Kualitas Struktur Bangunan | Pondasi yang Kuat

Daftar Isi [Tampilkan]

Kualitas Struktur Bangunan  Ketika melakukan proses pembangunan sebuah konstruksi bangunan terutama untuk perumahan, salah satu perihal yang terpenting ialah perencanaan susunan bangunan atau kuaklitas struktur bangunan. Susunan bangunan bila dimisalkan dengan badan kita, seperti susunan bangunan adalah tulang/ kerangka badan kita yang akan membuat badan kita kuat berdiri. 

Susunan bangunan ini akan terima beban dari bangunan dan membagikannya. Hingga dalam membuat susunan bangunan jangan sembarangan. Susunan bangunan yang sembarangan akan membuat bangunan cepat ambruk dan mencelakakan yang tinggal di rumah.

Di saat pembuatan rumah, yang terhitung dalam susunan bangunan ialah pondasi, beton sloof, beton kolom dan ring balok beton. Seluruh beban dari bangunan akan didukung dan dialokasikan ke tanah oleh ke 4 susunan bangunan ini.

Baca juga: Pengertian Beton Ready Mix Lengkap dengan Informasi Lainnya

Jika kemampuan dari susunan bangunan lebih rendah dari beban bangunan, karena itu dapat ditegaskan bangunan akan cepat ambruk. Hingga dalam membuat rumah, diperlukan pakar konstruksi supaya susunan bangun tidak dibuat secara sembarangan.

Pondasi Yang Kuat

Pondasi adalah susunan bangunan paling bawah. Harus Anda kenali jika Pondasi untuk rumah satu lantai berlainan dengan bangunan tempat tinggal lebih satu lantai (2 lantai, 3 lantai, dst). Kedalaman galian pondasi untuk rumah satu lantai pasti berlainan dengan kedalaman galian pondasi rumah 2 lantai.

Dalam membuat pondasi, dimulai dari pekerjaan galian tanah sampai penempatan pondasi harus ditangani secara benar. Material yang dipakai juga harus betul- betul dilihat kualitas dan kemampuannya.

Pakar konstruksi perlu diikutsertakan dalam membuat dan penempatan pondasi ini. Hingga pondasi yang terpasang sesuai beban rumah yang kita rencakan. Saat sebelum menempatkan pondasi, umumnya pakar konstruksi akan memberi RAB dan gambar desain.

Yakinkan material yang dipakai untuk pengerjaan pondasi sama dengan material yang tertera di RAB dan gambar desain. Umumnya kontraktor nakal akan bermain dengan material yang dipakai. Pilih kontraktor yang andal dan dipercayai.

Baca juga: Manfaat Beton Cor Siap Pakai Bagi Pembangunan Konstruksi

Hingga dalam membuat pondasi ini, material yang dipakai akan sesuai RAB dan gambar desain. Kontraktor yang andal dan paling dipercaya akan jaga kualitas dari susunan bangunan yang ditanganinya. Waktu membuat rumah, formasi laporkan semen dan pasir untuk pondasi harus juga dipertimbangan.

Formasi laporkan semen dan pasir pada pasangan pondasi batu kali pada bangunan tempat tinggal yakni 1 semen : 3 pasir (benar-benar disarankan), atau laporkan 1 semen : 4 pasir, dan terjelek 1 semen : 5 pasir. Lebih dari itu kurang bisa dipertanggung jawabkan, dan tentu saja harus memakai pasir pasang bermutu baik (kandung tanahnya kecil).

Beton Sloof

Beton sloof adalah balok beton yang terpasang di atas susunan pondasi pondasi beton sloof mempunyai ukuran penampang yang lain untuk bangunan 1 lantai dan 2 lantai. Waktu membuat rumah, seharusnya Anda diskusi dan membuat gambar konstruksi pada pakar konstruksi. Pakar konstruksi akan memberi referensi untuk susunan yang sesuai rumah Anda.

Pada bangunan 1 lantai ukuran penampang beton sloof cukup memakai 12 x 20 cm dengan tulangan khusus beton memakai minimal besi diameter 10 mm, sedang untuk ring memakai besi beton diameter 8 mm dalam jarak antar ring 20 cm. Laporkan beton minimal memakai perbedaan 1 semen : 2 pasir beton : 3 split (koral beton). Pasir beton dan split harus memakai yang bermutu baik.

Baca juga : Pengertian Beton Bertulang

Saat itu, pada bangunan 2 lantai, ukuran penampang sloof ialah 15 x 25 cm, atau bisa lebih, besi beton yang dipakai minimal besi beton berdiameter 12 mm, atau 16 mm, ring cukup besi beton 8 mm. Laporkan beton dengan kombinasi sama dengan di atas, atau lebih baik kembali memakai laporkan ready mix (beton kualitas K-225, K-250, atau K-275).

Baca juga : Pengertian Jenis Beton Readymix K-225

Tiang Kolom dan Ring Balok Beton

Pada tiang kolom dan ring balok beton hampir serupa memakai besi beton seperti pada atas. Spesial untuk bangunan 2 lantai, tiang kolom memakai besi beton diameter 16 mm (ulir).

Pengecoran Tiang Kolom proyek Rumah Eksklusif 2 Lantai Nangka Pada tiang kolom dan ring balok beton hampir serupa memakai besi beton seperti pada atas. Spesial untuk bangunan 2 lantai, tiang kolom memakai besi beton diameter 16 mm (ulir).

Jika bangunan tempat tinggal Anda mempunyai konstruksi susunan yang bermutu, karena itu untuk bahan material dinding macam apa saja tidak dampak, ingin bata merah, batako putih, atau hebel sama juga, karena dinding bukan susunan bangunan.

Pencarian yang sering dicari: