerjaan konstruksi bisa berjalan lebih mudah.

Alasan Memilih Beton Precast

Mungkin bagi orang awam, kata beton precast masih terdengar asing di telinga. Namun orang-orang yang bekerja dekat dengan pembangunan, seperti teknik sipil, arsitek dan kontraktor tentu sudah sangat mengenal jenis beton yang satu ini. Harga beton precast sendiri bisa dibilang lebih ekonomis. Sebab beton precast dicetak dengan ukuran dan bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan. Supaya lebih menghemat biaya dan juga meningkatkan efisiensi waktu.

Penggunaan beton precast bukan hanya untuk konstruksi bangunan besar, tetapi juga bisa digunakan untuk pembangunan pagar atau konstruksi kecil lainnya. Konstruksi kecil juga memerlukan bahan yang lebih sedikit dan lebih cepat. Sehingga banyak yang memilih memakai beton precast, khususnya untuk pemakaian pagar beton.

Permintaan beton precast semakin meningkat setiap tahun. Dengan demikian, tak heran jika saat ini banyak bisnis yang menyediakan pagar beton precast di Indonesia. Disamping lebih hemat biaya dan efisiensi waktu yang baik, ada beberapa alasan lain mengapa beton precast menjadi pilihan banyak orang.

Bahan Beton Precast Yang Berkualitas

Beton precast dibuat dengan menggunakan bahan dasar berupa pasir. Namun jangan salah, pasir yang digunakan bukan pasir sembarangan. Tetapi pasir yang telah dicuci bersih supaya endapan lumpur yang ada di dalam pasir menghilang. Pasir yang telah dicuci bersih dan dikeringkan kemudian dicampur dengan semen sebelum akhirnya dicetak.

Dengan bahan dasar yang berkualitas ini, tentunya akan menghasilkan beton precast yang berkualitas tinggi. Dengan demikian, konstruksi bangunan bisa lebih awet dan kokoh saat menggunakan beton precast.

Pengerjaan Struktur Lebih Mudah

Ada berbagai macam jenis beton precast yang diproduksi. Beton precast tersebut bisa dibuat dalam berbagai macam bentuk dan juga ukuran sesuai dengan yang anda butuhkan. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan proses pengerjaan struktur dan juga pekerjaan proyek yang ada di lapangan. Misalnya saat ingin melakukan proyek pembuatan jembatan, maka beton precast dapat dibuat dengan bentuk melengkung. Sehingga dengan bentuk yang melengkung pastinya memudahkan pekerja ketika pemasangan jembatan tersebut.

Lebih Hemat Biaya

Siapa yang tidak ingin biaya pekerjaan bangunan lebih hemat? Karena beton precast dapat dibuat dengan ukuran besar dan bentuk yang dapat disesuaikan, maka biaya bahan yang dibutuhkan untuk pembangunan proyek bisa lebih murah. Bila anda menggunakan beton konvensional, anda tentu akan memerlukan bahan bangunan lebih banyak.

Disamping itu, waktu pengerjaan bangunan menggunakan beton precast juga lebih cepat dibandingkan saat anda menggunakan beton konvensional. Dengan waktu pengerjaan yang lebih cepat, pastinya biaya pengerjaan bangunan tersebut lebih hemat. Hal ini bisa diartikan bahwa harga beton precast lebih ekonomis dan efisien dalam pembangunan sebuah proyek.

Daya Tahan

Beton precast atau beton pracetak merupakan beton yang tahan lama. Sebab diproduksi menggunakan rasio air berbanding semen yang rendah dan dikombinasikan dengan pemadatan yang baik. Serta didukung dengan pengawetan di dalam lingkungan pabrik yang sangat terkontrol. Hal ini bisa memastikan bahwa beton yang padat tentu akan tahan lama. Beton pracetak bisa menahan beban korosi, impak, abrasi, pelapukan dan kerusakan lain. Hal ini tentu akan mengurangi biaya perawatan dan juga pengoperasiannya.

Nilai Estetika

Beton precast bisa memberikan alternatif tanpa batas terhadap desain yang seperti dilakukan di pabrik. Hal ini tentu sangat responsif pada kebutuhan perancang. Sebab bisa dibentuk dengan cara yang menghemat biaya. Di dalam beton pracetak, fleksibilitas design beton bisa dibuat, baik dalam tekstur maupun warna. Bisa juga divariasikan dalam jenis agregat, warna matriks, ukuran agregat, kedalaman paparan dan juga proses finishing.

Faktor Keamanan

Satu hal yang menjadi alasan banyak orang lebih memilih beton precast meskipun harga beton precast lebih tinggi dibandingkan beton konvensional, karena memiliki sistem keamanan yang yang mumpuni. Beton precast mempunyai kemampuan berupa tahan api sehingga bisa menciptakan konstruksi yang aman dan bisa melindungi orang dari kebakaran. Juga dapat melindungi peralatan serta bangunan itu sendiri. Selain itu, bisa bermanfaat pula dalam mengurangi premi asuransi properti.

Hal-Hal Yang Mempengaruhi Harga Beton Precast

Biasanya harga penawaran untuk beton precast terpasang yang diajukan oleh penyedia jasa pemasangan beton precast atau kontraktor umumnya dalam kondisi normal. Berdasarkan dari pengalaman, ada beberapa hal yang bisa berpengaruh terhadap biaya tambahan di luar harga beton precast tersebut. Apa saja itu?

Melangsir

Istilah langsir adalah memindahkan atau menggotong material beton pracetak dari tempat penumpukan ke titik pemasangan. Di dalam kondisi normal, jarak untuk melangsir maksimum sejauh 20 meter. Lebih dari itu. nantinya akan dikenakan biaya tambahan. Biaya untuk melangsir biasanya Rp3.000 sampai Rp5.000 per lembar. Tetapi biaya bisa lebih besar jika kondisi melangsir melewati jalan yang menurun atau menanjak.

Bobok Tanah yang Keras

Umumnya ukuran lubang adalah 40 x 40 x 80. Bila tanah yang dilubangi cukup keras, maka akan dikenakan biaya tambahan untuk bobok tanah. Misalnya bila tanah yang keras seperti lantai beton, pondasi batu kali atau aspal, maka akan dikenakan biaya tambahan. Biaya bobok tanah tersebut berkisar antara Rp25.000 hingga Rp50.000 per titik nya.

Jarak Tempuh Dari Workshop ke Lokasi Pemasangan

Bila lokasi pemasangan beton precast jauh dari workshop tentunya akan dikenakan biaya tambahan untuk jasa transportasi. Hal ini dikarenakan pengangkutan beton precast dari tempat produksi ke tempat pemasangan juga harus menggunakan biaya. Dengan demikian, bila lokasi pemasangan beton precast semakin jauh dari tempat produksi, tentunya biaya tambahan yang dikenakan untuk transportasi juga lebih mahal.

Pemesanan di Bawah Kapasitas Maksimum Truk

Biasanya truk yang digunakan untuk mengangkut beton precast ini menggunakan jenis truk double 6 roda. Dimana kapasitasnya dapat mengangkut 55 hingga 60 lembar untuk panel pagar beton precast, ditambah 10 hingga 12 tiang.

Bila pesanan anda kurang dari kapasitas tersebut, umumnya akan dikenakan biaya tambahan transportasi di luar harga beton precast. Tambahan biaya yang dikenakan umumnya Rp300.000 hingga Rp500.000 per truk.

Akses Lokasi Pemasangan yang Tidak Bisa Dilewati Truk

Sering ditemukan kasus akses menuju ke lokasi pemasangan beton precast meskipun dekat namun memiliki jalan yang sempit. Sehingga truk jenis double 6 roda tidak bisa lewat di jalan tersebut. Bila memakai kendaraan yang lebih kecil tentu biaya angkutnya tidak optimal. Sehingga hal ini akan berakibat pada biaya yang dikeluarkan lebih mahal.

Jenis-Jenis Beton Precast dan Harganya

Harga beton precast tentu tergantung dari jenisnya. Berbeda jenis, tentu juga akan berbeda harga yang ditawarkan. Jenis-jenis beton precast atau beton pracetak sendiri ada 7 macam.Mulai dari pagar beton atau kolom dan panelnya. U Ditch untuk urusan proyek pengairan, drainase, selokan, got atau irigasi.

Pipa beton RCP untuk gorong-gorong dan memiliki bentuk bulat. Box culvert untuk gorong-gorong dengan bentuk kotak jembatan dan lain sebagainya. Beton barrier sebagai sarana parkir, transportasi dan lain-lain. Kanstin sebagai sarana jalan dan taman. Serta paving block untuk halaman atau lapangan serta jalan gang.

Banyaknya jenis beton pracetak atau beton precast tersebut tentu menghadirkan harga yang beragam. Tergantung jenis dan juga kebutuhannya. Mulai dari kebutuhan penataan lingkungan sampai dengan kepentingan saluran. Beton precast yang dijual tentu sudah mempunyai sertifikat ISO dan juga standar SNI di dalam ketentuan produk beton pracetak.

Beton Precast Kering dan Basah

Ternyata secara garis besar, ada dua jenis beton precast atau beton pracetak, yaitu beton precast kering dan beton precast basah. Keduanya mempunyai kekhususan masing-masing. Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang mendasar dari precast kering dan basah.

Fungsi

Jika dilihat dari segi fungsinya, perbedaan pertama yang mendasar dari kedua jenis beton precast tersebut cukup kelihatan. Untuk beton pracetak kering memiliki fungsi dalam membantu proses pemadatan. Tujuannya supaya lebih efisien di dalam waktu pemadatan dan bisa meningkatkan output yang nantinya dihasilkan.

Sementara untuk beton precast basah memiliki fungsi mengurangi air dalam jumlah yang besar. Dengan demikian, beton yang dihasilkan mempunyai kekuatan dan juga kinerja yang lebih baik.

Sambungan Beton Precast

Selanjutnya, hal yang membedakan antara beton pracetak kering dan basah adalah sambungan dari kedua beton itu. Dimana sambungan yang digunakan adalah hal yang krusial di dalam pemasangan beton precast. Sambungan beton precast kering dilakukan dengan cara memanfaatkan komponen seperti plat besi. Kemudian dihubungkan dengan baut atau las. Sedangkan untuk sambungan precast basah dilakukan dengan mengecor di tempat atau istilahnya grouting. Hal ini memanfaatkan kekuatan yang berasal dari beton itu sendiri.

Pemanfaatan

Perbedaan terakhir dari beton precast kering dan basah bisa dilihat dari segi pemanfaatan masing-masing beton precast tersebut. Untuk beton precast kering umumnya dipakai sebagai produk beton dengan mesin percetakan instan. Seperti kanstin beton untuk trotoar, paving block, buis beton dan lainnya.

Sementara untuk beton precast basah sering digunakan di dalam beton yang memerlukan kekuatan awal dan juga kinerja yang tinggi. Selain itu, mempunyai kapasitas pengurangan air yang besar. Misalnya pagar beton precast, produk box culvert precast dan U Ditch beton.

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa harga beton precast berdasarkan dari jenis masing-masing. Harga yang ditawarkan ini adalah kisaran harga yang bisa dijadikan sebagai referensi atau panduan bagi anda yang ingin membeli beton precast. Satu catatan penting untuk anda bahwa harga yang disampaikan ini bisa saja berubah dan juga berbeda antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain.

Harga Box Culvert Beton Bertulang untuk Saluran Gorong-Gorong

Salah satu jenis beton precast yang ditawarkan disini adalah box culvertHarga box culvert tersedia mulai dari ukuran yang paling kecil hingga yang paling besar. Harga tersebut berkisar antara Rp875.000 hingga Rp 93 juta. Box culvert atau yang sering disebut dengan RCBC atau Reinforced Concrete Box Culvert ini adalah beton bertulang yang bisa digunakan untuk kepentingan saluran tertutup.

Baca juga : Harga Box Culvert Terlengkap dan Termurah 2023

Meski demikian, spesifikasi box culvert yang ditawarkan bukan hanya sebatas pada ukuran yang tersedia. Tetapi bisa juga dibuat box culvert yang disesuaikan dengan proyek konstruksi yang saat ini sedang dikerjakan.

Harga U Ditch Precast

Jenis beton precast selanjutnya adalah U Ditch. Bila anda memerlukan precast U Ditch, saat ini anda bisa mendapatkannya dengan harga yang bervariasi. Berikut adalah kisaran harga yang bisa menjadi pertimbangan anda di dalam perencanaan bangunan. Harga U Ditch precast dimulai dari kisaran harga Rp 304.000 hingga Rp 6.775.000. Ada banyak pilihan jenis dan juga ukuran yang bisa ditentukan untuk memenuhi kebutuhan konstruksi anda.

Baca juga : Harga U Ditch Murah | Saluran Air Irigasi 2023

Cover U Ditch Tutup Saluran Beton

Selain menyediakan beton precast jenis U Ditch, disini juga tersedia cover U Ditch untuk tutup saluran betonnya. Ini merupakan salah satu jenis beton precast yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan penutup dari saluran selokan.

Produk unggulan ini hadir dengan kualitas wet mix yang direkomendasikan untuk menutupi selokan atau got. Penawaran harga cover U Ditch yang bisa dipilih sebagai bahan pertimbangan untuk perencanaan proyek saluran anda berkisar antara berkisar di harga Rp112.000.

Harga Barrier Beton

Selanjutnya, jenis beton precast yang sering digunakan untuk kebutuhan sarana jalan adalah barrier beton. Penawaran harga beton precast dengan jenis barrier beton untuk kebutuhan transportasi atau sarana jalan ini adalah bagian jenis beton precast yang disediakan untuk anda.

Diantara banyak produk road barrier yang ada, road barrier beton telah menjadi sebuah pilihan yang memiliki keunggulan tersendiri. Hal ini membuat pengaturan jalan raya akan lebih mudah dan bisa mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Kisaran harga road barrier beton sendiri mulai dari Rp 518.000 hingga Rp1.250.000.

Harga Pagar Panel Beton

Sementara itu, ada pula jenis beton precast yang banyak digunakan seperti pagar panel beton. Pagar panel beton yang ditawarkan juga tersedia dalam beberapa pilihan kebutuhan pemagaran. Baik untuk kebutuhan terpasang atau kebutuhan material saja. Pagar panel terpasang memiliki penawaran terbaik untuk anda yang hanya ingin order lengkap dengan ongkos pemasangannya

Baca juga : Harga Pagar Panel Beton Precast | Tiang dan Dinding Pagar

Saat ini pagar panel beton untuk produk beton pracetak mempunyai banyak keunggulan yang dapat digunakan di dalam berbagai macam konstruksi. Mulai dari pembuatan pagar ruko, rumah, kebutuhan pemagaran pabrik, jalan tol dan pemagaran lainnya. Harga yang ditawarkan oleh pagar panel beton ini mulai dari Rp.420.000 hingga Rp 870.000 per pcs.

Info Harga Pipa Beton RCP untuk Gorong-Gorong

Banyak sekali pilihan jenis dan juga harga pipa beton RCP. Anda bisa memperoleh harga terbaik dan murah berbagai macam RCP dengan penawaran yang negotiable. Saat anda menggunakan pipa beton gorong-gorong RCP ini, maka anda bisa menggunakannya untuk membuat konstruksi saluran air. Harga pipa beton gorong-gorong RCP sendiri dijual dengan kisaran harga Rp139.000 per pcs.

Paving Block Per M2

Paving block sering digunakan karena memiliki daya serap air yang tinggi. Sehingga mencegah genangan air. Bisa menjaga ketersediaan air tanah, menstabilkan bangunan yang ada di atasnya. Memberikan nilai keindahan pada halaman, lebih tahan terhadap cuaca. Proses pemasangannya yang mudahcepat dan yang pasti harganya murah.

Baca juga : Manfaat Menggunakan Paving Block dan Kelebihannya

Berbicara soal harga beton precast jenis paving block, maka harganya berbeda-beda. Tergantung dari warna, kualitas dan juga modelnya. Kualitas paving block untuk kebutuhan di rumah umumnya berbeda bila dibandingkan untuk jalan yang banyak dilalui kendaraan. Walaupun anda akan lebih baik bila menggunakan kualitas terbaik. Sebab lebih tahan lama dan juga tidak mudah retak. Harga paving block per m2 dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp70.000.

Harga Kanstin Beton Murah

Kanstin beton bermanfaat untuk mengunci susunan paving block yang telah disusun. Dengan demikian, tidak bergeser dari titik pemasangannya. Sementara itu, fungsi lain dari kanstin juga bisa mempermudah tukang untuk mendapatkan sudut lurus dari naat yang telah diatur. Varian ukuran dan juga bentuk dari kanstin saat ini sudah tersedia. Sehingga anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Ada berbagai macam pilihan harga kanstin beton dan jenisnya yang bisa ditemukan dan menjadi referensi bagi anda. Car stopper atau kanstin digunakan sebagai pembatas pada konstruksi. Seperti jalan raya, halaman, lahan parkir dan juga taman. Harga beton precast dengan jenis kanstin beton sendiri tergolong murah hanya sekitar Rp34.000 per pcs.